Presiden Jokowi Temui Joe Biden di AS, Bahas Kondisi Palestina

Presiden Jokowi Temui Joe Biden di AS, Bahas Kondisi Palestina
info gambar utama

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk membahas hasil-hasil penting dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) pada 13 November 2023.

Dikutip dari laman kemlu.go.id, dalam pertemuan khusus dengan Presiden Biden, Indonesia yang diwakili oleh Presiden Jokowi menyampaikan pesan dan sikap tegas dari 57 negara anggota OKI, atau sekitar sepertiga dari seluruh negara di dunia terkait situasi terkini di Palestina.

“Ini adalah suara dari 57 negara, sebuah pesan yang sangat kuat untuk dunia. Saya juga akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang meminta saya secara khusus untuk menyampaikannya kepada Presiden Biden,” tegas Presiden Jokowi.

Mengenal RS Indonesia di Gaza yang Selamatkan Warga Palestina

Perjuangkan keadilan untuk Palestina

Selama KTT Luar Biasa OKI yang diadakan di Riyadh, Arab Saudi, Presiden Jokowi memimpin negara-negara anggota untuk bersatu dalam garda terdepan memperjuangkan keadilan bagi rakyat palestina. Pihaknya mengecam penindasan yang dilakukan Israel terhadap warga sipil Palestina.

Adapun prioritas mendesak yang diutamakan adalah gencatan senjata segera, percepatan dan peningkatan bantuan kemanusiaan, memulai perundingan perdamaian, perlindungan fasilitas publik dan kegiatan emanusiaan dari serangan, serta menuntut pertanggungjawaban Israel atas kekejaman yang dilakukan.

Sementara terkait kondisi Rumah Sakit Indonesia di Palestina, Presiden Jokowi menekankan pentingnya menghormati hukum humaniter internasional. Sebagaimana diketahui, seperangkat aturan ini bertujuan membatasi dampak kemanusiaan dari konflik bersenjata.

Menanggapi serangan terhadap rumah sakit yang dibangun dari gotong-royong masyarakat Indonesia itu, Presiden Jokowi menegaskan untuk terus melindungi warga dan fasilitas publik sejak awal konflik. Pihaknya mendukung penuh langkah diplomasi Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi yang secara aktif berupaya mencapai perdamaian di Palestina.

RI Pimpin Negara-negara OKI untuk Segera Bantu Palestina

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini