“Berbagi Rasa” di Hari Kesehatan Mental Sedunia

“Berbagi Rasa” di Hari Kesehatan Mental Sedunia
info gambar utama

Pentingnya kesehatan mental sudah menjadi hal yang disadari oleh khalayak umum dewasa ini. Mengapa penting? Memangnya apa sih Kesehatan mental itu?

Apa yang dimaksud dengan kesehatan mental? Menurut Kementerian Kesehatan, kesehatan mental yang baik adalah kondisi ketika batin kita berada dalam keadaan tentram dan tenang, sehingga memungkinkan kita untuk menikmati kehidupan sehari-hari dan menghargai orang lain di sekitar.

Kesehatan mental juga merupakan kondisi di mana seseorang merasa emosi di dalam dirinya itu stabil. Mengapa ini penting? Karena dengan stabilnya emosi kita, kita dapat lebih focus dalam mengerjakan berbagai hal terutama dalam berkegiatan sehari-hari.

Bertepatan dengan hari kesehatan mental sedunia, BEM KM UGM menggandeng pihak Kesehatan Mental UGM dalam rangkaian 3 hari acara “Berbagi Rasa”, acara ini diselenggarakan pada tanggal 27-29 Oktober 2023 di tiga tempat berbeda dan dengan tiga kegiatan utama yang berbeda pula seperti:

  1. Olah Raga – Jum’at, 27 Oktober 2023

Dilaksanakan di Gym Gadjah Mada Medical Center, sesuai Namanya, pada tanggal tersebut dilaksanakan olah raga berupa yoga bersama dengan tujuan menyegarkan kembali raga kita di penghujung pekan. Ini juga termasuk salah satu langkah untuk mencapai kondisi mental yang baik, Adapun contoh sederhana seperti jogging atau berjalan kaki yang dapat mengurangi rasa kecemasan dalam diri kita.

  1. Olah Pikir dan Konseling – Sabtu, 28 Oktober 2023

Sesi kali ini diselenggarakan di lantai 2 Dil Rani Restaurant Yogyakarta, open gate telah dibuka sejak pukul 08.00 WIB. Di sini saya sebagai salah satu peserta di dalamnya merasakan kesempatan yang luar biasa dapat memperoleh pemahaman baru dalam menyikapi topik mental health ini dari pembicara Internasional yakni Miss Mastin Rusmala dan Psikolog pendiri Wiloka Workshop yakni Ibu Peppy, serta dimoderatori oleh Mbak Erin selaku Duta Kesehatan Mental UGM.

Dalam sesi ini, dipaparkan cara menghadapi komunikasi dalam hubungan, stabilisasi emosi, juga tips menenangkan diri. Lalu sesi ini dilanjut dengan sesi konseling yang dilakukan secara hybrid, ada tempat tersendiri bagi yang mendaftar konseling secara offline maupun online menggunakan zoom meeting.

  1. Olah Rasa – Minggu, 29 Oktober 2023

Olah rasa merupakan acara puncak dari serangkaian acara Berbagi Rasa, selama 3 hari ke belakang ini. Acara berada di auditorium fakultas biologi UGM dan open gate sudah dilakukan sejak pukul 12.00 WIB. Saya kebetulan juga menjadi salah satu peserta sekaligus Talent yang terpilih untuk meramaikan acara pada hari itu. Ada beberapa macam penampilan Talent di sini, ada lukisan, digital art seperti yang saya tampilkan, ada seni tari, monolog, seni musik, dan musikalisasi puisi.

Sesaat setelah melakukan registrasi, peserta akan diajak berkeliling menikmati lukisan dan digital art bertemakan seputar mental health, ada beragam karya unik yang memiliki makna mendalam. Lalu saat sampai di ruang selanjutnya untuk melangsungkan acara utama, peserta diperkenalkan dengan Menteri Kesehatan Mental, Duta Kesehatan Mental, dan juga Founder Debydubidam yang akan turut membagikan pemahaman mereka mengenai kesehatan mental. Adapun peserta disuguhkan dengan penampilan para Talent seni tari, seni musik, monolog, dan musikalisasi puisi di tengah-tengah acara olah rasa ini yang sangat menggugah perasaan siapapun yang menyaksikan penampilan mereka semua sesuai dengan nama sesi acara kali ini, olah rasa.

Para panitia selaku pihak-pihak yang berkolaborasi dalam perayaan hari kesehatan mental sedunia, BEM KM UGM dan Kesehatan Mental UGM, berharap ke depannya setelah serangkaian acara ini para peserta dapat lebih mengenali diri sendiri, merawat kesehatan fisik dan mental, serta lebih paham dan peduli terhadap pentingnya kesehatan mental terutama di era sekarang ini.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

KA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini