Whoosh: Menggenggam Masa Depan dengan Kenyamanan Perjalanan Cepat Jakarta-Bandung

Whoosh: Menggenggam Masa Depan dengan Kenyamanan Perjalanan Cepat Jakarta-Bandung
info gambar utama

Di bawah naungan bangunan beratap megah yang melindungi terik matahari, sebuah rangkaian kereta sedang bersiap untuk memulai perjalanan baru. Di saat yang sama, dari luar stasiun terlihat manusia berbondong-bondong masuk ke dalam bangunan besar yang belum lama dibangun tersebut dengan membawa barang bawaan digenggaman mereka.

enumpang-penumpang yang akan menaiki kereta segera menuju pemeriksaan barang untuk dapat memasuki ruang tunggu. Penumpang dari berbagai usia dari usia lanjut hingga balita mulai memadati ruang tunggu. Suasana gembira menyelimuti mereka ketika menanti keberangkatan kereta. Beberapa penumpang yang mengabadikan momen dengan berfoto, adapula yang menjelajah area stasiun. Seperti itulah suasana di stasiun kereta cepat yang telah lama digadang-gadang sejak didirikan PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) 8 tahun lalu.

"Whoosh", kereta cepat dengan rute Jakarta – Bandung, akhirnya telah diresmikan pada Senin (2/10/2023) oleh Presiden Jokowi. Sebuah pencapaian yang luarbiasa karena untuk pertama kalinya Indonesia memiliki kereta jarak jauh dengan kecepatan mencapai 350 kilometer per jam. Masyarakat menyambut dengan antusias dan penuh harapan akan kehadiran "Whoosh".

Masyarakat diberi kesempatan untuk merasakan sensasi menaiki "Whoosh" secara gratis melalui masa uji coba Whoosh sebelum mulai beroperasi secara komersil. Saat ini, Whoosh sudah beroperasi secara komersil sejak Rabu (18/10/2023), menghadirkan era baru dalam perjalanan cepat dan efisien bagi masyarakat Indonesia. Stasiun pemberhentian kereta cepat yang telah beroperasi saat ini yaitu Stasiun kereta cepat Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Situasi Stasiun Kereta Cepat Tegalluar
info gambar

Kenyamanan Menaiki Whoosh

Bagian terbaik dari menaiki "Whoosh" adalah kenyamanan selama perjalanan. Tidak hanya bagian luarnya yang terlihat modern, begitu memasuki gerbong akan disambut dengan desain kereta yang luas dan mewah. Terdapat tiga pilihan kelas berbeda dan ruang khusus difabel yang ditawarkan kepada penumpang untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi mereka selama perjalanan dengan kereta. Pastinya, semua kelas menawarkan layanan terbaik.

Bergerak menuju kursi penumpang, kamu dapat menikmati kursi yang empuk dan ruang kaki yang luas. Layanan makanan yang ditawarkan turut menciptakan pengalaman perjalanan yang istimewa. Fasilitas toilet didalam gerbong pun nyaman dan bersih, serta dilengkapi teknologi modern, seperti pintu yang cukup dibuka menggunakan tombol.

Di sisi lain, getaran yang dihasilkan ketika kereta berjalan sangat minim, penumpang dapat dengan tenang menikmati keindahan alam sepanjang perjalanan. Dari pemandangan perkotaan hingga panorama sawah hijau yang membentang di bawah sinar matahari, keindahan ini memikat penumpang dan membuat mereka merasa betah selama perjalanan dengan kereta ini. Tidak perlu khawatir dengan stres perjalanan jarak jauh.

Perjalanan Efisien dan Cepat dengan Whoosh

Kemacetan lalu lintas sering kali menjadi mimpi buruk bagi masyarakat. "Whoosh" menjadi solusi efisien bagi yang akan melakukan perjalanan Jakarta – Bandung. Sesuai dengan namanya "Whoosh" yang merupakan singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Hebat, kereta ini diharapkan menjadi perubahan era dalam menyingkat waktu perjalanan antara Jakarta dan Bandung.

Dengan kecepatan mengesankan yang dapat mencapai 350 kilometer per jam, perjalanan yang sebelumnya memakan waktu berjam-jam kini bisa diselesaikan dalam waktu tempuh hanya dalam waktu 36 hingga 44 menit. Tanpa terasa perjalanan telah sampai stasiun tujuan. Dengan selang waktu antar keberangkatan 20 - 30 menit, "Whoosh" memberikan sejumlah opsi jadwal perjalanan. Kamu dapat mengatur perjalanan untuk disesuaikan dengan jadwal kegiatan yang ada dengan lebih singkat dan lebih fleksibel.

Gerbong Dalam Kereta Cepat Whoosh
info gambar

Integrasi Transportasi yang Memudahkan

"Whoosh" juga dapat menjadi gerbang ke destinasi wisata karena kemudahan transportasinya. Jika ingin mengunjungi lokasi wisata disekitar stasiun Tegalluar, tidak perlu bingung akan transportasinya. Terdapat moda transportasi terintegrasi, yaitu Bus Damri yang akan mengantar ke lokasi wisata. Tiket bus Damri dapat dibeli disekitar stasiun dengan harga terjangkau.

Pemesanan Tiket yang Mudah

Pemesanan tiket kereta cepat “Whoosh” semakin mudah dengan berbagai opsi, dapat dilakukan secara offline melalui mesin tiket dan loket stasiun, maupun melalui secara online melalui sejumlah aplikasi mobile seperti: Whoosh, Access by KAI, Livin’ by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

Menaiki "Whoosh" merupakan pengalaman menarik yang patut dicoba, terutama jika kamu ingin berpergian ke Jakarta menuju Bandung atau sebaliknya. Kereta Cepat menjadi bukti nyata bahwa Indonesia telah meraih kemajuan dalam infrastruktur dan transportasi modern. Ini adalah tonggak sejarah yang akan terus membentuk masa depan perjalanan di negara ini. Sebuah mimpi yang akan membawa ke era transportasi modern dan efisien.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

SA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini