Kisah Jembatan Comal Pemalang yang Konon Dijaga 3 Kerajaan Gaib

Kisah Jembatan Comal Pemalang yang Konon Dijaga 3 Kerajaan Gaib
info gambar utama

Jembatan Comal Pemalang ternyata memiliki kisah misteri yang dipercaya oleh masyarakat. Konon katanya Jembatan Comal Pemalang merupakan tempat kerajaan siluman yang diperkuat dengan kemunculan siluman buaya putih.

Dinukil dari Radar Tegal, jembatan ini disebut banyak menyebabkan kecelakaan tanpa sebab. Jika melewati jembatan ini, aura mistis akan langsung membuat bulu kuduk orang-orang merinding.

Melihat Arsitektur Jembatan Siak Riau yang Diklaim Kuat Selama 100 Tahun

Apalagi jembatan ini telah tiga kali ambruk, pada tahun 1923, 1928, dan 2014. Robohnya jembatan Comal Pemalang itu kemudian dikaitkan dengan kisah misteri oleh warga setempat yakni diamuk oleh siluman buaya putih.

“Karena itulah, dulu, masyarakat setempat rutin memberikan kepala kerbau sebagai sesaji untuk mencegah sosok gaib tersebut mengamuk,” tulis Muninggar Setiyo Rini dalam Misteri Jembatan Comal Pemalang, Konon Menjadi Lokasi Kerajaan Siluman.

Ada 3 Kerajaan

Dinukil dari Solopos yang dilihat dari kanal Youtube Lensa Sejarah dengan judul Video Siluman Ular di Jembatan Comal II Misteri Penunggu Jembatan Comal ada beberapa keyakinan masyarakat terkait misteri yang ada di jembatan itu.

Warga setempat meyakini ada 3 kerajaan, kerajaan pertama ada di bantaran sungai dengan pintu utama di sekitar rumpun bambu. Kerajaan ini diyakini dihuni oleh banyak makhluk gaib, seperti siluman ular dan juga buaya.

Mengenal Jembatan Akar dari Sumatra Barat yang Berusia 1 Abad Lebih

Kerajaan berikutnya ada di atas jembatan yang dihuni oleh sekumpulan wanita berpakaian serba putih mirip kuntilanak. Sedangkan kerajaan ketika terletak di makam tua yang lokasinya tidak jauh dari Jembatan Comal.

Beberapa warga mengaku pernah melihat penampakan-penampakan mistis, salah satunya melihat sosok siluman buaya putih yang ada di bawah jembatan. Meskipun tidak diganggu, penampakan ini dirasa tetap menakutkan bagi warga yang melihatnya.

Jembatan penting

Tetapi dibalik kisah mistis ini, Jembatan Comal Pemalang merupakan jembatan yang penting. Pasalnya jembatan menghubungan perbatasan antara daerah Purbalingga dan juga Pemalang.

Jembatan satu ini dinamai sesuai dengan nama sungainya, yaitu, Sungai Comal. Jembatan Comal terletak di Kecamatan Comal, Kabupaten Pemalang. Keberadaannya sangat vital karena sering dipakai untuk mudik.

Mengintip Objek Wisata Jembatan Akar Berusia 1 Abad di Sumatra Barat

Jembatan ini memiliki panjang sekitar 25 meter. Selain itu, Jembatan Comal menjadi jembatan wajib yang dilewati setiap pengendara yang melalui jalur Pantura. Sehingga begitu padat kendaraan.

Biasanya jembatan ini cukup ramai saat momen-momen Lebaran. Sehingga butuh rasa hati-hati dari pengendara saat melewatinya. Terutama dengan adanya isu mistis yang membuat masyarakat khawatir.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Rizky Kusumo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Rizky Kusumo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini