Kehidupan Masyarakat Indonesia Dalam Satu Potret NKRI

Kehidupan Masyarakat Indonesia Dalam Satu Potret NKRI
info gambar utama

#LombaKebudayaanNasional #PekanKebudayaanNasional2023 #IndonesiaMelumbungUntukMelambung

Sub Judul : Upayaku dalam melestarikan kebudayaan

Halo sobat GNFI ! dimana pun kalian berada

tahukah kalian bahwa Negara Republik Indonesia adalah Negara Kesatuan yang berbentuk Republik ? lantas bagaimanakah kehidupan yang real pada masyarakat Indonesia ? lalu apa saja kendala dan perjuangan yang dihadapi masyarakat Indonesia dalam menghadapi segala perbedaan ?

Negara Republik Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik, yang luas wilayahnya terbentang luas dari Sabang sampai Merauke atau dari Aceh hingga Papua, yang di dalamnya terdapat berbagai macam kebudayaan, karena kaya akan kebudayaan, masyarakat Indonesia berkawan baik dengan adanya perbedaan, antara individu dengan individu lainnya, atau satu kelompok dengan kelompok lainnya, seperti yang kita ketahui perbedaan budaya pada masyarakat yang bermukim di daerah Provinsi DKI Jakarta dengan daerah pegunungan di Jawa Barat, itu jelas terlihat sangat berbeda, dari segi bahasa dan segi kebiasaan pada masyarakatnya, dimana yang tinggal pada perkotaan seperti di daerah Provinsi DKI Jakarta cenderung lebih Individualisme dibandingkan yang tinggal di daerah pegunungan seperti di daerah Jawa Barat, jika ditinjau dari segi bahasa masyarakat di DKI Jakarta lebih mengutamakan bahasa betawi dibandingkan pada masyarakat di Jawa Barat yaitu terbiasa menggunakan bahasa Sunda dan jika ditinjau dari segi kebiasaan juga terlihat sangat berbeda, seperti yang kita ketahui pada masyarakat yang tinggal di daerah Provinsi DKI Jakarta mereka terbiasa hidup dengan kemewahan seperti lalu lalang kendaraan motor dan mobil, gedung pencakar langit, dan pusat perbelanjaan elit yang biasa disebut dengan Mall dibandingkan dengan kehidupan di daerah pegunungan di daerah Jawa Barat, yang terlihat masih adem dan asri, dimana terdapat tatakrama untuk menjalani kehidupan disana. Perbedaan tersebut tentu saja bukan menjadikan kita tetap utuh, tentu ada saja sebuah Problematika untuk menjalani kehidupan di Indonesia, dengan adanya hal tersebut tentu saja menjadikan sebuah tantangan untuk masyarakat Indonesia untuk tetap satu dalam sebuah kebhinnekaan dan tidak menginginkan sebuah perpecahan.

Kisah Inspiratif Devi, Perjuangan Tak Kenal Lelah Menuju Impian Perguruan Tinggi

Tentu saja kita sebagai Warga Negara Indonesia yang baik selalu ingin mewujudkan semboyan bangsa yaitu Bhinneka Tunggal Ika yang artinya walaupun berbeda tetapi tetap satu Jua, kita sebagai sesama Warga Indonesia hendaknya selalu cinta tanah air yang dilakukan dengan cara menghormati sesama manusia walaupun berbeda dan menjaga perbedaan tersebut agar tidak timbul yang tidak diinginkan, seperti perang saudara, Rasisme membuat gerakan separatisme dan terorisme.

Untuk mencapai persatuan diantara banyaknya sebuah perbedaan pada masyarakat di Indonesia kita harus menjaga keutuhan NKRI, Menurut Gilang P yang dikutip dari Gramedia.com terdapat dua tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI, yaitu tantangan Intern dan Ekstern,

Tantangan Intern, yaitu :

  1. keragaman masyarakat indonesia,
  2. kesenjangan sosial dan Ekonomi dimasyarakat,
  3. meningkatnya kasus kriminalitas dan narkoba,
  4. meningkatnya paham etnosentrisme dan radikalisme,
  5. kurangnya pemahaman dan kesadaran masyarakat mencintai budaya sendiri,
  6. dan munculnya ideologi - ideologi separatisme.

Tantangan ekstern, yaitu :

  1. adanya campur tangan negara asing dalam menyelesaikan masalah internal negara,
  2. masuknya budaya asing,
  3. pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh negara negara tetangga,
  4. adanya gangguan keamanan kemaritiman dan kedirgantaraan yang dilakukan oleh negara lain,
  5. gangguan di wilayah perbatasan antar negara,
  6. pengaruh globalisasi mempermudah aksesnya budaya asing,
  7. munculnya jaringan narkoba internasional,
  8. dan adanya ominasi pengaruh negara lain yang semakin menguasai negara Indonesia.
Inspiratif, 5 Aksi Nyata Peduli Lingkungan dari Aktor Ternama hingga Group Viral

Untuk mewujudkan kesatuan dalam bangsa ini, perlu adanya rasa cinta terhadap tanah air ini, tentunya jika kita cinta pada sesuatu sepatutnya kita harus menjaga untuk jangan sampai hilang. Harus kita sadari bahwa bangsa ini cukup besar yang wilayahnya terbilang cukup luas, masyarakat yang tinggal di dalamnya sadar bahwa mereka hidup berdampingan meski terlahir berbeda - beda, dan di megahnya negara indonesia ternyata untuk menjalani kehidupannya harus mengikuti aturan yang ada, semakin maju pada negara ini tentunya akan mengguggah tantangan baru yang harus dilewati.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NN
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini