Indonesia Raup Rp1,76 Triliun dari Pameran Game International di Jerman

Indonesia Raup Rp1,76 Triliun dari Pameran Game International di Jerman
info gambar utama

Produk gim Indonesia berhasil mencatatkan potensi transaksi sebesar 115,72 juta dolar AS atau setara Rp1,76 triliun pada pameran Gamescom 2023 yang digelar di Cologne, Jerman pada 23–27 Agustus lalu.

Dikutip dari laman kemendag.go.id, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan Didi Sumedi mengungkapkan, potensi transaksi itu meningkat dibandingkan 2022 yang sebesar 75,2 juta dolar AS. Hal ini menunjukkan produk gim Indonesia semakin diminati pasar Eropa.

Sementara itu, Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Hamburg Eka Sumarwanto mengatakan partisipasi Indonesia pada Gamescom 2023 berlangsung lancar dan sesuai rencana. Animo pengunjung disebut sangat tinggi terhadap gim Indonesia.

Serba-serbi Pendapatan Industri Game yang Bukan Main

Games from indonesia

Paviliun Indonesia dalam Gamescom 2023 mengusung tema “Games from Indonesia,” dengan peserta 11 studio gim di Tanah Air. Di antaranya adalah Agate, Algorocks, Anantarupa, Dreams Studio, Ginvo Studio, Glory Jam, Mankibo, Nuon Digital Indonesia, Pendopo Multi Creation, Wisageni Studi, dan NPC Vile.

Selain mempromosikan produk, peserta pameran tersebut juga dapat melakukan penjajakan bisnis (business matching) melalui akun Meet To-Match Platform Business Matching & Matching, jaringan personal, dan pertemuan bisnis langsung tanpa reservasi (walk in meeting).

Penjajakan bisnis juga bisa dilakukan melalui layanan informasi ekonomi kreatif. Hal ini diwujudkan dengan menayangkan video promosi program pendukungan di pameran gamescom. Misalnya, melalui program di media nasional, desain konten promosi masing-masing peserta, serta pembuatan konten promosi video dan media sosial.

Selama penyelenggaraan pameran, semua peserta pameran dari Indonesia dikabarkan telah melakukan pertemuan dengan 133 pembeli potensial yang berasal dari perjanjian kerja sama dan pembeli langsung.

Sebagai pameran dagang dan pameran gim terbesar di Eropa, Gamescom memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk membuka pasar, membangun dan memperluas jaringan, serta meningkatkan pemahaman masyarakat global terhadap produk-produk gim Tanah Air.

Karakter Game yang Terinspirasi dari Indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini