7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru

7 Tips Beradaptasi di Lingkungan Kerja Baru
info gambar utama

Perasaan yang bercampur aduk sebagian besar dirasakan orang lain ketika memasuki tempat kerja baru. Di sisi lain, perasaan gelisah pun muncul pula karena kita harus beradaptasi di tempat kerja yang baru, yang selama ini tidak pernah terbayangkan. Ada yang merasa demikian? Lantas, bagaimana cara beradaptasi agar terbiasa di lingkungan kerja baru?

Memahami adat istiadat baru

Instansi biasanya punya adat istiadat tersendiri. Kadang, ada yang begitu teguhnya mempertahankan adat istiadatnya selama berpuluh puluh tahun lamanya. Namun, ada juga yang berubah ubah tergantung sosok pimpinan di instansi tersebut. Nah, kondisi inilah yang harus segera kawan pahami dan kuasai ketika masuk ke sebuah instansi baru.

Untuk itulah Kawan sebagai pegawai baru hendaknya segera menyesuaikan diri dan bisa segera berasimilasi dengan adat istiadat tersebut. Kamu juga akan segera tahu bagaimana seharusnya melaksanakan pekerjaan yang sesuai dengan adat istiadat dan sistem kerja yang ada di instansi baru tersebut.

Bersosialisasi dengan orang baru

Dengan bersosialisasi, Kawan akan mempelajari banyak hal dengan mudah di instansi baru. Kamu juga akan merasa mudah belajar adat istiadat baru tanpa harus bersusah payah, karena ada orang-orang di sekitarmu yang akan membantu untuk melakukan hal tersebut.

Jadi, kamu jangan pernah merasa malu untuk aktif. Perkenalkan dirimu kepada rekan kerja di Instansi baru, serta selalu menampilkan kesan positif. Kawan akan dianggap sebagai pribadi yang familiar, luwes, ramah, dan supel dengan siapapun.

Integrasikan diri secara bertahap

Sebaiknya jangan langsung terbuka dengan teman kerja di Instansi baru. Kenalilah situasi dan kondisi step by step. Di minggu awal bekerja, Kawan bisa mengobservasi dahulu lingkungan sekitar. Jangan segan – segan untuk mengeluarkan ide brilliant jika memang harus dikeluarkan. Atau justru ambil sikap diam jika memang tidak ada yang perlu dibicarakan.

Berhati-hatilah dengan apa yang Kawan lakukan dan ucapkan. Salah perbuatan ataupun ucapan, maka buruklah penilaian orang.

Fokus pada hal positif

Bekerja di Instansi baru akan bertemu dengan banyak orang, pastinya Kawan akan menghadapi kejadian tak terduga atau kondisi yang tidak sesuai ekspektasi. Hindari merasa panik dan tetaplah berpikir positif ketika berada dalam kondisi tersebut. Anggaplah setiap pengalaman yang kamu hadapi, baik positif maupun negatif, sebagai pelajaran berharga.

Segeralah minta maaf

Bagi kawan yang sedang bekerja di instansi baru, beberapa kesalahan, baik itu disengaja maupun tidak, mungkin akan terjadi.

kemungkin Kawan akan sedikit kena teguran, Segeralah minta maaf karena mengakui kesalahan itu butuh keberanian, dan janganlah merasa takut karenanya. Dengan melakukan kesalahan, berarti kamu sedang dalam proses untuk menjadi bisa. Dari kesalahan tersebut, Kawan akan menjadi tahu apa yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan.

Berani bertanya

Ibarat pepatah ‘malu bertanya, sesat di jalan’ berlaku pula untuk kawan ditempat kerja baru. Kawan bisa bertanya kepada pimpinan atau rekan kerja di sekitar mengenai cara menyelesaikan pekerjaan atau menghadapi situasi tertentu.

Namun, kamu juga harus mencatat jawaban dari mereka dan segera melakukan sesuai arahan mereka agar bisa menjadi bahan pembelajaran yang bagus selama masa adaptasi.

Keluar dari Zona Nyaman

Selalu berada dalam posisi zona nyaman berarti kawan tetap teguh pada ide masa lalu yang belum tentu sesuai diterapkan di lingkungan kerja baru kawan. Maka dari itu, Kawan hendaknya untuk sesekali keluar dari zona nyaman tersebut dan dengan penuh berani dan percaya diri untuk menghadapi berbagai situasi kondisi.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LL
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini