Desa penggerakan Astra menjadi Desa Sejahtera

Desa penggerakan Astra menjadi Desa Sejahtera
info gambar utama

Desa astra ini adalah desa yang memiliki sebuah penggerakan dalam mengispirasi, membina, dan memotivasi masyarakat. Nah, di dalam penggerak desa astra ini terdapat salah satu progam yaitu Corporate Social Responsibility dari Astra Internasional yang memiliki tujuan dalam meningkatkan kesejahteraan Masyarakat di Desa-desa yang ada disekitar wilayah operasional. Namun, perubahan dari desa Sejahtera menjadi desa pengekspor minyak Atisiri. Dalam program Corporote Social Responsibility pada umumnya berfokus pada Pembangunan sosisl, ekonomi, Pendidikan, dan lingkungan di Desa-desa, bukan pada produksi atau pengekspor minyak. karena minyak Atisiri ini bukan jenis minyak pada umum ditemukan, sehingga dengan pernyataan ini mungkin lebih baik dijelaskan atau perlu diklarifikasi agar dapat memahami tujuan yang sebenarnya.

Mengenal Motif Batik Parang, Batik Larangan yang Tidak Biasa dan Penuh Filosofi

Khafidz Nasrullah ini sebagai penggerakan Desa Sejahtera Astra Kendal telah menjelakan bahwa sejak menjadi Desa binaan Astra, Masyarakat Desa Kendal terus dibina dan memotivasi Masyarakat Desa kendal untuk menanam serai wangi. Selain itu Masyarakat Desa Sejahtera Astra Kendal diajak untuk menggumpulkan daun cengkih dan sekalian mengolah bahan baku minyak atsiri yang di kenal sebagai essential oil. Jadi, dengan minyak Atsiri tersebut memiliki banyak peminat untuk memanfaatkan bagi Kesehatan. Misalnya menghilanhkan rasa sakit kepala, migrain dan juga memiliki prospek yang sangat dikagumkan dengan minyak Atsiri tersebut.

Pada awalnya, dalam pengembangan usaha minyak Atsiri ini dimulai dari sejak Tahun 2013 sampai sekarang masih dilakukan pengelolaan untuk tetap mempertahankan produk minyak Atsiri. Dengan melalui program ini, Astra juga telah berupaya untuk melakukan atau meberikan sebuah pencerahan terhadap masyarakat sebagai edukasi dari berbagai cara dalam pengelolaan minyak Atsiri ini untuk tetap diproduksi, serta mendampingin Masyarakat Kendal dalam mengelolah bahan baku yang harus di perlukan untuk menjadi bahan minyak Atsri yang cukup berkualistas tinggi. Tidak hanya sebatas itu, Astra juga telah melakukan sosialisasi serta memberikan pelatihan langsung kepada Masyarakat Desa Sejahtera Kendal dalam pembuatan foto produk, desain kemasan produk, pengemasan, lebel produk hingga sampai pemasaran.

Peran Masyarakat dalam Tahun Politik 2024: Membangun Masa Depan yang Lebih Baik

Dengan berbagai pembinaan yang dilakukan oleh Astra tersebut telah mamberikan hasil yang memuaskan terhadap Masyarakat Desa Sejahtera kendal, sehingga minyak Atsiri yang dihasilkan telah memenuhi standar pengolahan industri yang sangat bermanfaat. Tujuan dari Astra ini adalah untuk meningkatkan nilai-nilai kesejateraan dalam menjadikan sebagai Desa Sejahtera pengeksporinyak Atsiri. Dan hal ini bisa terjadi, karena tidak terlepas dari perjuangan seorang penyelenggaraan program Astra yitu (Bapak Khafidz) yang tidak memiliki rasa putus asa dalam memperjuangkan masyarakat Desa Sejahtera Kendal untuk mengajak menanam rempah-rempah yang ada di Desa Kendal, dan tetap meberikan dukungan yang sangat bermanfaat dengan cara mefasilitasi produk minyak Atsiri tersebut di Desa Sejahtera Kendal. Dengan keberhasilan Desa Astra ini, terdapat usaha yang tak kunjung kenal dari Khafidz Nasrullah sebagai penggerakan Desa Sejahtera Kendal tersebut. Sehingga Desa Sejahtera telah berhasil menjadi pengekspor minyak Atsiri. Desa Kendal menjadi Desa Binaan Astra melalui program Desa Sejahtera Astra sejak pada Tahun 2019.

Dalam program Desa Sejahtera ini, adalah tidak hanya dilakukan dalam Desa Kendal saja, namun di berbagai desa pun telah mereka lakukan samapi sekitar 30 Desa yang telah mengikuti program pembinaan Desa Kedal. Astra ini salah satu yang menjadi perang penting dalam penggerakan masyarakat Desa sehingga mereka sampai terus menerus untuk mengembangkan usaha yang mereka tekunin sampai saat ini.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini