Empat Belas Politeknik se-Sumatera Berkumpul di POLBENG dalam Kegiatan ABEC ke 11

Empat Belas Politeknik se-Sumatera Berkumpul di POLBENG dalam Kegiatan ABEC ke 11
info gambar utama

Politeknik Negeri Bengkalis (POLBENG) menjadi tuan rumah kegiatan Seminar Nasional dan Internasional The 11-th Applied Business and Engineering Conference (ABEC) 2023. Kegiatan ini diinisiasi oleh Konsorsium Politeknik se-Sumatera yang terdiri dari empat belas Politeknik negeri maupun swasta, yakni Politeknik Negeri Bengkalis, Politeknik Negeri Lhoksemawe, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Pertanian Payakumbuh, Politeknik Kampar, Politeknik Caltex Riau, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, Politeknik Negeri Sriwijaya, Politeknik Negeri Lampung, Politeknik Negeri Media Kreatif Medan, Politeknik Jambi dan Politeknik Pariwisata Batam.

ABEC ke 11 ini mengusung tema "Harnessing Technology, Innovation, Science and Research to Ignite Blue Ecconomy”. Memanfaatkan Teknologi, Inovasi, Sains dan Penelitian untuk Mengidupkan Ekonomi Biru.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, tari persembahan, dan diakhiri do'a. Selanjutnya sambutan dari ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Bengkalis, Afridon, S.T. M.T., Direktur Politeknik Negeri Bengkalis, Johny Custer, S.T., M.T., dan Sambutan sekaligus pembukaan ABEC 2023 oleh Bupati Bengkalis yang diwakili oleh staf ahli Bupati Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Drs Johansyah Syafri.

Ketua Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (P3M) Polbeng, M. Affridon, berharap dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di wilayah Bengkalis.

Hasil penelitian ini diharapkan bisa bermanfaat bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat sekitar.

Mengenal Layar AMOLED Beserta Kelebihan dan Bedanya dengan IPS LCD

Direktur Politeknik Negeri Bengkalis dalam sambutannya menyampaikan bahwa Prinsip ekonomi biru adalah memanfaatkan ekonomi dari alam secara efisien, tidak menyisakan limbah, memberikan dampak sosial yang luas sistem produksi yang berkelanjutan serta menciptakan teknologi yang ramah lingkungan.

Lebih lanjut Johny juga menambahkan, kegiatan ABEC tahun ini diisi dengan seminar dan kegiatan penelitan. “ABEC pertama kali di gelar pada tahun 2013 dan diikuti sebanyak 14 Politeknik, baik negeri maupun swasta," sebut Johny, sebagaimana dikutip dari laman utama Politeknik Bengkalis.

Kolaborasi antar-empat belas politeknik untuk ABEC ini punya potential untuk lebih diperluas. Caranya adalah dengan menambah jumlah perguruan tinggi yang terlibat. Bahkan, tidak menutup kemungkinan bagi perguruan tinggi negara tetangga.

Suatu kehormatan bagi kami dapat menjadi tuan rumah bagi ABEC kali ini. Semoga melalui forum ini, dapat terjalin komunikasi yang merupakan langkah awal terbangunnya kolaborasi riset terapan perguruan tinggi,” sebut Johny.

Pada kesempatan ini Konsorsium Politeknik se-Sumatera juga mengeratkan sinergi yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama tentang Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi dan Seminar Nasional dan Internasional The 11-th Applied Business and Engineering Conference (ABEC) 2023.

Disela-sela acara, PT. BRI menyerahkan mobil ambulance sebagai bentuk dari kegiatan CSR mereka kepada Politeknik Negeri Bengkalis, ditandai dengan penyerahan kunci secara simbolis dan diterima langsung oleh Direktur Politeknik Negeri Bengkalis.

Setelah pembukaan secara resmi, kegiatan dilanjutkan dengan presentasi paper. Jumlah paper yang telah diterima untuk ABEC Internasional sebanyak 158 Paper, ABEC nasional 58 Paper, sementara SNIT sebanyak 124 Paper dari penulis di berbagai perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Temporary Email, Email Sekali Pakai Untuk Selamatkan Email Utama dari Spam

Kegiatan ABEC ditutup dengan jamuan kopi yang diracik oleh barista binaan inkubator Politeknik Negeri Bengkalis. Sebagai informasi, mereka merupakan mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis. Tuan Rumah juga menyuguhkan jamuan durian, buah lokal yang sedang musim di Bengkalis.

Para tamu dan peserta ABEC merasa terkesan dengan kegiatan ABEC ke 11 ini, mereka berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi di bidang pendidikan, dan membawa kemajuan untuk bangsa ini. Semoga ABEC selanjutnya akan berjalan lebih baik, ABEC ke 12 nantinya akan di gelar di Lampung dengan tuan rumah Politeknik Negeri Lampung.

Sumber referensi:

https://www.polbeng.ac.id/official/berita-20230921032030

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

UM
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini