Kawal Kreativitas Generasi Bangsa Hingga Jadi Seniman Muda

Kawal Kreativitas Generasi Bangsa Hingga Jadi Seniman Muda
info gambar utama

Selain terkenal akan kekayaan budaya yang dimiliki. Indonesia juga dikenal dengan negara yang kaya akan seninya, dimana hal tersebut tercatat dalam sejarah panjang dalam beberapa industri seperti musik, lukisan dan industri lainnya.

Banyaknya para pemuda di negara yang kaya akan seni ini dapat menghasilkan generasi yang kreatif dan berkualitas.

Seperti yang Kawan ketahui, banyak pagelaran acara seni yang diadakan di Indonesia dimana hal tersebut bertujuan untuk mengasah dan mengembangkan bakat para anak muda terutama di bidang seni.

Pergelaran pameran banyak yang bisa ditemui saat ini. Salah satunya pameran lukisan karya anak difabel pada 8 Februari 2023 dengan tema Unlimited Art di Semarang kemarin. Pameran tersebut menunjukkan bahwa keterbatasan seseorang tidak menjadi sebuah alasan untuk berhenti berkarya.

Selain itu, hasil karya seni yang dipamerkan dapat meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Para seniman akan sangat bangga apabila melihat hasil karyanya dapat dilihat hingga mendapat apresiasi dari banyak orang.

Tak hanya itu, beberapa sekolah menengah atas juga ikut memamerkan hasil karya siswanya. Berikut beberapa sekolah yang mengadakan pameran tersebut:

SMA LABSCHOOL, JAKARTA

Pameran SMA Labschool Jakarta di Museum Mandiri kawasan kota tua Jakarta
info gambar

Seperti yang diadakan oleh SMA Labschool Jakarta pada Juli 2023 kemarin dengan memamerkan 126 karya lukisan di Museum Mandiri kawasan Kota Tua, Jakarta. Pameran dengan tema Spring Tide Gala ini melibatkan 28 seniman muda yang merupakan anggota ekstrakulikuler Art Community of Labschool (Acolabs).

Tentu meskipun hasil karya tak sampai dipamerkan pada acara-acara besar, masih terdapat beberapa sekolah yang juga mengadakan pameran kecil-kecilan di sekolahnya sendiri, yang nantinya karya-karya tersebut tak hanya terhenti di ruang gallery ataupun di dinding sekolah tapi juga terdapat di beberapa museum besar di Indonesia.

SMA NEGERI 1 GENDING

Pameran SMA Negeri 1 Gending
info gambar

SMA NEGERI 1 GENDING, salah satu sekolah yang memamerkan hasil karya siswanya di sekolahnya sendiri pada bulan Maret 2023.

Memasuki Minggu tepat hari ujian praktek, salah satu guru seni budaya di sekolah tersebut yang bernama Indah Novitasari menggagaskan sebuah ide dengan membangun pergelaran pameran seni lukisan sebagai praktik untuk materi yang diajarkannya.

Sebanyak kurang lebih 300 karya baik dalam bentuk 2 dimensi maupun tiga dimensi dipamerkan. Setiap siswa memamerkan lukisannya di kelasnya masing-masing, dimana nantinya siswa kelas lain akan mengunjungi kelas tersebut satu sama lain secara bergantian.

Salah satu hasil lukisan siswa SMA Negeri 1 Gending
info gambar

Selain lewat lukisan yang berukuran 1 x 1 meter. Para siswa juga diminta untuk menghias kelasnya sekreatif mungkin. Tentunya juga untuk meningkatkan kerjasama antara teman sekelas.

Berbagai tema mereka pakai untuk menghiasi kelasnya agar terlihat menarik. Mulai dari tema monokrom, batik, hingga tema horor.

Ujian praktek sekaligus untuk mengasah kreativitas siswa ini membangkitkan semangat para siswa terutama penyuka seni.

Untuk mendukung kreativitas siswa tak hanya lewat acara besar-besaran. Mulai dari hal-hal kecil yang dimana hal tersebut nantinya akan memberi pengalaman dan pelajaran besar bagi siswa. Masih banyak anak muda di luar sana yang memiliki bakat dan minat yang perlu diasah. Melalui hal-hal kecil hingga besar, Kawan bisa menunjukkan hasil karya kawan agar dikenang banyak orang.

Mari Kawan dukung kreativitas anak muda untuk menghasilkan generasi terbaik dan berkualitas demi kemajuan bangsa Indonesia.

Kemajuan bangsa Indonesia juga berada di tangan para pemuda itu sendiri. Kawan sebagai generasi muda tentu memiliki bakat dan minat kawan sendiri yang apabila dikembangkan akan memberikan dampak bermanfaat, selain pada diri sendiri juga pada orang lain.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AT
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini