Indonesia Kirim 20 Ton Material, Dukung Rehabilitasi Bandara di Vanuatu

Indonesia Kirim 20 Ton Material, Dukung Rehabilitasi Bandara di Vanuatu
info gambar utama

Indonesia mengirimkan 20 ton material dan bahan baku lain untuk mendukung rehabilitasi Bandara Internasional Port Vila di Vanuatu. Langkah ini bertujuan untuk membantu pemulihan wilayah yang terkena dampak topan Judy dan Kevin yang melanda Vanuatu pada awal Maret 2023.

Dikutip dari laman kemlu.go.id, bantuan material tersebut dikirimkan melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada Minggu (22/10). Adapun penanggung jawab proses penyaluran bantuan ini adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Langkah tersebut membuktikan solidaritas yang tinggi dari Indonesia kepada rakyat Vanuatu. Selain untuk memperbaiki infrastruktur, rehabilitasi bandara ini juga akan mempererat hubungan Indonesia dan Vanuatu. Terlebih lagi dengan keterlibatan kontraktor dan pekerja Indonesia, semakin menunjukkan kolaborasi kedua negara dalam menanggulangi bencana.

Menghormati kedaulatan negara

Vanuatu dikenal sebagai salah satu negara Pasifik yang pernah mengkritik Indonesia soal Papua di forum PBB. Representasi dari negara ini dikabarkan rutin menyerang Indonesia mengenai HAM masyarakat Papua di sidang majelis umum setiap tahunnya.

Namun, baru-baru ini Pemerintah Vanuatu melalui Perdana Menteri Jotham Napat Nauka bertandang ke Indonesia untuk mempererat hubungan kedua negara. Pihaknya menyatakan bahwa negaranya ingin menjalin kerja sama di berbagai bidang, salah satunya program sister city dan sister provinsi yang dimulai dari Provinsi Papua dan Vanuatu.

Dalam pertemuannya dengan Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin tersebut, Indonesia dan Vanuatu sepakat untuk terus mendorong hubungan bilateral yang saling menguntungkan dan saling menghormati, terutama terhadap kedaulatan dan keutuhan wilayah masing-masing negara.

Vanuatu Darurat Pasca Gempa-Topan, Indonesia Kirim Bantuan hingga Rp17 Miliar

Buka Kedubes di Indonesia

Untuk mendukung kerja sama kedua negara, Pemerintah Vanuatu juga berencana membuka kantor kedutaan besarnya di Indonesia. Kabar ini disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) Vanuatu Jothan Napat kepada Menlu Retno Marsudi dalam pertemuan bilateral yang berlangsung di Jakarta, Jumat (16/6/2023).

Dilansir dari CNBC Indonesia, Senin (23/10), Indonesia dan Vanuatu dalam pertemuan tersebut juga telah mengidentifikasi banyak agenda penting untuk ditindaklanjuti. Termasuk di antaranya adalah draf Persetujuan Pembebasan visa bagi Pemegang Paspor Diplomatik dan Dinas.

Sementara soal kerja sama ekonomi, kedua negara itu juga akan berkomitmen untuk memperkuat perdagangan dua arah dan siap untuk meningkatkan ekspor Indonesia ke Vanuatu. Indonesia pun berkomitmen untuk mendukung pembangunan di negara-negara Pasifik, seperti Vanuatu.

Seniman Papua dan NTT Curi Perhatian Warga Vanuatu di Festival Seni Budaya Melanesia

Referensi:

CNBC Indonesia. Sempat Serukan Papua Merdeka, Vanuatu Buka Kedutaan di RI. https://www.cnbcindonesia.com/news/20230616163321-4-446659/sempat-serukan-papua-merdeka-vanuatu-buka-kedutaan-di-ri

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini