Punya Surga Bernama Raja Ampat, Forbes Akui Indonesia sebagai Negara Terindah di Dunia

Punya Surga Bernama Raja Ampat, Forbes Akui Indonesia sebagai Negara Terindah di Dunia
info gambar utama

Pesona Indonesia lagi-lagi memukau dunia. Kali ini, Forbes mengakuinya dengan menyematkan gelar negara terindah di dunia kepada Indonesia.

Forbes menyusun artikel berjudul The World’s 50 Most Beautiful Countries (You Won’t Believe Where The U.S. Ranked) yang berisi daftar negara terindah di dunia. Dari 50 negara yang masuk dalam daftar, posisi teratas ditempati oleh Indonesia.

Bukan tanpa alasan Forbes menempatkan Indonesia di posisi teratas yang sekaligus membuat Indonesia diakui sebagai negara terindah di dunia. Alamnya yang membentang luas nan indah membuat Indonesia mampu siapapun yang melihatnya terpesona.

“Dan di lepas pantai pulau-pulau (di Indonesia) ini, Anda akan menemukan lebih dari 31.000 mil persegi terumbu karang yang penuh dengan kehidupan dan banyak di antaranya dapat dijelajahi di provinsi Bali yang populer,” ujar editor Money.co.uk Sal Haqqi dalam artikel tersebut.

Selain lanskap kepulauan, laut, dan pantainya, Forbes menyoroti hal lain dari Indonesia yang membuatnya menjadi negara terindah. Menurut Forbes, Indonesia punya kekayaan alam lain seperti Taman Nasional Komodo, hutan tropis di Sumatera, hingga habitat orangutan di Kalimantan.

Selain Indonesia, ada pula negara ASEAN lain yang masuk dalam daftar. Laman resmi ASEAN mencatat Filipina, Malaysia, Thailand, Myanmar, Kamboja, Singapura, dan Laos sebagai negara yang tidak ketinggalan dinilai sebagai negara terindah dengan ciri khas dan keunikannya masing-masing.

Pesona Danau, Teluk, dan Sungai di Indonesia dengan Perairan Jernih Sebening Cermin

Pesona Raja Ampat

Tidak hanya menyematkan gelar negara terindah di dunia kepada Indonesia, Forbes juga menyebut Raja Ampat sebagai tempat terindah di dunia.

Hal tersebut sebetulnya tidak mengherankan mengingat Raja Ampat memang terkenal akan lautnya yang cantik. Karena ini juga Raja Ampat kerap dijuluki sebagai sepotong surga yang ada di bumi.

Bukan itu saja, Raja Ampat juga punya keanekaragaman hayati yang begitu kaya. Salah satunya adalah keberadaan burung-burung yang eksotis.

Laporan Antara menyebut, terdapat 10 jenis burung endemik Papua di mana 6 di antaranya hidup di Kabupaten Raja Ampat. Ini diketahui berdasarkan data Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat.

Keenam jenis burung endemik di Raja Ampat yakni: Cendrawasih botak (Wilson bop), Cendrawasih merah (Red bop), Maleo Waigeo (Waigeo brush turkey), Raja Ampat pitohui, Cekakak Pita Kofiau (Kofiau Paradise kingfisher), serta Kehicap Kofiau (Kofiau monarch). Burung-burung tersebut adalah salah satu yang mengundang para penikmat alam untuk mengunjungi Raja Ampat dan menyaksikan keindahannya.

Teluk Kabui dan Pesona Pulau Karang di Raja Ampat

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini