Metro Terus Dorong Penguatan Ecosistem Cashless Society

Metro Terus Dorong Penguatan Ecosistem Cashless Society
info gambar utama

Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) adalah suatu upaya yang terpadu dan terintegrasi untuk mengubah transaksi pendapatan dan belanja pemerintah daerah dari tunai menjadi nontunai berbasis digital dengan tujuan untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah. Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah yang selanjutnya disebut Satgas P2DD adalah satuan tugas yang dibentuk dengan tujuan mempercepat dan memperluas digitalisasi daerah sebagaimana dimaksud dalam Keputusan Presiden Nomor 3 Tahun 2021 tentang Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah.

Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah yang selanjutnya disebut TP2DD adalah forum koordinasi antar instansi dan pemangku kepentingan terkait di tingkat provinsi dan kabupaten/kota yang dibentuk untuk mendorong inovasi, mempercepat dan memperluas pelaksanaan ETPD, serta mendorong integrasi ekonomi dan keuangan digital dalam rangka mewujudkan efisiensi, efektifitas, transparansi, dan tata kelola keuangan yang terintegrasi.

Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Kota Metro sendiri tengah bersiap untuk menggelar High Level Meeting (HLM) pada Senin 6 November 2023 mendatang. Acara HLM ini akan diikuti oleh sejumlah Kepala OPD yang terkait dengan pengelolaan retribusi daerah dalam rangka penandatanganan pakta integritas yang disaksikan oleh Walikota, Ketua DPRD dan Perwakilan Bank Indonesia Lampung. Beberapa OPD yang terlibat diantaranya adalah BPKAD, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Dinas Perkim, Dinas PUTR, Disporapar, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Perdagangan serta Satpol PP.

Selain itu juga akan dilakukan penandatangan perjanjian kerjasama Pemeritah Kota Metro bersama PT POS, BCA dan Bank Lampung dan dilakukan peluncuran Sistem Pelayanan Pajak Online (SiPPOL) Kota Metro, pemberian penghargaan tingkat kepatuhan wajib pajak serta diskusi panel HLM. SiPPOL ini merupakan pengembangan lebih lanjut dari CITIGOV. Pemkot Metro sendiri menurutnya adalah upaya rebranding aplikasi CITIGOV dalam upaya mendorong akeselerasi digitalisasi pembayaran pajak online sebagai komitmen untuk mendorong digitalisasi dan Elektronifikasi Transaksi Pemerintah (ETP).

Lewat HLM ini diharapkan akan lahir komitmen bersama dalam mendorong percepatan Ecosistem Cashless Society di lingkungan Pemerintah Kota Metro. Kabar baik terkait hal ini adalah pada tahun 2023 ini Kota Metro berhasil meningkatkan skor lndeks Elektronifikasi Transaksi Daerah (IETD) menjadi 92,2 persen.Penilaian IETPD yang dilakukan oleh Bank Indonesia tersebut menempatkan Metro pada kategori digital.

Pada tahun sebelumnya skor IETPD Metro adalah 90,4 persen dan berada dalam kategori Kota Maju. Lewat berbagai upaya yang dilakukan hasil penilaian semester 1 2023 berada di angka 92,2 persen dan masuk kategori digital. Peningkatan skor IETPD ini sendiri terjadi berkat peran serta OPD,masyarakat,para pelaku usaha dan sektor Perbankan yang ada di Kota Metro.

Selain peningkatan kinerja OPD, berbagai gelaran even-even yang digelar berbagai komunitas masyarakat yang kini juga telah dilakukan dengan transaksi non tunai tentu berkontribusi dalam meningkatkan skor IETPD Kota Metro. Beberapa festival yang digelar di Kota Metro selama tahun 2023 telah menerapkan transaksi non tunai diantaranya adalah Metro Clothing Night, Metro Culinary and Finance Fest, Bersukaria serta Lampung Culinary Night.

Meski demikian literasi dan edukasi terhadap masyarakat harus terus dilakulan agar digitalisasi transaksi akan terus meningkat. Selain itu penting bagi pemerintah untuk terus menambah kanal-kanal pembayaran agar memudahkan masyarakat. Kerjasama dengan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP), merupakan salah satu upaya perluasan pembayaran pajak non tunai berbasis digital sebagaimana yang diamanatkan Permendagri Nomor 56 Tahun 2021 diharapkan akan mempercepat proses digitalisasi keuangan daerah serta memperkuat ecosistem cashless society.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

OW
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini