Lolos ke Piala Asia U-23 2024, Jatuh Bangun Timnas U-23 Indonesia Akhirnya Berujung Manis

Lolos ke Piala Asia U-23 2024, Jatuh Bangun Timnas U-23 Indonesia Akhirnya Berujung Manis
info gambar utama

Setelah harus jatuh bangun, Timnas U-23 Indonesia sukses memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024.

Kepastian itu didapat setelah Indonesia menuntaskan pertandingan terakhir Grup K kualifikasi Piala Asia U-23 2024. Dalam laga tersebut, Indonesia berhadapan dengan Turkmenistan di Stadion Manahan, Solo, Selasa (12/9) dan turun full team dengan mengerahkan para pemain andalannya.

Indonesia berusaha menyerang sejak menit-menit awal laga. Kubu Indonesia sempat bersorak saat Hokky Caraka menceploskan bola ke gawang setelah meneruskan umpan Pratama Arhan pada menit ke-10. Namun, gol tersebut tidak disahkan wasit karena Arhan dianggap berada dalam posisi offside.

Rentetan serangan dan peluang Indonesia baru menghasilkan gol pada menit ke-39. Gol tercipta lewat aksi Ivar Jenner yang mengonversi umpan Arkhan Fikri menjadi gol dengan tembakan keras dari luar kotak penalti.

Gol kedua Indonesia kemudian datang saat laga memasuki injury time babak kedua. Pratama Arhan meneruskan umpan Muhammad Rayhan Hannan dengan sundulannya, lalu skor akhir 2-0 bagi kemenangan Indonesia pun didapat.

Kemenangan ini membuat Indonesia mengakhiri Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 sebagai juara Grup K dengan koleksi 6 poin. Sebelumnya, Indonesia juga menang telak 9-0 atas Taiwan. Sesuai aturan, tim juara grup berhak lolos langsung ke putaran final di Qatar.

Deretan Pelatih Belanda yang Pernah Menukangi Timnas Indonesia, Semua Punya Satu Kesamaan

Jatuh Bangun Timnas U-23 Indonesia

Tak berlebihan apabila menyebut Indonesia harus jatuh bangun sebelum lolos ke Piala Asia U-23 2024. Sebab, Indonesia memang selalu gagal lolos dalam turnamen edisi-edisi sebelumnya.

Piala Asia U-23 telah diselenggarakan sejak 2013. Sejak saat itu pula, Indonesia selalu kandas di babak kualifikasi.

Dari enam kualifikasi yang diikuti Indonesia, Pasukan Garuda pernah duduk di peringkat kedua klasemen akhir yang berarti ada peluang untuk lolos dengan status runner-up terbaik. Itu terjadi dalam kualifikasi Piala Asia U-23 2016. Namun, Indonesia kalah ciamik di tabel runner-up terbaik.

Dengan demikian, keberhasilan Indonesia kali ini sekaligus menjadi sejarah baru. Untuk pertama kalinya, tim Garuda Muda bakal tampil di pentas Asia.

"Alhamdulillah, kita lolos Piala Asia U-23 untuk pertamakali sepanjang sejarah. Ini bukti kalau kita bisa," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir, dikutip dari laman resmi PSSI.

Kini, Indonesia tinggal mempersiapkan diri lebih lanjut sembari menanti pembagian grup. Ke-16 tim peserta akan dibagi ke dalam empat grup yang masing-masing berisi enam tim.

Malut United, Klub Baru yang Menggebrak Sepak Bola Indonesia dengan Bangun Stadion Sendiri

Referensi:

  • https://www.pssi.org/news/cetak-sejarah-erick-alhamdulillah-kita-lolos-piala-asia-u-23



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini