Korea Masters 2023, Panggung Debut Pasangan Baru Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat

Korea Masters 2023, Panggung Debut Pasangan Baru Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat
info gambar utama

Korea Masters 2023 di depan mata. Turnamen bulu tangkis BWF ini bakal digelar di Gwangju, Korea Selatan, pada 7 hingga 12 November mendatang.

Bagi jagat bulu tangkis Tanah Air, ajang tersebut akan spesial. Sebab, pasangan ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat akan menjalani debutnya di sana.

Ya, Kevin/Rahmat adalah pasangan baru yang dimiliki Indonesia. Berdasarkan jadwal, mereka akan mengawali Korea Masters 2023 dengan menghadapi pasangan tuan rumah, Jin Yong/Ki Dong Ju, di babak pertama, yang mana itu sekaligus bakal jadi pertandingan resmi pertama pasangan satu ini.

Borneo Hornbills, Semangat Baru Bola Basket Kalimantan di IBL 2024

Menggantikan Minions

Sebelum berpasangan dengan Rahmat, Kevin adalah pasangan bagi Marcus Frenaldi Gideon. Keduanya dikenal dengan julukan The Minions karena mereka kerap memang saat bertanding dengan pakaian kuning dan biru seperti yang dipakai karakter Minion.

Sementara itu, Rahmat sebelumnya berpasangan dengan Rayhan Nur Fadillah. Ia pun sempat bermain bersama Pramudya Kusumawardana pada 2022 lalu. Hasilnya, mereka meraih gelar Indonesia International Challenge 2022 dan Indonesia Masters 2022 Super 100.

Terbentuknya pasangan Kevin/Rahmat bermula dari cederanya Marcus jelang tampil di Indonesia Open 2023 pada Juni lalu. Saat itu, The Minions sampai harus mundur dari turnamen.

Cedera membuat Marcus harus menepi untuk memulihkan diri. Kevin yang diberi kesempatan untuk menentukan pasangan barunya pun menjatuhkan pilihan kepada Rahmat.

"Mungkin karena Rahmat sudah di tim utama, sering sparring, kadang diajak makan, jalan juga sama Kevin. Komunikasinya lebih nyambung.” ujar Pelatih Herry Iman Pierngadi pada Juni lalu.

Sebelum Kevin akhirnya berpasangan dengan Rahmat, penampilan terakhir The Minions adalah di Singapore Open 2023. Hasilnya terbilang kurang baik karena mereka hanya mencapai babak 16 besar setelah disingkirkan duo Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Debut Kevin/Rahmat bisa dibilang agak terlambat. PBSI sudah mengumumkan duet keduanya sejak 28 Juni lalu. Mereka awalnya diplot untuk tampil di Indonesia International Challenge (IIC) 2023, 29 Agustus-3 September, namun batal.

Sementara Kevin siap debut bersama Rahmat, Marcus juga sudah punya pasangan baru, yakni Rayhan yang sebelumnya adalah tandem Rahmat. Pasangan Marcus/Rayhan direncanakan bakal debut dalam turnamen di India pada Desember mendatang.

Di Korea Masters 2023, Kevin/Rahmat akan mewakili Indonesia bersama tujuh atlet lainnya. Berikut skuad Indonesia di ajang tersebut:

Tunggal Putra: Shesar Hiren Rhustavito, Alwi Farhan

Tunggal Putri: Putri Kusuma Wardani, Komang Ayu Cahya Dewi, Ester Nurumi Tri Wardoyo

Ganda Putra: Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rahmat Hidayat

Ganda Campuran: Adnan Maulana/Nita Violina Marwah

Skuad Timnas U-17 Indonesia di Piala Dunia U-17 2023: Ada Pemain Sao Paulo dan Hoffenheim

Referensi:

  • https://pbsi.id/2023/07/07/herry-ip-kevin-akan-coba-dipasangkan-dengan-rahmat/



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini