Inspiratif, 5 Aksi Nyata Peduli Lingkungan dari Aktor Ternama hingga Group Viral

Inspiratif, 5 Aksi Nyata Peduli Lingkungan dari Aktor Ternama hingga Group Viral
info gambar utama

Indonesia masuk dalam kategori 10 negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Banyaknya penduduk tersebut menumbuhkan sejumlah persoalan diantaranya tentang sampah dan pengolahannya. Di tengah kekhawatiran tersebut, terdapat kontribusi nyata yang dilakukan oleh beberapa orang maupun kelompok.

Bahkan, bukan sekedar kontribusi konkret, melainkan menginspirasi orang untuk ikut menjaga keseimbangan alam. Berikut 6 aksi nyata peduli lingkungan untuk kondisi bumi yang lebih baik.

Aktivis Bali, Melati, dan Isabel Wijsen

Salah satu campaign dari gerakan anti sampah plastik | Sumber: Instagram @byebyeplasticbags
info gambar

Kakak beradik asal Bali ini melakukan kampanye untuk mengurangi sampah plastik di Bali yaitu dengan Bye Bye Plastic Bag dan menjadi kunci disingkirkannya penggunaan sedotan, kantong plastik, hingga Styrofoam. Di pertengahan tahun 2018, kedua gadis tersebut berhasil masuk di 25 Most Influential Teen of 2018 dan sempat menjadi pembicara di acara United Nations World Ocean Day di New York Amerika Serikat.

Biomassa: Cara Cerdas Mengubah Sampah Menjadi Energi

Hamish Daud, Pedulikan Kelestarian Laut

Hamish Daud, salah satu selebriti yang turut mendirikan gerakan pecinta lingkungan | Sumber: Instagram @hamishdw
info gambar

Wujud dari kecintaannya terhadap laut, Hamish Daud dirikan yayasan Indonesian Ocean Pride untuk menghubungkan masyarakat dengan laut. Bahkan dalam unggahan Instagram @indonesianoceanpride, landfill atau tempat pembuangan sampah terakhir, melepaskan sampah plastik ke lingkungan.

Sampah tersebut nantinya akan terurai menjadi partikel kecil dan masuk ke laut melalui aliran air dan nantinya akan berbahaya untuk kehidupan laut terutama penyu, ikan, dan sebagainya. Yayasan tersebut juga gencar menggaungkan akan bahaya mikroplastik dan kurangi pemakaian plastik sekali pakai.

Aeshnina Azzahra Aqilani, Kantin Sekolah Bebas Plastik Sachet

Gerakan peduli lingkungan dari anak bangsa | Sumber: Instagram @aeshnina
info gambar

Gebrakan baru tentang peduli lingkungan yaitu dari gadis muda Aeshnina Azzahra Aqilani yang membuat sebuah petisi tentang program sekolah sehat dan bebas sachet. Dilansir dari Ecoton, gadis ini mengirim sepucuk surat untuk Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan menyampaikan 3 usulan penanganan sampah. Di antaranya menerapkan 5R dengan sistim Reduce, Refuse, Reuse, Repurpose, dan Recyle. Artinya sekolah harus menyediakan sarana pengumpulan sampah secara terpilah hingga larangan penggunaan plastik sekali pakai.

Darurat Sampah Plastik, Indonesia bisa apa?

Membentuk tim satgas sebagai upaya untuk menghentikan kebiasaan masyarakat membuang sampah tidak pada tempatnya serta pembakaran sampah di lembaga pendidikan, area publik, maupun kawasan pemukiman. Ia menuturkan bahwa menangani sampah plastik dengan membakarnya justru dapat melepaskan racun pemicu kanker.

Terakhir, gadis tersebut juga menuliskan usulan tentang gerakan nasional kurangi sampah plastik, menegakkan aturan wajib memilah sampah, dan menyediakan sarana pengolahan sampah terpilah di desa seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan agar masyarakat tidak membakar, menimbun, atau membuang sampah ke laut maupun ke sungai.

Pandawara Group, Kumpulan Pemuda Viral Peduli Lingkungan

Pembersihan sampah di lingkungan alam oleh komunitas di Bandung | Sumber: Instagram @pandawaragroup
info gambar

Siapa sangka, aksi viral lima pemuda peduli lingkungan asal Bandung ini berhasil dimuat di salah satu media Koran di Taiwan. Dilansir dari akun Instagram @pandawaragroup sepanjang tahun 2022 berhasil mengumpulkan total 27,066 kg sampah dengan 4.511 trashbag dari 78 kali membersihkan sungai aliran kecil, selokan, hingga septic tank. Mereka juga menambahkan tulisan “1,4 ton sampah dalam satu sungai berhasil kita ambil, dan itu bukan suatu yang perlu dibanggakan” tulisnya.

Dilansir dari Greenpeace Indonesia pada 2018 di tiga pantai di Indonesia telah ditemukan 10.594 sampah plastik berasal dari bekas makanan, minuman, hingga sampah rumah tangga namun hanya 7% saja yang dapat dikompos dan didaur ulang, 5% dibakar, 10% dikubur, 3% dibuang ke sungai, dan Ironisnya terdapat 68% sampah yang diangkut hanya ditimbun di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Bayangkan tumpukan sampah akan menggunung dan bisa menyaingi tingginya Candi Borobudur.

Swietenia Puspa Lestari, Gerakan Anti Sedotan

Gerakan anti sedotan oleh salah satu anak bangsa | Sumber: Instagram @swieteniapuspa
info gambar

Aksi peduli lingkungan selanjutnya yaitu pelopor gerakan anti sedotan #NoStrawMovement yang diprakarsai oleh Swietenia Puspa Lestari awalnya tidak mendapatkan respon dari masyarakat, namun setelah sasarannya perusahaan besar seperti KFC barulah gerakan tersebut terealisasi. Ia juga mendirikan Yayasan Penyelam Lestari Indonesia atau Divers Clean Actions tentang penyelamatan lingkungan dan kegiatan utamanya yaitu memungut sampah di laut. Inspiratif, Tenia juga menjadi salah satu wanita paling berpengaruh versi BBC.

Sebaran Bank Sampah dan Bulk Store di Yogyakarta, Bantu Gaya Hidup Zero Waste Makin Mudah

Nicholas Saputra, Kampanye Tanam Pohon untuk Kelestarian Hutan

Kampanye kreatif untuk mengatasi lingkungan dari artis tanah air | Sumber: Instagram @nicholassaputra
info gambar

Kontribusi yang dilakukan untuk mengatasi masalah lingkungan salah satunya adalah dengan menanam pohon. Ia juga melakukan kontribusi dengan cara yang berbeda yaitu dengan membuat film dokumenter berjudul "Semesta".

Berkisah tentang tujuh tokoh lingkungan yang berasal dari tujuh wilayah berbeda dalam menjaga keseimbangan alam bersama masyarakat sekitar. Bukan hanya itu, Ia juga menunjukan rasa prihatin terhadap sampah plastik yang diutarakannya melalui karya fotografi.

Itulah 6 aksi nyata peduli lingkungan dan mendapatkan respon positif dari masyarakat. Semoga bukan hanya menjadi angin yang lewat begitu saja.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

WC
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini