Mengenal Struktur Candi Hindu Buddha di Indonesia

Mengenal Struktur Candi Hindu Buddha di Indonesia
info gambar utama

Struktur candi Hindu - Buddha di Indonesia, dapat kita lihat dari fungsi candi itu sendiri. Seperti yang kita tahu candi merupakan peninggalan sejarah, yang hingga saat ini keberadaannya masih dihormati dan disakralkan.

Beda Fungsi Candi Dalam Agama Hindu dan Budha

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), fungsi candi dalam agama Hindu dan Buddha itu berbeda. Dimana dalam agama Hindu, candi berasal dari salah satu nama untuk Dewi Maut atau Dewi Durga Candika, yang berfungsi sebagai sarana penghormatan orang yang telah meninggal.

Lain halnya dengan candi dalam agama Buddha digunakan sebagai sarana pemujaan dan untuk memuliakan dewa-dewanya. Hal ini ditunjukkan dengan adanya stupa dalam bangunan candi agama Buddha.

3 Unsur Terpenting Candi

Bangunan candi memiliki unsur terpenting, di antaranya:

  1. Kaki candi melambangkan alam bawah tempat manusia hidup dan berada yang terikat dengan hawa nafsu.
  2. Tubuh candi melambangkan alam tempat manusia yang sudah meninggalkan sifat duniawinya dan dalam keadaan suci yang terikan dengan rupa.
  3. Puncak candi melambangkan alam atas tempat dewa-dewa berada.

Mau tahu bagaimana struktur Candi Hindu - Buddha? Yuk, simak penjelasan berikut:

Mengenal Struktur Candi Hindu

Mengenal Candi Hindu | Instagram/prambananpark
info gambar

Candi Hindu memiliki puncak yang runcing berbentuk tabung atau dikenal dengan sebutan Ratna. Tiga tingkatan pada candi Hindu disebut dengan:

  • Bhurloka, yaitu kaki candi tempat makhluk hidup tinggal
  • Bhuvarloka, yaitu bagian tengah candi yang melambangkan manusia yang sedang disucikan dan menuju kesempurnaan batiniah
  • Svarloka, yaitu perlambang dunia dewa

Relief dan Arca Candi Hindu

Candi Hindu memiliki relief yang mengisahkan tentang kisah Ramayana, Mahabharata, Garudeya, dan kisah lainnya mengenai kehidupan agama Hindu.

Candi Hindu memiliki arca Dewa Trimurti, yaitu Dewa Siwa, Dewa Wisnu dan Dewa Brahma. Selain itu, dalam bangunan candi juga ditemukan arca Dewa Ganesha, Dewa Durga, dan lainnya.

Biasanya bangunan utama pada candi Hindu terletak di belakang yang jaraknya cukup jauh dari pintu masuk, bahkan candi utama ini terletak di dataran yang paling tinggi dibandingkan bangunan lainnya.

Pintu masuk candi Hindu menghadap arah barat, yang mana bagian pintunya disertai kepala kala dengan rahang bagian bawah.

Contoh candi Hindu di Indonesia

Salah satu contoh candi Hindu yang cukup tersohor dan terbesar di Indonesia adalah Candi Prambanan dengan keindahannya yang sangat luar biasa. Candi ini menjadi tempat wisata dan sebagai tempat penghormatan orang yang telah meninggal dan lokasi pemakaman raja, pada zaman dahulu. Candi Hindu juga sering digunakan sebagai tempat penyembahan kepada dewa.

Candi Prambanan terletak di Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca juga : Sejarah Candi Prambanan dari Awal Pendirian hingga Jadi Situs Warisan Dunia

Mengenal Struktur Candi Buddha

Mengenal Candi Buddha | Instagram/borobudurpark
info gambar

Bentuk puncak candi Buddha seperti kubus atau disebut dengan stupa. Pada candi Budha, ketiga struktur pada candi memiliki nama:

  • Kamadhatu, yaitu menggambarkan manusia penuh dengan dosa
  • Rupadhatu, yaitu kehidupan manusia yang penuh dengan hawa nafsu
  • Arupadhatu, yaitu manusia yang mencapai nirwana.

Relief dan arca candi Budha

Relief pada candi Budha menggambarkan kisah-kisah Buddha seperti Jataka, Lalitavistara, dan lain-lain. Bangunan utama candi Buddha bersifat mandala konsentris. Bangunan ini terletak tepat di tengah kompleks candi dan dikelilingi candi-candi perwara yang lebih kecil dalam barisan yang rapi.

Candi Buddha juga terdapat arca yang melambangkan kesederhanaan, yaitu Dyani-Buddha, Manusi-Buddha, serta Dhyani-Bodisattwa. Biasanya arca ini disimbolkan dengan sikap tangan atau mudra sebagai bentuk ajakan kemuliaan.

Pintu candi Buddha biasanya menghadap timur, pada bagian pintunya disertai dengan kepala Kala dengan posisi mulut menganga tanpa rahang bawah.

Contoh candi Budha di Indonesia

Contoh candi Buddha yang ada di Indonesia adalah Candi Borobudur, yang dahulu pernah menjadi salah satu tujuh keajaiban dunia. Candi Borobudur terletak di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai struktur candi Hindu dan Buddha. Semoga bermanfaat.

Baca juga : Keindahan Candi Borobudur yang Menjadi Destinasi Pariwisata

Sumber artikel

  • kids.grid.id
  • kompas.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Deka Noverma lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Deka Noverma.

DN
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini