Melestarikan Budaya Bangsa

Melestarikan Budaya Bangsa
info gambar utama

#LombaArtikelPkn2023 #PekanKebudayaanNasional2023 #IndonesiaMelumbungUntukMelambung


Kebudayaan adalah sesuatu yang sudah melekat disetiap daerah, terkadang daerah tertentu memiliki kebudayaan tersendiri yang sudah turun-temurun dan dilakukan disetiap momen tertentu.

Momen langkah seperti ini selalu dinantikan oleh kebanyakan orang, bahkan menyiapkan dana sudah jauh-jauh hari untuk tampil memukau.

Seperti karnaval yang tidak asing lagi ditelinga kita, karnaval disebut juga pesta atau perayaan, baik tentang adat yang ditampilkan, tugu dan patung yang telah dibuat oleh warga secara bergotong royong.

Karena karnaval menampilkan berbagai keragaman budaya, tentang baju adat yang dipakai, sampai tokoh-tokoh pejuang yang ditampilkan saat karnaval, juga sebagai sarana kita untuk mengenang para pejuang.

Setiap dusun, lembaga, dan komunitas tertentu menampilkan beberapa karya budaya, dan berusaha manampilkan karya mereka sebaik-baiknya, dan semenarik mungkin bahkan sampai ada yang dilombakan untuk menambah semangat dengan antusiasme yang tinggi.

Terkadang hanya untuk mengikuti acara kebudayaan, seseorang bisa sangat antusias dengan menyewa baju adat bahkan meminjam baju, sepatu, kesana kemari agar tampil kompak dan menyemarakkan acara karnaval itu sendiri.

Dengan membuat atribut dan baju yang dibuat sendiri dengan dimodif sangat unik dan sangat-sangat kreatif, mulai dari kresek warna-warni yang digunting-gunting, besek yang diikat dan dijadikan rok peengantin, sendok-sendok plastik yang direkatkan dibaju, sehingga menyerupai angsa, kardus-kardus yang dipotong menjadi kapal laut, dan masiih banyak lagi kreatifitas-kreatifitas tanpa batas yang dimiliki.

Setiap dusun, lemabaga dan komunitas terkadang ada yang menyewa satu pick up untuk mengangkut sound system hanya untuk memeriahkan suasana dengan musik-musik yang akan diarak disepanjang jalan.

Belum lagi penampilan drumband dari tiap sekolah, bahkan ada yang mendatangkan drumband dari luar kota untuk menambah kemeriahan karnaval.

Diselingi acara baris berbaris santai dari TPQ, madrasah, taman kanak-kanak hingga komunitas-komunitas setempat.

Dengan atraksi-atraksi kesenian daerah dan berjoget dengan tarian-tarian tertentu yang sudah dilatih sebelumnya.

Untuk rute karnaval biasanya selalu ditentukan jauh-jauh hari dengan musyawarah bersama oleh warga, memilih rute yang aman untuk memudahkan akses jalan.

Agar tidak terjadinya macet biasanya menutup akses jalan yang digunakan untuk rute karnaval.

Bisa dibayangkan jika setiap tahun tidak ada kegiatan karnaval lagi dibulan agustus, pasti akan terasa sepi dan banyak yang merindukan suasana kebersamaan itu.

Beberapa manfaat adanya karanval :

1. Membentuk masyarakat yang kompak dalam bergotong royong,

2. Menumbuhkan rasa saling memiliki,

3 Menegerti arti berkorban wakttu, tenaga, dan uang,

4. Mengerti arti keberagaman budaya disetiap daerah,

5. Melatih kreatifitas dengan memodifikasi baju saat karnaval dengan cara-cara yang unik,

6. Memberikan rasa kebanggaan tersendiri terhadap budaya daerah itu sendiri.

Upaya dalam melestarikan kebudayaan :

1. Tetap ikut mempertahankan acara kebudayaan dari tahun ketahun, seperti yang dilakukan leluhur kita,

2. Tidak terpengaruh budaya asing, tetap mempertahankan budaya sendiri, karena budaya sendiri lebih memiliki pesan moral tersendiri,

3. Ikut terus melestarikan budaya bangsa,

4 Memperkenalkan budaya kita keturun-temurun dan dari generasi kegenerasi,

5. Menumbuhkan rasa saling memilki terhadap kebudayaan yang beragam diindonesia,

Itulah upaya yang bisa dilakukan dalam melestarikan kebudayaan kita dengan menumbuhkan rasa saling memiliki yang tinggi, karena dengan ikut melestarikan kebudayaan, kita juga akan menambah rasa nasionalisme kita untuk indonesia kita tercinta dari generasi ke generasi.

Semoga masyarakat indonesia selalu menjunjung tinggi tentang kebudayaan negeri sendiri yang banyak keanekaragaman budayanya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini