Jadwal Makan dan Ide Menu MPASI Bayi Usia 6 Bulan

Jadwal Makan dan Ide Menu MPASI Bayi Usia 6 Bulan
info gambar utama

Kawan saat ini sedang menjadi dan atau akan menjadi seorang ibu? Salah satu yang perlu diperhatikan ketika memiliki seornang bayi adalah mulai memerhatikan jenis makanan untuk memenuhi gizi kesehatannya. Memperkenalkan makanan padat pada bayi jadi salah satu langkah yang cukup penting untuk perkembangan bayi. Apalagi jika bayi kesayangan Kawan sudah memasuki usia 6 bulan. Karena biasanya bayi di usia tersebut sudah siap untuk menerima Makanan Pendamping ASI atau MPASI.

Untuk memberikan MPASI yang tepat, Kawan dapat menyusun jadwal makannya. Berikut adalah ide menu MPASI yang dapat membantu memberikan nutrisi yang tepat pada tahap pertumbuhan bayi yang diolah dari berbagai sumber.

Membuat Jadwal Makan untuk Anak Tercinta

Jadwal Pagi Hari

Tak hanya orang dewasa membuat jadwal sarapan atau makan pada pagi hari dapat diberikan sekitar pukul 7-8 pagi. Kawan bisa coba untuk memberikan bubur saring yang lembut atau sereal bayi yang difortifikasi dengan zat besi ya. Jangan lupa untuk memastikan tekstur yang cukup lembut agar mudah dikonsumsi oleh bayi.

Jadwal Siang Hari

jadwal makan pada tengah hari dapat berikan sekitar pukul 12 siang. Untuk menunya, Kawan bisa berikan puree sayuran seperti wortel, kentang, labu atau puree sayuran lainnya. Kawan juga bisa menambahkan daging ayam yang sudah dihaluskan untuk memberikan tambahan protein pada makanannya.

Jadwal Sore

Memberikan makan bayi pada sore hari sebaiknya diberikan ASI atau susu formula bayi yang sesuai kebutuhan. Meskipun jika sudah menginjak usia 6 bulan bayi mulai diperkenalkan dengan makanan padat, ASI atau formula masih menjadi sumber nutrisi utama bayi pada usianya ya Kawan.

Jadwal Makan Malam

Untuk jadwal MPASI pada malam hari bisa diberikan sekitar pukul 6-7 malam. Kawan bisa memberikan bubur saring yang berbeda dari yang jadwal makan di pagi hari ya. Bisa juga coba dengan menambahkan buah-buahan yang dihaluskan kaya pisang atau apel.

Ide-Ide Menu untuk MPASI

Bubur Saring Beras Merah dengan Apel

Ide pertama yang bisa dicoba adalah menu bubur saring beras merah yang udah dimasak sama air sampai lembut. Kawan bisa tambahkan apel yang dihaluskan juga untuk kasih rasa dan nutrisi ekstra.

Puree Wortel dan Kentang

Bosan dengan bubur saring? Kawan bisa coba untuk membuat menu Rebus wortel dan kentang yang dicampurkan hingga lunak. Setelah itu dihaluskan dengan blender atau garpu. Menu ini jadi kombinasi menu MPASI yang kaya vitamin dan serat loh.

Puree Labu dan Daging Ayam

Menu MPASI labu dan daging ayam yang sudah direbus dan dihaluskan bisa menjadi opsi menu juga. Daging ayam memiliki protein dan zat besi yang penting untuk pertumbuhan bayi.

Bubur Saring Oat Ditambah Bayam

Oat memiliki kandungan yahg kaya serat dan nutrisi. Kandungannya cocok untuk menjadi salah satu menu MPASI yang bisa juga ditambahkan bayam yang sudah dihaluskan untuk menambah rasa yang lezat.

Menu MPASI di atas adalah menu yang mudah untuk dibuat di rumah ya Kawan. Kawan bisa eksplorasi menu-menu lainnya untuk anak di rumah.

Tips Penting untuk yang Akan Memulai MPASI

  1. Pantau Reaksi Bayi
    Penting untuk terus memantau reaksi bayi terhadap makanan baru. Jika Kawan melihat ada tanda-tanda alergi atau ketidaknyamanan, maka hentikan pemberian menunya dan konsultasikan dengan dokter.

  2. Konsistensi Makanan
    Meskipun ada banyak pilihan menu MPASI, memilih makanan yang disukai bayi adalah salah satu cara untuk memastikan konsistensi makanan sesuai dengan tahap pengenalan makanan pada bayi. Kawan bisa memulai dengan tekstur yang lembut dan tingkatkan secara bertahap ya.

  3. Perkenalkan Satu-satu
    Mengenalkan makanan baru satu per satu selama beberapa hari akan membantu dalam mengidentifikasi reaksi alergi atau intoleransi terhadap suatu makanan yang dikonsumsi.

  4. Kebutuhan Akan Zat Besi
    Jangan lupa untuk memilih makanan yang kaya zat besi seperti daging dan sereal yang difortifikasi ya Kawan! Zat besi penting banget untuk mendukung pertumbuhan bayi.

Jadwal makan dan variasi makanan yang seimbang akan membuat sang bayi dalam mengembangkan preferensi terhadap makanan yang sehat dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan. Jika tidak cocok atau menjadi alergi, maka jangan ragu untuk mengonsultasikannya dengan Dokter Anak.

Sumber Artikel:
https://www.nutriclub.co.id/artikel/nutrisi/4-6-bulan/makanan-bayi-6-bulan
https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/menu-mpasi-bayi-6-bulan
https://hellosehat.com/parenting/bayi/gizi-bayi/jadwal-mpasi-6-bulan/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nasuha Ali lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nasuha Ali.

NA
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini