Lagu Anak Upaya Melestarikan Budaya Sejak Dini

Lagu Anak Upaya Melestarikan Budaya Sejak Dini
info gambar utama

#LombaArtikelPKN2023 #PekanKebudayaanNasional2023 #IndonesiaMelumbung untuk Melambung

Kebudayaan tidak akan pernah lepas dari kehidupan bermasyarakat, karena masyarakatlah yang menciptakan, melahirkan, menumbuhkan, mengembangkan, mewariskan hingga melestarikan budaya. Kebudayaan yang akhirnya menjadikan kehidupan bermasyarakat memiliki identitas, norma, serta kebiasaan yang tampak dari perilaku kehidupan masyarakat itu sendiri. Sehingga kebudayaan dari suatu komunitas masyarakat bisa jadi berbeda dengan komunitas masyarakat yang lain. Atau bila dalam lingkup yang lebih luas, dapat dicontohkan bahwa setiap bangsa memiliki kebudayaan yang khas, berbeda dengan bangsa lain. Setiap bangsa memiliki nilai budayanya masing-masing.

Bangsa Indonesia yang besar ini, sudah pasti memiliki kekayaan budaya yang sangat banyak dan beragam. Seperti suku bangsa, agama, adat istiadat, bahasa dan masih banyak lagi, menjadikan Indonesia memiliki kekayaan budaya yang melimpah dan berbeda-beda. Bersyukurlah kita memiliki semboyan Bhineka Tunggal Ika, sehingga budaya yang tampak dari masyarakat Indonesia adalah dapat hidup dengan rukun berdampingan mesti memiliki banyak perbedaan. Justru dengan adanya beragam perbedaan itu, rakyat Indonesia menjadi semakin solid dan bersatu.

Untuk membangun, memupuk dan mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa ini adalah tugas kita semua sebagai warga negara Indonesia. Maka menjadi tanggung jawab kita bersama untuk menanamkan, mewariskan nilai-nilai budaya Indonesia dari generasi ke generasi, agar identitas sebagai bangsa dan persatuan Indonesia dapat terus terjaga, kokoh dan lestari.

Beragam cara dapat kita lakukan, berkontribusi melalui bidang apapun sesuai kemampuan meski tampak kecil sekalipun. Mewariskan nilai-nilai budaya pada generasi penerus dapat kita lakukan sejak dini, dimulai dari lingkungan yang terdekat seperti keluarga, sekolah dan masyarakat sekitar tempat tinggal. Beragam cara dapat dilakukan agar nilai-nilai luhur budaya bangsa ini dapat ditanamkan kepada generasi penerus, bahkan sejak dini. Salah satu caranya melalui lagu.

Lagu merupakan salah satu bentuk seni yang dapat kita jadikan sebagai sarana untuk menanamkan nilai-nilai budaya sejak dini, terutama pada anak-anak. Lagu dapat menjadi sarana yang efektif dalam penyampaian nilai-nilai budaya. Lagu ibarat bahasa universal, dimana semua anak-anak senang dengan lagu. Mengedukasi anak melalui lagu ternyata sangat efektif. Anak dengan mudah dapat mencerna dan menerima pesan dari lagu tersebut dengan riang gembira. Terekam dan tertanam dengan kuat di pikiran dan jiwa anak-anak. Contohnya seperti lagu Satu-satu aku sayang ibu; Dua-dua juga sayang ayah; Tiga-tiga sayang adik kakak; Satu dua tiga sayang semuanya.

Lagu ini sangat sederhana, mengajarkan anak agar menyanyangi orang tua, saudara dan sesama. Liriknya sesuai dengan usia anak, mudah dimengerti dan diingat. Sehingga nilai budaya yang diajarkan yaitu saling menyayangi antar sesama makhluk Tuhan dapat teringat dan tertanam kuat dalam pikiran dan jiwa anak-anak.

Menjadi pencipta lagu anak tentu tidak mudah, terlebih di saat industri lagu anak saat ini tampak lesu tak bergairah. Perlu dukungan dari banyak kalangan masyarakat, industri hingga pemerintah agar lagu anak Indonesia mendapat tempat yang sejajar dengan lagu-lagu dewasa bahkan lagu-lagu dari luar Indonesia. Maka menjadi suatu perjuangan agar lagu anak dapat bangkit, menjadi sarana yang menggembirakan dalam pembelajaran dan pembentukkan karakter anak-anak Indonesia.

Terkait dengan kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional 2023, diharapkan menjadi momentum untuk memperkuat nilai-nilai luhur budaya Indonesia bagi semua elemen masyarakat. Laksana lumbung, dimana anak-anak pun termasuk di dalamnya, yang turut merasakan adanya perhatian dari pemerintah bagi mereka, anak-anak Indonesia. Perbanyak kegiatan terkait budaya yang melibatkan masyarakat baik perorangan maupun kelompok, baik swasta maupun pemerintah yang fokus pada membangun karakter anak-anak Indonesia yang berbudaya luhur. Hal ini dapat merangsang munculnya insan-insan kreatif yang akan memperkaya hasanah lagu anak Indonesia. Mari kita bersama mendorong bangkitnya Lagu Anak, sebagai salah satu sarana yang efektif dalam membentuk karakter dan menanamkan nilai-nilai budaya bagi anak-anak kita.

Kunjungi https://www.youtube.com/@noors1106 untuk melihat beberapa karya lagu anak yang telah di upload dalam channel youtube Noor’s.

Berfoto bersama Menteri Kemenparekraf Mari Elka Pangestu, mantan penyanyi cilik Adi Bing Slamet, Chikita Meidy, Melisa, Indra Bekti, penyanyi cilik dan para pencipta lagu anak terpilih. Festival Lagu Anak 2013, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Berfoto bersama Menteri Kemenparekraf Mari Elka Pangestu, mantan penyanyi cilik Adi Bing Slamet, Chikita Meidy, Melisa, Indra Bekti, penyanyi cilik dan para pencipta lagu anak terpilih. Festival Lagu Anak 2013, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Piala dan piagam penghargaan Pencipta Lagu Anak Terbaik 2013

Piala dan piagam penghargaan Pencipta Lagu Anak Terbaik 2013

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini