Inilah 5 Manfaat Es Krim Bagi Kesehatan, Tak Melulu Bikin Pilek!

Inilah 5 Manfaat Es Krim Bagi Kesehatan, Tak Melulu Bikin Pilek!
info gambar utama

Sewaktu kecil, Kawan pasti pernah mendengar teguran orang tua agar jangan mengonsumi es krim terlalu banyak. Biasanya, teguran tersebut diikuti dengan wejangan bahwa es krim bisa memicu berbagai penyakit, seperti pilek hingga demam.

Tak ayal, es krim pun menjelma sebagai guilty pleasure bagi anak-anak. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut senantiasa bikin ketagihan. Di sisi lain, stereotip bahwa konsumsi es krim bisa menimbulkan penyakit serta berbagai larangan orang tua seringkali menimbulkan penyesalan ketika mengonsumsi hidangan tersebut.

Akan tetapi, tahukah Kawan bahwa es krim sejatinya menyehatkan? Ya, stereotip yang telah disebutkan di atas ternyata tak sepenuhnya benar. Berikut ini beberapa manfaat es krim bagi kesehatan.

Kaya akan Kandungan Menyehatkan

Bahan utama es krim adalah susu. Susu dan produk-produk turunannya mengandung kombinasi seimbang antara protein, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, susu dalam es krim juga mengandung banyak nutrisi, termasuk kalsium, riboflavin, serta vitamin A dan B12 yang baik bagi tubuh.

Lebih lanjut, susu biasanya memiliki varian rasa seperti cokelat. Penambahan rasa tersebut juga bisa menambah kandungan baik dalam susu. Varian dark chocolate misalnya. Dark chocolate biasanya mengandung magnesium dan zat besi. Semakin natural komposisi sebuah es krim, semakin banyak kandungan baik yang ada bagi kesehatan kita.

Baca juga: 5 Manfaat Donor Darah bagi Kesehatan Tubuh Manusia, Bisa untuk Menjaga Kesehatan Mental, Lho!

Meningkatkan Imunitas

Alih-alih menimbulkan penyakit, dalam dosis yang sesuai, es krim justru bisa meningkatkan imunitas. Hal ini disebabkan karena es krim merupakan jenis makanan yang terfermentasi. Makanan fermentasi sendiri bagus untuk sistem pernapasan dan kesehatan usus yang berhubungan dengan pencernaan tubuh kita.

Selanjutnya, bila pernapasan dan pencernaan kita lancar, maka sistem imunitas pun makin meningkat. Kawan akan lebih rentan terkena penyakit, terutama yang berhubungan dengan pernapasan maupun pencernaan.

Membantu Memenuhi Kebutuhan Kalsium

Lagi-lagi, karena terbuat dari susu, es krim mengandung banyak kalsium. Kalsium merupakan mineral yang sangat dibutuhkan tulang kita. Setiap harinya, asupan kalsium yang dianjurkan bagi tubuh orang dewasa adalah 700 mg.

Maka, konsumsi es krim dapat membantu memenuhi target asupan harian tersebut. Sebab, kurangnya asupan kalsium dapat memicu beberapa gangguan, seperti pusing, kelelahan, hingga psychosis.

Menurunkan Berat Badan

Mengonsumsi makanan yang dingin dapat membantu menurunkan berat badan, karena tubuh cenderung mgeluarkan lebih banyak kalori. Dalam hal ini, es krim yang dingin dapat membantu hal tersebut.

Akan tetapi, tentu konsumsinya pun hanya seperlunya saja ya, Kawan! Untuk mewujudkan tujuan menurunkan berat badan, Kawan juga perlu mengombinasikan dengan pola hidup sehat lainnya.

Mengatasi Gejala Kecemasan

Selain kesehatan fisik, es krim juga baik untuk kesehatan mental. Salah satunya untuk mengurangi gejala kecemasan yang kini banyak dialami masyarakat dunia.

Tekstur es krim yang creamy dipadukan dengan temperaturnya yang dingin dapat membantu menenangkan kondisi tubuh yang tegang, serta menimbulkan efek relaksasi. Sementara itu, kandungan gula dalam es krim yang biasanya melimpah dapat membuat Kawan merasa lebih berenergi.

Demikianlah beberapa manfaat kesehatan dari konsumsi es krim. Seperti yang sudah disebutkan, es krim tak sepenuhnya buruk bagi tubuh. Bahkan, dalam beberapa kasus dapat sangat bermanfaat, baik untuk menjaga kesehatan fisik maupun mental.

Baca juga: Di Balik Art Therapy: Bagaimana Seni Mampu Memulihkan Kesehatan Mental?

Hanya saja perlu diingat bahwa segala sesuatunya perlu dikonsumsi dalam porsi sewajarnya. Terlalu banyak mengonsumsi es krim justru akan mendatangkan banyak gangguan kesehatan. Jadi, bijaklah mengukur pola konsumsi dari makanan yang masuk ke tubuh ya, Kawan!

Sumber referensi:

  • https://lagelatiusa.com/blog/how-ice-cream-can-improve-your-mood/
  • https://parenting.firstcry.com/articles/magazine-10-surprising-benefits-of-ice-cream/
  • https://littlethings.com/lifestyle/ice-cream-health-benefits/4002692-6

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

S
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini