Kudapan Ringan Tradisional Khas Indonesia Berbahan Dasar Pisang

Kudapan Ringan Tradisional Khas Indonesia Berbahan Dasar Pisang
info gambar utama

Indonesia dengan keragaman budaya dan kuliner yang kaya, dikenal dengan berbagai hidangan dan makanan tradisional yang lezat. Salah satu bahan dasar yang sering digunakan dalam hidangan tradisional Indonesia adalah pisang. Pisang bukan hanya buah yang lezat, tapi juga penuh nutrisi.

Kabar baiknya, pisang yang merupakan bahan utama pisang goreng, dinobatkan sebagai dessert paling enak di dunia versi Taste Atlas. Secara spesifik, seperti diinformasikan oleh CNBC Indonesia, pisang goreng dari Indonesia dinobatkan sebagai hidangan penutup terbaik di dunia dalam daftar daftar 50 'Best Deep-Fried Desserts in the World'. Pisang goreng menduduki posisi puncak dengan poin penilaian 4,60.

Tulisan ini akan mengulas kudapan ringan tradisional khas Indonesia berbahan dasar pisang yang tidak hanya menggugah selera, tetapi juga lezat ketika dirasa.

Lantas apa saja kudapan tersebut? Berikut ulasannya:

Pisang: Buah Serbaguna dalam Kuliner Indonesia

Pisang adalah salah satu buah yang paling melimpah di Indonesia, dengan berbagai jenis dan varietas yang dapat ditemukan di hampir seluruh provinsi dan kepulauan. Dalam tradisi kuliner Indonesia, pisang digunakan dalam berbagai bentuk, mulai dari hidangan penutup hingga camilan.

Selain rasa manisnya yang lezat, pisang juga mengandung nutrisi penting, seperti potassium, serat, dan vitamin B6, menjadikannya pilihan yang sehat untuk camilan sehari-hari. Sangat mengagumkan bukan! Berikut 5 kudapan ringan tradisional berbahan dasar pisang.

1. Keripik Pisang

Keripik Pisang adalah camilan kering yang sangat populer. Pisang dipotong tipis-tipis, kemudian digoreng hingga kering. Belakangan, keripik pisang divariasikan dengan berbagai varian rasa, dari rasa manis hingga gurih. Variasi paling umum adalah keripik pisang manis, yang dibalut dengan gula, menciptakan lapisan renyah yang sulit ditolak. Keripik Pisang sering dijadikan camilan ringan yang nikmat untuk disantap di waktu senggang sambil bercengkrama dengan orang tercinta.

2. Bolu Pisang

Bolu pisang adalah salah satu kudapan tradisional Indonesia yang populer. Rasanya nikmat, cocok baik dijadikan sebagai camilan sehari-hari sambil minum teh atau kopi. Maupun dijadikan hidangan spesial dalam perayaan atau acara khusus. Rasanya yang manis dan aroma pisang yang khas membuatnya menjadi salah satu kudapan tradisional yang cukup digemari di Indonesia. Pisang adalah bahan utama dalam pembuatan bolu pisang. Pisang yang digunakan biasanya sudah matang, lalu dihaluskan dan kemudian dicampurkan ke dalam adonan bolu.

3. Tape Pisang

Tape Pisang adalah makanan tradisional yang terbuat dari pisang yang difermentasi. Pisang yang digunakan biasanya pisang kepok atau pisang ambon yang matang. Pisang ini dihancurkan dan difermentasikan selama beberapa hari. Hasilnya adalah makanan yang memiliki rasa manis disertai rasa asam yang khas. Tape Pisang sering disantap sebagai camilan atau hidangan penutup. Biasanya hajatan di beberapa daerah seperti pesta pernikahan atau pesta syukuran kelahiran bayi turut menyediakan tape pisang sebagai dessert alias hidangan penutup.

4. Pisang Goreng

Pisang goreng adalah camilan yang sangat populer di Indonesia bahkan di banyak negara Asia Tenggara. Pisang matang dicelupkan ke dalam adonan tepung yang kaya rasa dan digoreng hingga berwarna cokelat keemasan. Belakangan pisang goreng tersedia dalam berbagai variasi, seperti pisang goreng Ttnduk (yang memiliki bentuk mirip tanduk), atau pisang goreng cokelat (dibalut dengan adonan cokelat). Rasanya gurih, manis, dan renyah, menjadikannya camilan yang disukai oleh semua usia.

5. Pisang Sale

Pisang Sale adalah kudapan tradisional khas Aceh. Biasanya dibuat menggunakan bahan baku pisang awak yang diawetkan dengan cara pengasapan. Kemudian, olahan pisang dikeringkan dengan cara dijemur. Tujuan penjemuran untuk mengurangi kadar air dalam buah pisang sehingga pisang sale bisa tahan lama. Bagaimana dengan rasanya? Sudah pasti nikmat!

Berbagai kudapan ringan tradisional Indonesia yang terbuat dari pisang memiliki rasa yang khas dan menggugah selera. Kudapan-kudapan ini adalah bukti dari kekayaan kuliner Indonesia dan warisan budayanya yang unik dan mengesankan. Kira-kira, Kawan GNFI udah mencoba kudapan yang mana saja, nih?

Referensi:

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20230217082743-33-414606/mantap-pisang-goreng-dinobatkan-camilan-terenak-di-dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

DR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini