Mengenal Kerupuk Klejat, Kerupuk dari Kerang Laut Khas Bali

Mengenal Kerupuk Klejat, Kerupuk dari Kerang Laut Khas Bali
info gambar utama

Kenali apa itu kerupuk klejat, kerupuk khas Bali yang terbuat dari kerang laut.

Nama Bali tentu sudah terkenal di berbagai penjuru dunia. Maklum saja, banyak hal menarik yang ada di tempat berjuluk Pulau Dewata nan eksotis itu.

Bicara soal Bali, mungkin yang akan terbayang di kepala Anda adalah pantai-pantainya yang indah dan memukau seperti Kuta, Seminyak, dan Nusa Dua yang senantiasa ramai didatangi pengunjung. Kebudayaan dan tradisinya pun begitu kaya. Nah, salah satu wujud kekayaan budaya Bali tersebut adalah kulinernya.

Ya, Bali memiliki banyak makanan enak yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Beberapa hidangan khas Bali yang terkenal antara lain nasi goreng, ayam betutu, bebek betutu, dan lawar. Namun, pernahkah Anda mendengar makanan Bali yang bernama kerupuk klejat?

Asal-usul Sate Kere, Kuliner yang Dulunya Memang untuk Orang Kere Betulan

Mengenal Kerupuk Klejat

Sesuai namanya, kerupuk klejat dibuat dari kerang laut yang di Bali biasa disebut dengan klejat. Kerupuk ini punya sensasi rasa yang gurih dan renyah.

Kerupuk klejat dibuat dengan merebus klejat sebagai awalannya. Klejat harus direbus hingga matang sepenuhnya dan teksturnya lunak serta dapat dikeluarkan dari kulitnya.

Setelah direbus, klejat harus dikeluarkan dari kulitnya. Daging klejat yang telah terpisah dari kulitnya perlu dibersihkan enggunakan air. Pastikan semua kotoran dan pasir hilang dengan sempurna.

Daging klejat yang sudah bersih kemudian diberi air garam dan penyedap rasa sesuai selera. Pembuat klejat dapat menambahkan garam dan penyedap rasa secukupnya untuk memberikan cita rasa yang lezat.

Daging Klejat yang sudah diolah dengan garam dan penyedap rasa harus dijemur sampai kering di bawah sinar matahari yang cukup. Proses pengeringan ini akan membuat kerupuk klejat menjadi renyah.

Setelah daging Klejat mengering, Anda dapat menggorengnya dalam minyak panas hingga berubah warna menjadi kecokelatan dan mengembang. Setelah diangkat dari penggorengan, pastikan untuk meniriskan minyak berlebih dengan meletakkan kerupuk di atas tisu dapur atau kertas minyak. Setelahnya, kerupuk klejat dapat dikemas dalam toples atau plastik kedap udara untuk menjaganya agar tetap renyah.

Jika Kawan GNFI sedang berkunjung ke Bali, kerupuk klejat sangat cocok untuk menjadi oleh-oleh. Mencarinya pun tak sulit. Krupuk Klejat bisa ditemukan mulai dari pasar swalayan dan tradisional, juga atau pedagang oleh-oleh di sekitar daerah tempat wisata.

Kalaupun tidak bisa datang langsung ke Bali, kerupuk klejat bisa dibeli secara daring. Banyak penjual yang menjajakan kerupuk klejat di marketplace dengan harga yang sangat terjangkau.

Menyantap Kelezatan Sate Balibul Legendaris Kota Tegal

Referensi:

  • https://www.denpasarkota.go.id/wisata/krupuk-klejat-camilan-unik-khas-serangan-bali



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini