Pergi ke Phuket? Siap-siap Bertemu dengan Kerumunan Wisatawan di Destinasi Terpadat Dunia

Pergi ke Phuket? Siap-siap Bertemu dengan Kerumunan Wisatawan di Destinasi Terpadat Dunia
info gambar utama

Jika saat ini kalian sedang merencakan ide liburan mendatang, kalian harus memikirkan dengan matang tentang tujuan wisata yang akan di tuju. Bepergian ke destinasi wisata populer sering kali merupakan pengalaman yang luar biasa, tetapi juga dapat membuat kita merasa seperti ikan sarden dalam kaleng.

Meskipun ini adalah berita baik bagi bisnis dan wisatawan karena perjalanan telah kembali ke tingkat sebelum pandemi, tingginya jumlah wisatawan yang mengunjungi destinasi populer telah menciptakan masalah serius yang disebut overtourism.

Hal tersebut pada akhirnya menyoroti tantangan yang dihadapi destinasi-destinasi tersebut dan bagaimana manajemen pariwisata yang cerdas dapat membantu mengatasi masalah kepadatan ini. Beberapa tempat bahkan terpaksa mengambil tindakan untuk mengendalikan jumlah wisatawan yang terus meningkat.

Sebuah analisis dari MoneyTransfers.com baru-baru ini menyusun daftar tujuan wisata yang paling padat di dunia, dengan Phuket, Thailand berada di urutan teratas.

Phuket tidak perlu diperkenalkan lagi sebagai tujuan wisata yang sangat populer. Pulau ini merupakan pulau terbesar di Thailand, dengan 90 kilometer pantai yang menakjubkan. Di sini Anda akan menemukan pantai-pantai yang terkenal di kalangan penyelam, seperti Kata dan Karon. Phuket juga terkenal dengan pasarnya yang ramai dan hidangan lautnya yang lezat.

Namun, statistik menunjukkan sisi lain dari keramaian turis di pulau ini. Menurut penelitian, Phuket menjadi tuan rumah bagi sekitar 118 turis untuk setiap penduduk lokal. Meskipun Phuket mendominasi daftar ini, Thailand juga memiliki dua tujuan wisata lain yang penuh sesak, yaitu Pattaya dan Krabi, yang berada di urutan kedua dan ketiga dalam daftar ini sebagai tujuan wisata yang sangat populer.

Menurut MoneyTransfers.com, berikut adalah sepuluh destinasi wisata paling padat di dunia.

  1. Phuket, Thailand
  2. Pattaya, Thailand
  3. Krabi, Thailand
  4. Mugla, Turki
  5. Hurghada, Turki
  6. Makau, Tiongkok
  7. Heraklion, Yunani
  8. Venesia, Italia
  9. Rhodes, Yunani
  10. Miami, Amerika Serikat

Perhitungan untuk daftar ini menggunakan data kedatangan internasional dari studi yang dilakukan oleh Euromonitor International dan semua data populasi dan statistik dari World Population Review. Data-data ini kemudian digunakan untuk menghitung estimasi jumlah wisatawan per orang yang tinggal di setiap kota dan negara.

Menurut Jonathan Merry, seorang ahli perjalanan di MoneyTransfers.com, indeks ini menyoroti tingkat kunjungan wisatawan asing yang tinggi di berbagai kota di seluruh dunia. Dia mencatat bahwa meskipun hal ini dapat memberikan keuntungan, seperti dampak positif terhadap ekonomi lokal, namun popularitas dan volume turis yang berlebihan dapat menimbulkan masalah seperti kepadatan penduduk dan dampak negatif lainnya.

Menurut laporan yang dipublikasikan, Phuket sangat dicari oleh pengunjung, terutama selama musim liburan, karena pantainya yang menakjubkan dan pulau-pulau indah yang mengelilinginya. Selain itu, alam yang mempesona di wilayah ini juga menambah daya tarik bagi wisatawan. Di sisi lain, Pattaya, di posisi kedua, dikenal dengan kehidupan malamnya yang semarak, sementara Krabi, di posisi ketiga, terkenal dengan formasi batu kapurnya yang unik, wisata pulau yang menarik, dan kegiatan menarik lainnya yang ditawarkan.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Diandra Paramitha lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Diandra Paramitha.

Terima kasih telah membaca sampai di sini