Denjapi, Dendeng Unik yang Terbuat dari Jantung Pisang

Denjapi, Dendeng Unik yang Terbuat dari Jantung Pisang
info gambar utama

Kenali apa itu denjapi, dendeng yang tak terbuat dari daging, melainkan jantung pisang.

Bagi orang Indonesia, dendeng tentu bukan makanan yang asing. Dendeng kerap dinikmati sebagai teman makan nasi.

Pada dasarnya, dendeng adalah hidangan daging yang dikeringkan untuk membuatnya awet dan tak mudah basi. Dendeng biasanya memiliki rasa gurih, manis, dan pedas berkat pemberian bumbu berupa aneka rempah.

Dengan rasa nikmat dan tekstur yang renyah, dendeng menjadi salah satu hidangan yang populer di Indonesia dan sering disajikan sebagai lauk atau camilan. Ada berbagai variasi dendeng yang dapat ditemukan, termasuk dendeng balado, dendeng batokok, dan lain-lain, yang masing-masing memiliki perbedaan dalam bumbu dan cara penyajiannya.

Ada pula dendeng yang benar-benar unik, namanya denjapi yang merupakan makanan khas Cimahi, Jawa Barat. Keunikannya terdapat pada bahan baku utamanya yang bukan berupa daging sebagaimana umumnya. Denjapi ini ternyata terbuat dari jantung pisang. Kok bisa?

Lontong Tetel, Icon Kuliner Baru Khas Daerah Wisata Wonosobo

Mengenal Denjapi

Denjapi adalah singkatan dari Dendeng Jantung Pisang. Melihat namanya, sangat jelas makanan satu ini terbuat dari apa.

Boleh dibilang denjapi adalah dalah satu wujud inovasi dalam dunia kuliner Indonesia. Denjapi menggunaka jantung pisang yang sebetulnya tak terlalu banyak dimanfaatkan dalam dunia kuliner.

Untuk membuat Denjapi, jantung pisang dipotong tipis, mirip dengan potongan daging dalam pembuatan dendeng pada umumnya. Kemudian, potongan jantung pisang tersebut dimasak dengan bumbu-bumbu khas untuk menciptakan tekstur yang renyah dan rasa yang memikat. Hasilnya, jadilah dendeng berwarna kecoklatan, rasanya manis, dan punya nuansa perpaduan rempah yang tajam.

Menariknya, meskipun Denjapi terbuat dari jantung pisang, rasanya hampir mirip dengan dendeng dari daging. Maka dari itu, denjapi sekaligus menjadi alternatif bagi vegetarian atau mereka yang ingin mencicipi dendeng dengan sentuhan yang unik.

Mencicipi Kelezatan Kopi Papua yang Disukai oleh Ratu Wilhelmina

Manfaat Denjapi untuk Kesehatan

Tak cuma rasanya nikmat, denjapi juga punya manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Seperti disinggung sebelumnya, jantung pisang tak banyak dimanfaatkan dalam dunia kuliner. Ternyata, ini disebabkan rasanya dianggap kurang enak dan bergetah.

Padahal, jantung pisang punya beragam mamfaat. Publikasi milik Kementerian Pertanian RI mencatat bahwa jantung pisang mengandung banyak nutrisi, seperti protein, fosfor, serta Vitamin A, B1, dan C.

Rasa pahit jantung pisang disebabkan oleh kandungan tanin, zat yang bermanfaat sebagai antiseptik. Jantung pisang juga mampu mengobati disentri dan diare.

Top! Salatiga Masuk Nominasi Kota Kreatif UNESCO Bidang Kuliner

Referensi:

  • https://cimahikota.go.id/index.php/artikel/detail/1304-inilah-empat-kuliner-khas-kota-cimahi-yang-wajib-dicoba



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini