Pembangunan Hotel Bintang 5 di IKN Dimulai

Pembangunan Hotel Bintang 5 di IKN Dimulai
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meresmikan groundbreaking atau peletakan batu pertama proyek pembangunan Hotel Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (21/9/2023).

Hotel bintang lima ini digarap oleh konsorsium Agung Sedayu Group (ASG) yang diketuai oleh Sugianto Kusuma alias Aguan. Sebanyak 10 perusahaan raksasa tergabung dalam konsorsium itu, di antaranya: Agung Sedayu Group, Salim Group, Sinarmas, Pulau Intan, Djarum, Wings Group, Adaro, Barito Pacific, Mulia Group, dan Astra Group.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini, groundbreaking Hotel Nusantara bintang lima secara resmi saya nyatakan dimulai," ucap Jokowi dalam sambutannya.

Pada momen itu, Jokowi juga menyampaikan bahwa besok akan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan indogrosir, rumah sakit, hotel lain, serta training camp PSSI yang didanai FIFA.

"Terima kasih kepada Pak Aguan dan kawan-kawan yang hadir pada sore hari ini. Ini memberikan rasa percaya diri pada Nusantara bahwa ini sangat diminati oleh investor," tuturnya.

Taksi Terbang Akan Jadi Angkutan Umum di IKN, Tarifnya Kira-kira Segini

Dia kemudian berucap, banyak investor dari berbagai negara berbondong-bondong mendatangi IKN, lalu menyatakan minat untuk berinvestasi. Mereka yang sudah datang antara lain: 30 investor asal Korea Selatan, 40 dari Jepang, 120 dari Singapura, serta yang terbaru dari Uni Emirat Arab.

"Kemarin juga baru saja dari Uni Emirat Arab juga datang, setelah datang langsung temui saya, artinya apa? Tertarik," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Sementara itu, Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi OIKN Agung Wicaksono secara terpisah mengungkapkan, nilai investasi konsorsium ASG mencapai Rp40 triliun.

"Dari data yang mereka sampaikan informasinya sekitar sampai dengan Rp40 triliun," beber Agung di sela-sela UAE - Indonesia Economic Business Forum 2023 Indonesia di Jakarta, Kamis (21/9/2023).

Selain hotel, kumpulan konglomerat ini juga bakal membangun sejumlah fasilitas mixed used, termasuk mal dan perkantoran. Investasi sebanyak itu mencakup komitmen investasi pada proyek kebun raya atau botanical garden di IKN.

"Tapi juga di area itu nanti ada perkantoran ada shopping mall di area 17 hektare," ujar Agung.

47 Tower ASN di IKN Mulai Dibangun, Telan Anggaran Rp 9,4 Triliun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini