Menjaga Kelestarian Budaya dalam Peringatan Hari Kartini

Menjaga Kelestarian Budaya dalam Peringatan Hari Kartini
info gambar utama

#LombaArtikelIPKN2023 #PekanKebudayaanNasional2023 #IndonesiaMelumbung untuk Melambung

Hari Kartini menjadi sebuah hari yang spesial setiap tahunnya bagi masyarakat Indonesia terkhususnya bagi kaum wanita. Tentu kawan-kawan GNFI pasti pernah ikut memperingati hari Kartini, yang diperingati setiap tanggal 21 April.

Hari Kartini merupakan sebuah hari peringatan akan sosok yang sangat berpengaruh bagi Indonesia, terlebih khusus terhadap kaum Wanita. Sosok tersebut adalah Raden Ayu Adipati Kartini Djojoadhiningrat atau beliau sering di sebut dengan gelarnya sebelum menikah yaitu Raden Ajeng Kartini. Kartini adalah sosok Pahlawan Indonesia, seorang pejuang emansipasi kaum wanita pada jamannya.

Karena perjuangannya tersebut kaum wanita dapat berkontribusi terhadap banyak hal dan bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-cita dan keinginan mereka, dibandingkan terdahulu kaum wanita merupakan sosok yang harus hanya berdiam di rumah dan mengurus anak dan suami.

Kartini merubah pandangan bahwa perempuan-perempuan bangsawan saja yang dapat mengenyam pendidikan yang tinggi, ia dengan gagah dan berani berjuang mewujudkan kesetaraan kesempatan antara kaum laki-laki dan kaum wanita, terutama dalam bidang pendidikan dan secara umum kesetaraan gender di semua bidang.

Banyak sekali wanita-wanita hebat yang sudah menjadi sosok panutan dan pahlawan bangsa. Kita sekalian harus sangat bangga bisa memiliki tokoh-tokoh wanita yang kuat.

Dalam memperingati hari Kartini, penulis ingin membagikan kepada kawan-kawan GNFI pengalaman berharga yang pernah dialami penulis selama memperingati hari Kartini yaitu pada tanggal 21 April 2022.

Sebagai siswa SMA TARUNA NUSANTARA sudah menjadi suatu kewajiban bagi setiap siswanya untuk mencintai dan melestarikan kebudayaan Indonesia, bagaimana tidak dalam lambangnya saja tercantum dengan jelas "Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa." Hari Kartini adalah salah satu hari yang sangat penting di SMA TN, banyak sekali rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dalam memperingati hari tersebut.

Puncak dari rangkaian kegiatan peringatan hari kartini 2022 adalah hari kamis 21 April 2022. Kegiatan diawali dengan upacara bendera yang diikuti oleh setiap siswa, pamong dan para pengurus SMA Taruna Nusantara.

Berbeda dari upacara-upacara lainnya yang sering dilaksanakan, upacara dalam rangka hari Kartini tersebut mewajibkan setiap siswa, pamong, dan seluruh pengurus untuk mengenakan pakaian tradisonal, beskap, dan blangkon untuk para pria, untuk wanita menggunakan jarit kebaya.

Tujuan dari hal tersebut ialah dalam rangka melestarikan kebudayaan Nusantara, dengan menggunakan pakaian-pakaian tradisonal setiap siswa dapat merefleksikan jiwa kejuangan Kartini yaitu salah satunya dengan melestarikan budaya.

Upacara dalam memperingati hari Kartini ini mewajibkan semua petugas upacara kaum wanita. Saya penulis yang merupakan seorang perempuan dan menjadi salah satu petugas upacara (penulis : Mengenakan kebaya berwarna merah muda sebagai komandan peleton ) merasa sangat bangga mengenakan salah satu warisan bangsa dan ikon busana kaum wanita pada zamannya yaitu kebaya.

Penggunaan kebaya pada zaman dahulu memainkan peran-peran yang sangat penting, dimana pada zaman dahulu kebaya adalah salah satu busana formal yang hanya boleh digunakan pada acara kenegaraan dan acara-acara penting lainnya.

Soekarno menetapkan kebaya sebagai busana nasional, karena menurutnya kebaya merupakan busana yang memancarkan identitas perempuan Indonesia. Peran kebaya sebagai identitas perempuan Indonesia harus terus kita lestarikan, kebaya yang memancarkan nilai-nilai seperti anggun, indah, kehalusan dan sikap wanita yang harus serba lembut mendefiniskan identitas kita sebenarnya.

Sehingga sangat terpancarkan kharisma yang sangat kuat ketika kita kaum wanita mengenakannya, kita patut berbangga !

Upacara memperingati hari kartini yang dipimpin oleh para wanita (Galeri foto pribadi)
info gambar

Setelah pelaksanaan upacara kegiatan, diteruskan dengan acara-acara hiburan dan penyerahan hadiah lomba-lomba bagi seluruh siswa SMA Taruna Nusantara yang berlangsung di balairung pancasila.

Acara hiburan dimeriahkan dengan beragam kegiatan mulai dari baca puisi, ensambel gitar, resital piano, band siswa-pamong, vokal grup, paduan suara, tari tradisional pucuk minang, gamelan dan kolaborasi video.

Salah satu kegiatan yang sangat menarik selama peringatan ini ialah diadakannya seminar hari Kartini, dimana pembicara dalam seminar tersebut semuanya adalah wanita, dengan tema "Meningkatkan kualitas perempuan Indonesia menjadi Wanita Tangguh yang Berkarakter, Cerdas, dan Bijaksana. "

Dilaksanakan pada tanggal 16 April 2022 yang menghadirkan narasumber-narasumber spesial yang juga beberapa merupakan alumni dari Almameter tercintai SMA Taruna Nusantara. Narasumber tersebut ialah Hj.Alissa Wahid S.Psi., Dr. Fanti Saktini, M.Si.Med., Sp.Kj. (TN 7), Kompol Aruma Chandra Dewi, S.I.K., M.Krim. (TN 7), Lettu Chb (K) Eka Indri Widatri, S.Tr.(Han) (TN 21), Letda Laut (P/W) Ussy Laras Ayu, S.Tr.(Han) (TN 22). Seminar ini juga terbuka bagi umum jika ada yang tertarik ingin mengikuti seminar tersebut, seminar dilakukan secara offline dan online via zoom.

Siapapun yang ingin mengikuti seminar ini dapat dengan mudah mendaftarkan diri. Selama seminar berjalan banyak sekali inspirasi-inspirasi yang dapat diambil melalui pengalaman yang telah dialami para narasumber, mulai dari perjuangan mereka dalam meraih cita-cita hingga kesan para alumni TN selama mereka menjadi siswa SMA TN dan pesan bagi para adik-adik yang masih harus menempuh pendidikan di SMA TN. Terkhususnya bagi para siswi, ini merupakan sebuah pengalaman yang berharga.

Menjadi seorang wanita merupakan salah satu anugerah terbaik bagi saya, bisa dilahirkan oleh seorang wanita yaitu ibu, membesarkan, merawat saya hingga saat ini merupakan sebuah berkat yang sangat luar biasa.

Membicarakan tentang sosok wanita memang tak pernah ada habisnya, saya yakin kawan-kawan GNFI merasakan betapa besar jasa dan peran yang sangat berharga dari sosok wanita di dalam kehidupan kawan-kawan.

Wanita merupakan suatu lambang kehormatan yang harus selalu dijaga, kita sebagai kaum wanita terlahir dengan tujuan dan tanggung jawab yang besar. Warisan dari para nenek moyang, harus kita jadikan pijakan langkah untuk terus naik melanjutkan perjuangan.

Tidak ada alasan lagi untuk kita kaum wanita tidak memperjuangkan apa yang sudah dititipkan wanita-wanita hebat dahulu. Salah satu contoh nyata melanjutkan perjuangan adalah selama saya menjadi siswa di SMA TN saya bertemu dengan teman-teman yang berasal dari berbagi pelosok Nusantara.

Kita bersatu di SMA Taruna Nusantara, membuat kita sadar bagaimana nilai multikultural menjadi nilai yang sangat penting selama menjalani hidup sebagai siswa. Bertemu dengan teman-teman dengan latar belakang daerah yang berbeda-beda memberikan wawasan baru akan begitu beragamnya kebudayaan yang ada di Indonesia.

Salah satu sumpah sakral yang di ucapkan oleh alumni dan siswa SMA TN yaitu "Memberikan karya terbaik bagi masyarakat, bangsa, negara dan dunia." Hal tersebut merupakan salah satu implementasi akan rasa cinta tanah air yang harus ditetapkan oleh kita semua. Jadi kawan-kawan GNFI, mari kita memberikan karya-karya terbaik demi Indonesia !

Referensi:

Peringatan Hari Kartini 2022. tarunanusantara.sch.id. 22 April 2022. 1 November 2023. https://tarunanusantara.sch.id/blog/peringatan-hari-kartini-2022

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan. Artikel ini dilengkapi fitur Wikipedia Preview, kerjasama Wikimedia Foundation dan Good News From Indonesia.

JP
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini