Cotton Combed 20s, 24s, 30s. Apa Maksudnya dan Mana yang Lebih Bagus?

Cotton Combed 20s, 24s, 30s. Apa Maksudnya dan Mana yang Lebih Bagus?
info gambar utama

Beberapa minggu terakhir, cuaca Indonesia sedang panas-panasnya. Sebab itulah, perlu untuk menggunakan jenis kain baju yang lebih nyaman seperti kaos berbahan cotton combed yang terkenal karena kehalusan dan kelembutannya. Kain ini juga nyaman saat bersentuhan dengan kulit.

Cotton combed juga terkenal memiliki kemampuan yang baik untuk menyerap keringat, sehingga membuat pakaian tetap kering dan nyaman. Ini menjadikannya pilihan yang baik untuk pakaian sehari-hari, terutama dalam cuaca panas. Cocok kan untuk cuaca tropis seperti di Indonesia?

Cotton combed juga bisa sangat mudah kamu temukan di pasaran. Ini terkait dengan kain, bahan yang populer di industri konvektif. Katun combed tidak hanya lembut, tetapi juga terasa halus. Bahkan saat ini, tidak ada kain lain yang dapat menandingi penjualan bahan ini. Tapi perlu kamu pahami, jenis kain ini memiliki variasi ukuran yang beragam, mulai dari Cotton Combed 20s, 24s dan 30s. Dari jenis kain cotton combed 20s, 24s dan 30s ini mana yang paling bagus? Simak pembahasannya berikut ini.

Arti Cotton Combed 20s, 24s dan 30s

Cotton Combed 20s

Cotton combed 20s adalah kain katun yang memiliki kehalusan dan kelembutan yang cukup baik. Angka "20s" menunjukkan jumlah benang per inch (benang per inci) dalam kain. Semakin tinggi angka, semakin halus dan lembut kainnya.

Selain itu, jenis kaos combed 20s adalah yang paling tebal diantara yang lainnya. Banyak juga yang menganggap salah satu bahan terbaik untuk kaos jika dibandingkan dengan bahan lainnya.

Combed 20s memiliki ketebalan atau gramasi mencapai 180-220 gr/m2 sehingga memiliki kekuatannya yang melampaui jenis-jenis lainnya. Selain kuat juga tetap nyaman digunakan dan cocok untuk dijadikan kaos sablon. Hanya saja memiliki harga yang lebih mahal dibanding lainnya.

Cotton Combed 24s

Cotton combed 24s adalah kualitas yang sedikit lebih baik daripada 20s. Angka "24s" mengindikasikan bahwa terdapat lebih banyak benang per inci, yang membuat kainnya lebih halus dan nyaman. Jenis ini memiliki gramasi atau ketebalan antara 170-210 grm/m2.

Menariknya 24s memiliki harga yang setingkat di bawah combed 20s dan 30s namun kualitasnya tidak terlampau jauh. Hanya saja jenis kain ini jarang ditemui di luar Bandung.

Cotton Combed 30s

Cotton combed 30s adalah kain katun dengan tingkat kehalusan yang lebih tinggi, bisa dibilang jenis katun ini termasuk yang best seller. Banyak produsen kaos lokal yang menjual brand kaos mereka dengan menggunakan kaos cotton combed 30S.

Angka "30s" menunjukkan bahwa benang yang digunakan lebih rapat dengan gramasi sekitar 140-160gr/m2 yang kini umum ditemukan. Kain ini memiliki karakter tipis dan lebih dingin saat digunakan dibandingkan kedua jenis combed sebelumnya.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas bisa kita simpulkan semakin besar angkanya contton combednya, semakin tipis bahan katunnya. Semakin kecil angka cotton combednya, semakin tebal bahan katun combednya.

Kembali ke pertanyaan awal, mana yang lebih bagus antara cotton Combed 20s, 24s, 30s? Jawabannya adalah tergantung kebutuhan masing-masing pengguna. Kalau pengguna berada di daerah berhawa dingin, maka yang lebih bagus adalah cotton combed 20s karena bahannya lebih tebal. Sedangkan jika pengguna berada di daerah yang berhawa panas cotton combed 30s lebih bagus daripada yang 20s atau yang 24s, karena bahannya lebih tipis.

Baca juga : Mengenal Bahan Scuba, Bahan Serbaguna Untuk Berbagai Jenis Busana
Sumber:
https://era.id/lifestyle/105298/cotton-combed-30s-24s-20s-bahan-mana-yang-paling-bagus-buat-kaos
https://barriermagz.com/cotton-combed-20s-24s-30s-40s-mana-yang-paling-bagus/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Meita Astaningrum lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Meita Astaningrum.

MA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini