Sebaran Bank Sampah dan Bulk Store di Yogyakarta, Bantu Gaya Hidup Zero Waste Makin Mudah

Sebaran Bank Sampah dan Bulk Store di Yogyakarta, Bantu Gaya Hidup Zero Waste Makin Mudah
info gambar utama

Jika berbicara tentang permasalahan sampah, tentunya banyak hal yang muncul di kepala Kawan GNFI. Mulai dari sebab, akibat, hingga solusi. Namun, kira-kira kenapa hingga saat ini masalah tersebut masih menjadi perbincangan hangat yang yang tidak kunjung usai? Bahkan pada tahun 2022 data menyebutkan volume sampah di Indonesia naik hingga 70 juta ton dari 68, 5 juta ton pada 2021.

Bisa jadi, masih kurangnya kesadaran dari seluruh elemen masyarakat untuk menerapkan gaya hidup yang tepat. Salah satunya adalah gaya hidup Zero Waste. Kawan GNFI tentunya sudah tidak asing dengan istilah Zero Waste, bukan? Ini adalah salah satu solusi yang kerap ditawarkan untuk permasalahan sampah yang kian tak terkendali.

Zero Waste sendiri meruapakan konsep gaya hidup pengelolaan sampah hingga menekan pengurangan jumlah sampah bahkan hingga 0 sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Pengelolaan ini bisa mulai dari pengurangan, penggunaan kembali, daur ulang, bahkan pengomposan.

Di berbagai daerah gaya hidup minim, sampah ini telah dipemudah dengan berbagai inovasi, beberapa diantaranya dengan adanya bank sampah dan bulk store. Seperti halnya di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), persebaran bank sampah serta bulk store tidak lagi hanya ditemukan secara luring tetapi juga daring. Hal tersebut tentunya sangan memudahkan para pengguna dan pelanggan.

Darurat Sampah Plastik di Laut, Ini yang Bisa Kita Lakukan!

Berikut beberapa bank sampah dan bulk store yang dapat Kawan GNFI temui di DIY!

Bank Sampah

Bank sampah pada dasarnya merupakan pengelolaan sampah domestik atau sampah rumah tangga anorganik yang terpilah lalu dikumpulkan dan terdapat managemen layaknya pebankan. Sampah ditabungkan ke bank sampah untuk didaur ulang kembali dan dapat dijadikan bahan yang bernilai ekonomis.

Kegiatan tersebut dapat menjadi pemberdayaan masyarakat berbasis komunitas yang juga dapat membantu mengurangi sampah yang diangkut ke TPA. Bank sampah di Yogyakarta sendiri persebarannya sudah cukup banyak dan untuk lebih lengkapnya kawan dapat mengakses di wesite Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Mandiri DIY (SIPARI), di antaranya adalah berikut:

Rapel

Kategori sampah yang diterima Rapel
info gambar

Bank sampah ini dapat ditemukan secara daring, sehingga Kawan GNFI perlu mengunduh terlebih dahulul aplikasi Rapel. Kolektor sampah akan datang ke rumahmu untuk menjemput sampah yang terkumpul sesuai hari yang disepakati.

Kawan GNFI dapat melihat daftar barang-barang sisa konsumsi yang dapat dijual dan didaur ulang, terdapat pula informasi yang menjelaskan klasifikasi sampah. Selain itu, Kawan bisa langsung melihat harga dan melacak seberapa banyak sampah yang didaur ulang.

Bank Sampah Sawo Kecik

Lokasinya terletak di Balai Warga RW 63 Perumahan Candi Gebang Permai, Sleman, DIY. Bank sampah ini sudah berdiri sejak tahun 2014 sebelum diresmikan menjadi bank sampah Sawo Kecik. Memiliki moto “sampah dipilah menjadi berkah”, bank sampah Sawo Kecik berhasil mendaur ulang sampah menjadi beberapa produk bernilai ekonomis.

Bank Sampah Suryo Resik

Bank sampah yang berlokasi di Mj 2/822, RT.44/RW.13, Suryodiningratan, Mantrijeron, Kota Yogyakarta, DIY ini telah ada sejak tahun 2013. Berawal dari keinginan menjadikan sampah menjadi sesuatu yang bernilai dan dapat menjadi penghasilan tambahan, kini bank sampah ini telah berhasil meraih berbagai penghargaan. Salah satu prestasinya adalah Juara 3 Lomba Green and Clean se-DIY-Jateng pada Tahun 2017.

Bank Sampah Daur Resik

Salah satu katalog Daur Resik
info gambar

Bank sampah ini terbentuk sejak 2019 dengan tagline “Memberi Kesempatan Kedua bagi Sampah Anda”. Daur resik merupakan layanan penjempuatan dan pengelolaan sampah terpilah yang 100% sampah yang diterima sudah terjamin akan didaur ulang. Terdapat tanggal dan beberapa titik jemput yang sudah ditentukan sebelumnya, selain itu sampah yang diterima juga memiliki ketentuan tersendiri.

Bank Sampah Gemah Ripah

Kawan GNFI bisa menjumpai bank sampah ini di Jl. Urip Sumoharjo Dk, Jl. Badegan No.RT 12, Bejen, Bantul, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, DIY. Gemah Ripah merupakan pelopor bank sampah di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 2008. Di sini juga terdapat paket pelatihan yang bisa kawan pilih sesuai keinginan seperti membuat pot kain, lilin mijel, bros bunga dan masih banyak lagi

4 Daur Ulang Sampah Organik Tak Biasa, Pembalut dari Batang Pisang?

Bulk Store

Selain bank sampah yang sudah dipaparkan di atas, alternatif lain yang dapat membantu kawan GNFI dapat dengan mudah menerapkan Zero Weste adalah dengan berbelanja di Bulk Store.

Bulk store pada dasarnya adalah toko yang menjual produk kebutuhan dasar namun berbahan ramah lingkungan dan tanpa kemasan plastik. Sehingga saat Kawan GNFI berbelanja, kamu diharapkan membawa tas belanja sendiri. Berikut bulk store lengkap nan estetik yang bisa Kawan GNFI kunjungi di Yogyakarta:

Bhumi Bhuvana

Produk Bhumi Bhuvana
info gambar

Tempat ini berdiri sejak 2020 dan bertempat di Jl Gerilya No 646 B, Prawirotaman, Brontokusuman, Mergangsan, Kota Yogyakarta. Kawan GNFI dapat merasakan nuansa vintage dan menemukan kebutuhan dasar sehari-hari dengan lengkap. Kawan juga dapat membeli kombucha menikmatinya sambil duduk berbincang. Selain itu juga dapat melakukan reservasi untuk workshop.

Litterless Jogja

Bulk store ini beralamat di Jl. Cucak Rowo No.5a, Demangan Baru, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, DIY. Barang-barang yang dijual disini 80 persen merupakan produk natural dan sisanya pabrikan. Pemilik bulk store ini juga bekerja sama dengan beberapa artisan untuk produk mereka, bahkan bekerja sama dengan salah satu sekolah alam yang menghasilkan produk shampo.

Vert Terre

Suasana Bulk Store Vert Terre
info gambar

Mungil dan “homy”, mungkin itu yang akan dirasakan kawan GNFI saat mengunjungi Vert Terre di Jalan Kaliurang No.9, RW.7, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, DIY. Selain lengkap menjual produk rumah tangga ramah lingkungan, Kawan juga bisa mengikuti berbagai workshop unik dan menarik yang sering diadakan.

Peony Ecohouse

Kawan bisa mengunjungi Peony Ecohouse di Gg. Siti Sonya, Pogung Kidul, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, DIY. Atmosfer minimalis dapat kawan GNFI rasakan di tempat ini. Berbagai produk minim plastik dan tanpa sekali pakai lengkap ditampilkan, mulai dari makanan hingga kebutuhan sehari-hari.

Dampak Sampah terhadap Lingkungan Alam dan Kesehatan Kita

Peepermint Natural & Organics

Bulk store ini menjual produk alami dan organik dari lokal, tetapi selain itu mereka juga menjual produk impor yang tentunya organik dan sehat. Kawan dapat berkunjung ke lokasinya di Jl. Pangeran Diponegoro No.86A, Cokrodiningratan, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DIY.

Sudi Organic

Produk Sudi
info gambar

Sudi merupakan bulk store yang hanya dapat ditemui secara daring. Namun, jika kawan GNFI ingin melakukan COD, tentu saja bisa dilakukan. Kawan bisa melihat berbagai katalog lengkap produk Sudi di Instagram mereka.

Itu dia beberapa daftar lokasi bank sampah dan bulk store di Yogayakarta yang pastinya bisa membantu kawan GNFI semakin mudah menerapkan gaya hidup minim sampah.


Referensi: Sipari | dpr.go.id | mantrijeronkec.jogjakota.go.id

| DPRD Jateng | Mojok.co | Donna Asteria, H. H. (2016). BANK SAMPAH SEBAGAI ALTERNATIF STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH BERBASIS MASYARAKAT DI TASIKMALAYA. Manusia dan Lingkungan, 136-141.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

GM
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini