5 Majalah Indonesia Ini Pernah Hype di Zamannya, Lho!

5 Majalah Indonesia Ini Pernah Hype di Zamannya, Lho!
info gambar utama

Industri media cetak di Indonesia telah banyak mengalami berbagai perubahan selama beberapa dekade terakhir. Dalam perjalanannya, beberapa ajalah telah mencapai tingkat popularitas yang mengesankan dan menjadi ikon di zamannya. Kawan, penasaran kan, apa saja majalah yang pernah hype di zamannya? Yuk, simak langsung ulasan lima majalah Indonesia yang pernah populer di zamannya!

Majalah Aneka Yess

Di tahun 1990, muncul majalah yang berhasil menarik perhatian remaja di zamannya, yaitu Aneka Yess. Tidak hanya berisikan berita dan gosip artis terkini, serta berbagai tips, tetapi juga menjadikan remaja remaja sebagai "Cover Girl" atau "Cover Boy."

Majalah ini juga berkontribusi dalam perjalanan karier artis terkenal Indonesia juga, lho! Sebut saja, seperti Titi Kamal, Luna Maya, Dwi Andhika, Andhika Pratama, dan bahkan Irfan Hakim, yang memulai karirnya sebagai model foto majalah "Aneka Yess" pada tahun 1998.

Sayangnya, pada tahun 2014 menjadi tahun terakhir kali majalah ini diterbitkan. Sudah banyak upaya yang mereka lakukan untuk terus bertahan, dan bahkan mencoba untuk mengembangkannya menjadi media digital. Namun, akhirnya majalah ini harus terpaksa mundur.

Baca juga: Deretan Majalah Remaja Indonesia yang Pernah Eksis di Tahun 90-an

Majalah Mode

Di era yang serba digital sangat mudah untuk mencari referensi fashion untuk kehidupan Kawan, tinggal buka media sosial atau semacamnya. Namun, bagi anak generasi 80-an sampai 90-an sangat mengenal majalah Mode ini.

Majalah ini sedikit berbeda dengan majala remaja lainnya, karena lebih mengangkat perkembangan fashion dan gaya rambut yang sedang hits di masanya. Mode juga memiliki pemilihan model cover sendiri yang juga melahirkan banyak bintang.

Namun, yang paling dikenang adalah cerita berseri sosok karakter Lupus dan Olga, yang ditulis oleh Hilman Hariwijaya dan menjadi tren gaya hidup remaja saat itu, kesuksesan kedua karakter itu bahkan sampai lewat buku, film, dan serial televisinya di era 1990-an.

Majalah Aktuil

Jika istilah gaul skena sudah dikenal di zaman 90-an, mungkin salah satu syarat untuk bisa menjadi anak skena adalah harus melihat perkembangan musik di Indonesia di majalah Aktuil.

Dalam perjalanan musik, terlebih musik rock Indonesia, Aktuil menjadi salah satu majalah rock tertua di Indonesia. Lahirnya majalah Aktuil bermula dari Bandung dan pertama kali terbit pada 8 Juni 1967, berawal dari sebuah ide dari Denny Sabri Gandanegara yang saat itu adalah kontributor dari majalah Diskorina.

Sepanjang perjalanannya, majalah Aktuil sempat mengejutkan publik Indonesia pada tahun 1975, dengan mengundang kelompok musik Deep Purple untuk berpentas di Indonesia. Dalam waktu yang singkat, majalah ini pun mengalami popularitas di awal dekade 70-an.

Baca juga: Majalah Aktuil, Media Musik Legendaris Indonesia yang Prestisius di Masanya

Majalah Gadis

Sesuai dengan namanya, majalah yang ditujukan khususkan untuk remaja perempuan pada era 90-an, pertama kali terbit pada tahun 1973. Majalah ini mengulas berbagai topik, seperti panduan makeup, saran tentang hubungan, segmen pengetahuan sejarah dunia, serta tinjauan tentang selebriti.

Tidak mengherankan, majalah ini juga berperan sebagai wadah bagi selebriti untuk memasuki dunia hiburan, dan bahkan mendapat sebutan "Gadis sampul". Setiap tahun, majalah Gadis menggelar konten pemilihan cantik berbakat, dan mereka telah berhasil membawa beberapa pemenang gadis sampul, seperti Dian Sastro dan Astrid Tiar, yang berhasil meraih puncak popularitasnya saat ini

Majalah Hai

Hampir mirip dengan majalah Aktuil yang membahas tentang peta perjalan musik Indonesia. Majalah Hai juga terkenal di kalangan generasi 90-an, diterbitkan pertama kali pada tahun 1997. Majalah ini banyak membahas tentang tren musik yang sedang populer pada saat itu.

Tidak hanya membahas tentang tren musik, Hai juga memuat artikel yang berkaitan dengan gaya hidup remaja. Mulai dari film, pendidikan, tempat nongkrong, fesyen, olahraga, psikologi, dan cerita pendek serta komik.

Hingga saat ini, mungkin majalah Hai salah satu majalah yang berhasil beralih dan tetap eksis dan bahkan telah meluncurkan situs web mereka sendiri untuk menyebarkan konten majalah secara online.


Sumber referensi:

  • https://www.fimela.com/lifestyle/read/2237491/yang-berusia-40-tahun-ke-atas-pasti-tahu-majalah-majalah-ini
  • https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/04/11/majalah-remaja-indonesia-yang-pernah-eksis-di-tahun-90-an

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini