Menerbitkan Asa di Surga Kecil yang Jatuh Ke Bumi

Menerbitkan Asa di Surga Kecil yang Jatuh Ke Bumi
info gambar utama

Kisah Inspiratif Brisco Jordy Dudi Padatu mengembangkan Pendidikan di Papua barat

Surga kecil yang jatuh ke bumi , julukan yang indah untuk sebuah pulau di ujung Nusantara ini. Papua adalah salah satu pulau yang memiliki kekayaan dan keindahan alam melimpah dan juga kekayaan budaya. Kita semua pasti tahu tambah emas terbesar di dunia ada di Pulau ini. Nah tentu sumber daya itu harus dimanfaatkan dan dikelola dengan baik namun pengelolaan juga ini membutuhkan SDM yang berkualitas dan kompeten. Sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten tentunya memerlukan pendidikan dan pelatihan yang baik dan terampil ,namun sayangnya tak bisa dipungkiri di Indonesia pemerataan pendidikan belum dapat dikatakan optimal secara khusus di Papua khususnya di Papua Barat.

Kesenjangan inilah yang menjadi keprihatinan para pegiat pendidikan lokal. Salah satunya adalah Bhrisco Jordy Dudi Padatu, seorang anak muda yang cerdas dan nasionalis asal Papua, yang mendapatkan penghargaan 13th SATU Indonesia Awards yang diselenggarakan oleh Astra Indonesia.

Jordy memulai misinya tepatnya di Pulau Masinam, sebuah pulau terpencil di Papua Barat adalah tempat yang mungkin tidak banyak orang kenal.Namun, di tengah keterbatasan aksesibilitas dan sumber daya, pria muda ini menjalani perjuangan yang luar biasa untuk mengubah pendidikan di pulau ini bersama teman-temannya.

Sebagai anak yang lahir dan hidup di Papua, ia melihat secara langsung dan menyadari bagaimana kondisi keterbelakangan pendidikan di tanah kelahirannya. Ia mengajak para anak muda di daerahnya yang tertarik pada bidang pendidikan mendirikan sebuah komunitas yang bernama "Papua Future Project" (PFP) sebagai wadah pemberi akses pendidikan bagi anak-anak dari tertinggal yang tidak memiliki kesempatan merasakannya.

Komunitas ini didirikan pada bulan Juli tahun 2021 yang berfokus pada pendidikan dan karakter di daerah tertinggal di wilayah Papua Barat. Program tersebut berfokus pada bagaimana memberikan akses menuju pendidikan baik kepada anak-anak di Papua yang tinggal di wilayah dengan tingkat buta huruf yang tinggi. Program ini mempunyai motto "Every Child Matters" dengan target jangka panjang bimbingan belajar dan pengadaan bahan bacaan.

Mudah, Inilah Cara Mengurus Sertifikasi TKDN Online

Program pertama yang dilakukan.memberi bimbingan belajar intensif bagi anak-anak setempat. Program kedua adalah membuat donasi buku dan pengadaan pojok-pojok literasi.Program ketiga adalah berkolaborasi dengan UNICEF dan Kementerian Kesehatan, dalam hal ini memberi edukasi kesehataan. Hal ini dilakukan agar semua kegiatan bisa mendapat dampak dan manfaat yang maksimal.

Perjuangan Jordy dan teman-temannya tentu tidaklah mudah. Jordy harus menghadapi tantangan, termasuk kurangnya dana, buku, dan fasilitas pendidikan yang memadai.Selain itu, minimnya ketersediaan orang yang mau mengajar dengan sukarela membagi ilmunya disana juga menjadi tantangan tersendiri.

Memang bukanlah hal yang mudah untuk menyediakan tenaga pendidik terutama yang muda dan mau berjuang di pulau terpencil. Tidak hanya itu saja, nilai-nilai adat di pulau Mansiman juga membuat mareka harus lebih kuat berjuang. Banyak hal yang harus dilakukan antara lain memberi edukasi serta norma-norma pendidikaan, agar para orang tua memiliki pemahaman yang baik misalnya agar anak jangan dinikahkan di usia dini.

Berkat usaha dan doa yang keras Jordy dan teman-temannya terus mendapatkan dukungan yang kuat dari komunitas, hal inilah yang membuat akhirnya apa yang mereka perjuangan bisa berbuah manis. Meskipun mereka menghadapi kesulitan, orang-orang di Pulau Masinam menyadari pentingnya pendidikan dan akhirnya bersedia membantu Jordy dan teman-temannya dalam perjuangannya ini. Mereka berkontribusi dengan apa yang mereka mampu. Sungguh mengharukan.

Saat ini Pulau Masinam sudah mengalami kemajuan di bidang pendidikan dari pada sebelumnya berkat upaya keras Jordy bersama Papua Future Project. Sudah banyak program-program yang telah dijalankan, terutama dalam peningkatan literasi untuk anak-anak. Jordy telah membuka pintu harapan bagi banyak anak di pulau ini, memberikan mereka kesempatan untuk meraih impian mereka melalui pendidikan.

Industri Game RI Raup Pendapatan Rp25 Triliun, Saingi Musik dan Film

Ada banyak jutaan buku sudah disebar di seluruh pelosok pulau ini sehingga anak-anak tersebut memiliki wawasan yang baik dan luas. Proyek-proyek kesehatan juga memberikan dampak yang signifikan terhadap Kesehatan dan kecerdasan anak-anak di pulau tersebut. Kisah inspiratif mereka adalah cerminan nyata dari bagaimana tekad, dedikasi, dan dukungan komunitasnya dapat mengubah masa depan pendidikan di lingkungan yang sulit sekalipun.

Kisah Jordy memberikan asa di salah satu pulau Surga Kecil yang jatuh ke bumi ini, kiranya membuat kita menginspirasi Kawan GNFI makin bersemangat dan memiliki mimpi besar bagi kemajuan bangsa ini dimanapun kawan berada.

#kabarbaiksatuindonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini