Temporary Email, Email Sekali Pakai Untuk Selamatkan Email Utama dari Spam

Temporary Email, Email Sekali Pakai Untuk Selamatkan Email Utama dari Spam
info gambar utama

Email atau surat elektronik (surel) adalah sarana yang lazim digunakan untuk mengirim pesan secara runut dan panjang. Baik untuk kebutuhan formal maupun personal. Sebelum menggunakannya, para pengguna umumnya akan disuruh untuk membuat biodata pengguna.

Adapun tujuannya adalah supaya akun email Kawan lebih aman dan bisa digunakan dalam jangka panjang. Sayangnya, tidak semua pengguna email mau mengisi biodata dan menggunakan akun email mereka dalam waktu yang lama.

Dari situlah temporary email atau temp email muncul. Jenis email ini cocok untuk mereka yang hanya akan menggunakan email untuk jangka pendek saja, serta tanpa harus isi biodata terlebih dulu. Lalu, apa sebetulnya temporary email itu?

Apa Itu Temporary Email?

Apa Itu Temporary Email
info gambar

Sesuai namanya, temporary email adalah email yang hanya digunakan sementara, dalam jangka pendek saja. Kata lainnya adalah email sekali pakai atau disposable email.

Pengguna temporary email tidak perlu mengisi biodata dan membuat akun terlebih dulu. Sehingga bisa langsung dipakai. Secara fungsi, temporary email cukup sama dengan email biasa. Untuk pembahasan detailnya akan GNFI jelaskan pada sub judul berikutnya.

Apa Fungsi Temporary Email dan Kapan Kita Bisa Menggunakannya?

Fungsi Temporary Email
info gambar

Seperti email biasa, temporary email digunakan untuk menerima informasi, baik bersifat personal maupun profesional. Adapun fungsi temporary email hanyalah sekadar menerima informasi.

Sedangkan bedanya, temporary email ini tidak bisa untuk mengirim email.

Kawan bisa menggunakan temporary email saat Kawan ingin membuat akun media sosial, mendapatkan kode verifikasi, atau mendaftar di situs kurang terpercaya tanpa harus kena spam. Selain informasi yang diterima bersifat sementara, masa pemakaian temporary email juga sementara.

Seperti halnya kartu SIM pada ponsel, temporary email pun juga memiliki masa aktifnya sendiri. Sehingga Kawan tidak akan bisa menggunakannya dalam waktu lama.

Platform yang Menyediakan Temporary Email

Ada banyak platform yang sudah menyediakan layanan temporary email. Adapun tiga di antaranya yang populer adalah:

1. Temp Email

Temporary Email
info gambar

Ini adalah platform temporary email yang paling populer dan ikonik. Setiap orang mendengar istilah temporary email, platform ini pasti jadi yang pertama ada di pikiran orang-orang.

Platform ini membantu Kawan membuat temporary email dengan mudah hanya sekali klik. Kawan pun tidak perlu mengisi data pribadi, serta bisa memakai temporary email secara anonim.

Temp Email juga menyediakan banyak akun email dan kotak penyimpanan email temporary yang bisa Kawan gunakan. Desain platformnya pun sederhana dan fungsional, sehingga siapa pun bisa memakainya dengan mudah.

2. Mailet

Temporary Email
info gambar

Platform ini menyediakan temporary email yang aman digunakan, gratis, serta bisa dipakai secara anonim. Kawan bisa memakai temporary email dari Mailet untuk sign up di media sosial, mendaftar di layanan online, serta membaca email yang masuk sambil memastikan bahwa kotak masuk akun email utama Kawan tetap aman dan bersih dari spam.

Kawan juga bisa memindahkan informasi yang diterima lewat temporary email ke akun email utama Kawan atau alamat email lainnya. Cara ini bisa membuat Kawan tidak kehilangan informasi penting yang sudah Kawan terima dari temporary email.

Mailet bisa digunakan secara gratis maupun premium. Khusus premium, Kawan bisa mendapatkan manfaat berupa kebebasan untuk mengelola ratusan akun temporary email secara bersamaan.

3. 10 Minute Email

Temporary Email
info gambar

Sesuai namanya, platform ini menyediakan temporary email yang hanya bisa digunakan 10 menit saja. Platform ini sangat cocok untuk Kawan yang membutuhkan temporary email secara singkat. Lewat platform ini, Kawan bisa menggunakan temporary email dengan mudah tanpa perlu melakukan klik apa pun.



Referensi:

https://www.bagitekno.net/internet/cara-membuat-temporary-mail.html

https://www.situstarget.com/blog/kegunaan-email-sementara/

https://www.thestartupfounder.com/best-platforms-to-get-an-undetected-temporary-email/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Anggie Warsito lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Anggie Warsito.

AW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini