Industri Game RI Raup Pendapatan Rp25 Triliun, Saingi Musik dan Film

Industri Game RI Raup Pendapatan Rp25 Triliun, Saingi Musik dan Film
info gambar utama

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menyebutkan nilai pendapatan dari aplikasi permainan yang berkembang di Indonesia mencapai Rp25 trilium sepanjang 2022. Oleh karenanya, industri game berpeluang untuk mendongkrak perekonomian dalam negeri.

Dilansir dari Antara, Senin (16/10), Direktur Aplikasi Permainan, Televisi, dan Radio Kemenparekraf Iman Santosa menilai industri bermain di Indonesia cukup menguntungkan dengan angka pendapatan yang tercatat mencapai Rp25 triliun melalui para pemain game.

Kendati demikian, hampir seluruh pendapatan dari industri game mengalir ke luar negeri selaku penyedia aplikasi permainan tersebut. Sementara pendapatan bagi pelaku industri permainan dalam negeri tercatat sangat sedikit, yakni hanya 0,5 persen.

Manfaatkan potensi dalam negeri

Indonesia memiliki potensi yang sangat besar melalui pengguna permainan daring yang terbilang cukup tinggi. Oleh karena itu, Kemenparekraf berupaya mengambil potensi tersebut dengan mendorong pelaku industri kreatif agar membuat lebih banyak game yang bisa menarik pendapatan itu.

Sebagai upaya memanfaatkan potensi industri kreatif permainan, pemerintah saat ini tengah merancang Peraturan Presiden tentang Percepatan Pengembangan Industri Game Nasional yang diharapkan dapat diimplementasikan pada 2024 nanti.

Adanya Perpres tersebut diyakini dapat menciptakan nilai ekonomi bagi industri game sehingga bisa menyumbang devisa untuk meningkatkan perekonomian nasional. Hal ini pada gilirannya dapat mengangkat nilai-nilai budaya lokal untuk dipublikasikan lebih luas melalui game buatan Indonesia.

Serba-serbi Pendapatan Industri Game yang Bukan Main

Dorong pelaku industri kreatif

Selain itu, pemerintah optimistis Perpres tersebut nantinya juga bisa mendorong kemunculan pelaku industri kreatif permainan yang mampu mengambil potensi pendapatan lebih besar dari Rp25 triliun. Adapun target capaian pendapatan industri permainan di tingkat nasional adalah sebesar 70 persen pada 2024.

Kemudian yang tidak kalah penting dalam mendukung program industri kreatif game adalah kerja sama dengan pemangku kepentingan, salah satunya dengan melibatkan Kementerian Investasi untuk pengembangan industri permainan di Tanah Air.

Pertumbuhan industri permainan akan sangat menguntungkan bagi perekonomian Indonesia. Sebab, Kemenparekraf memperkirakan bahwa penghasilan dari industri ini melebihi industri musik dan film. Bahkan, gabungan dari keduanya pun masih tidak mampu menyaingi nilai pendapatan dari industri permainan.

Indonesia Raup Rp1,76 Triliun dari Pameran Game Internasional di Jerman

Referensi:

Antara. Pendapatan Industri Game Indonesia Capai Rp25 Triliun. https://www.antaranews.com/berita/3774033/pendapatan-industri-game-indonesia-capai-rp25-triliun

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini