"From Buncit Raya to Negeri Sakura: Mempersiapkan Keterampilan untuk Sukses di Jepang”

"From Buncit Raya to Negeri Sakura: Mempersiapkan Keterampilan untuk Sukses di Jepang”
info gambar utama

Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) telah membuktikan diri sebagai gerbang menuju kesempatan berkarier di luar negeri bagi banyak individu berbakat di Indonesia khususnya masyarakat kota Jakarta.

Salah satu bukti dari hal ini adalah pihak PPKD Jakarta Selatan.Berkat dedikasi dan upaya kolektif, PPKD Jakarta Selatan telah berhasil mengirimkan para peserta pelatihannya untuk mengasah keahlian di Tanah Matahari Terbit, Jepang.

Ke-4 Peserta PPKD Jakarta Selatan telah berhasil menunjukkan tingkat dedikasi dan keterampilan yang mengesankan selama pelatihan kejuruan mereka.Mereka diseleksi melalui serangkaian tahapan seleksi yang ketat meliputi keterampilan teknis, kemampuan bahasa Jepang, dan kesiapan mental untuk lingkungan kerja yang profesional di Jepang nantinya.

Keberhasilan mereka ini dapat terciptakan selain dengan bakat gemilang mereka, namun juga merupakan bentuk hasil kerjasama antara Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi Provinsi DKI Jakarta dan PPKD Jakarta Selatan dengan LPK Jakaruta Global Group.Dimana selama kerjasama ini jumlah peserta pelatihan yang sudah diberangkatkan ke Jepang sebanyak 21 Orang.

Mengutip dari laman Instagram PPKD Jakarta Selatan https://www.instagram.com/p/Cx-HtimyiwW/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng%3D%3D&img_index=1 "Keempatnya akan diberangkatkan setelah mendapat sertifikat pelatihan dari PPKD Jakarta Selatan dan telah mengikuti training center di LPK Jakaruta Global Group.Mereka merupakan bagian dari 9 peserta pelatihan Bahasa Jepang.Dimana 5 peserta lainnya telah terlebih dahulu berangkat magang ke Jepang.

Keempat lulusan PPKD Jakarta Selatan yang akan berangkat ke Jepang, diantaranya;
- M Alif Balya yang akan diberangkatan pada tanggal 9 Oktober 2023 untuk magang kerja di bidang konstruksi di Tokyo
- Ananda Abistha Avram yang akan diberangkatkan pada bulan November 2023 untuk magang kerja di bi Perfektur AICHI
- Prana Abdul Malik yang akan diberangkatkan pada bulan November 2023 untuk magang kerja di Perfektur AICHI, dan
- Gemilang Mahardika yang akan diberangkatan pada bulan January untuk magang kerja di bidang peternakan ayam petelur di Nagasaki".

Para peserta PPKD yang kembali dari Jepang nanti pastinya akan membawa pulang pengalaman dan keterampilan baru serta wawasan internasional yang berharga.Mereka tidak hanya meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, tetapi juga berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan perkembangan industri di negara ini.

Program PPKD telah membuka pintu bagi banyak individu untuk mewujudkan impian mereka bekerja di luar negeri, terutama di Jepang.Dengan terus meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan, PPKD berperan penting dalam mempersiapkan tenaga kerja Indonesia untuk bersaing di pasar global.Keberhasilan para peserta PPKD adalah bukti nyata bahwa dengan kesempatan yang tepat, potensi tak terbatas dapat diwujudkan.

Bagi Kawan GNFI terkhusus bertempat tinggal di Jakarta Selatan yang berminat mencari tempat untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki atau mencari skill baru yang berguna untuk dunia kerja nantinya, PPKD Jakarta Selatan adalah pilihan yang tepat.Kawan bisa mengunjungi akun Instagram resmi mereka di https://www.instagram.com/ppkdjsofficial atau kunjungi website https://ppkdjakartaselatan.com/ untuk informasi lebih detail mengenai proses pendaftaran dan pelatihan di PPKD Jakarta Selatan nantinya.

Bagi Kawan GNFI yang berasal dari kawasan administrasi Jakarta lainnya, bisa di cek pada daerahnya masing-masing yaa.Teruntuk Kawan GNFI dari daerah lain selain Kota Jakarta, saat ini belum ada keterangan lebih lanjut apakah ada program pelatihan kerja resmi dari Pemerintah Daerah seperti PPKD di daerah lain selain kota Jakarta.Semoga kedepannya dapat diadakan sehingga kawan dapat mengembangkan ilmu/bakat kerja yang dipunya yaa, aamiin.

Sekian, semoga #goodnewsfromindonesia ini dapat menginspirasi kalian ya Kawan GNFI.Terima kasih atas waktu kalian dan mohon maaf bila ada salah penulisan kata dan tafsiran, #salaminspirasi #kabarbaiksatuindonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AG
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini