Produsen Pesawat Terbang Nomor 1 Dunia Buka Kantor di Jakarta

Produsen Pesawat Terbang Nomor 1 Dunia Buka Kantor di Jakarta
info gambar utama

Perusahaan pertahanan asal Amerika Serikat, The Boeing Company, meresmikan kantor permanen di Jakarta. Bersamaan dengan itu, produsen pesawat terbang nomor satu di dunia itu turut menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI.

Perjanjian itu berisi kontrak kerja sama untuk menjajaki inisiatif yang bertujuan memperkuat sektor penerbangan Indonesia dengan fokus pada keselamatan penerbangan, efisiensi, dan keberlanjutan.

Zaid Alami, Country Managing Director Boeing Indonesia, menyebut Indonesia sebagai rumah bagi salah satu pasar penerbangan terbesar di dunia. Menurutnya, penandatanganan MoU dan pembukaan kantor baru di Jakarta, semakin menunjukkan komitmen Boeing terhadap Indonesia dan pelanggan.

“Sekaligus meletakkan landasan kuat untuk pertumbuhan di masa depan” ucap Zaid dalam pernyataan resmi Boeing, Rabu (4/10/2023).

RI Borong 24 Jet Tempur F-15EX dari Boeing AS, Tercanggih di Dunia

Kantor baru Boeing Indonesia terletak di kawasan pusat bisnis Jakarta. Gedung itu menampilkan desain batik tradisional yang dipadukan dengan karya seni dan citra produk Boeing.

“Kantor itu dipengaruhi oleh karyawan Boeing Indonesia untuk menciptakan lingkungan kerja yang kolaboratif dan inovatif,” bunyi keterangan tersebut.

Boeing merupakan kontraktor alat kedirgantaraan dan eksportir pesawat global asal Amerika Serikat. Perusahaan ini mengembangkan, memproduksi, dan melayani pesawat komersial, produk pertahanan, serta sistem luar angkasa, untuk pelanggan dari 150 negara lebih.

Boeing dan Indonesia telah bekerja sama selama hampir 75 tahun untuk mendukung pengembangan kemampuan kedirgantaraan dan pertahanan di Tanah Air. Dukungan tersebut diberikan melalui pelatihan, pengembangan rantai pasok, dan kemitraan industri.

Baru-baru ini, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto membeli 24 unit pesawat tempur F-15EX dari Boeing pada 21 Agustus 2023. Armada tersebut diklaim paling canggih dan serba guna di dunia.

Di samping itu, Boeing juga telah menyumbang lebih dari 8,5 juta dolar AS kepada masyarakat Indonesia dalam bentuk sumbangan amal dan hibah. Bantuan itu fokus pada keberlanjutan, persiapan tenaga kerja, kesehatan dan kebugaran, pendidikan usia dini, serta upaya kemanusiaan.

Jadi, Pilih Boeing F-15EX atau Dassault Rafale, Pak Prabowo?

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini