Aksi Pesilat Muda Asal Depok Berbuah Prestasi Ciamik di Ajang Internasional

Aksi Pesilat Muda Asal Depok Berbuah Prestasi Ciamik di Ajang Internasional
info gambar utama

Pesilat muda asal Depok Kenzie Javaz Radithya meraih prestasi ciamik saat beraksi di ajang 7th Asian Pencak Silat Championship and 1st Middle East Open Pencak Silat Championship.

7th Asian Pencak Silat Championship and 1st Middle East Open Pencak Silat Championship merupakan turnamen pencak silat besar yang diselenggarakan di Uni Emirat Arab. Bertempat di Rashid Bin Hamdan Hall, Al Nasr Club, Oud Metha, Dubai, 9 - 12 November 2023, Kenzie tampil bersama para atlet lainnya.

Total ada hampir 500 atlet yang ikut serta. Mereka berasal dari 18 negara, termasuk Indonesia. Dari sekian banyak atlet tersebut, Kenzie berhasil keluar sebagai juara kelas pre junior setelah mengalahkan pesilat Singapura dengan skor 8-0.

"Kami daftarkan Kenzie ikut lomba ini secara mandiri. Alhamdulillah, mendapat dukungan penuh dari pihak sekolah. Sebelumnya, Kenzie memang sudah sering mengikuti kejuaraan di tingkat nasional dan saat ini bergabung di Tapak Suci yang merupakan perguruan pencak silat," ujar orang tua kenzie, Emy Darmawanti seperti diwartakan laman resmi Pemkot Depok.

Diceritakan sang ibu, Kenzie yang kini bersekolah di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Rahmaniyah sudah menekuni pencak silat sejak duduk di bangku sekolah dasar. Ia juga punya mimpi untuk masuk ke tim nasional pencak silat Indonesia.

"Kenzie sendiri punya cita-cita untuk menjadi atlet pencak silat di Tim Nasional Indonesia. Mudah-mudahan bisa menjadi perhatian pemerintah agar terus didukung dan difasilitasi agar semakin berkembang," tutur Emy.

Jeka Saragih dan Pengorbanannya yang Terbayar Lunas Lewat Kemenangan di UFC

Momen Bersejarah

Ajang 7th Asian Pencak Silat Championship and 1st Middle East Open Pencak Silat Championship sendiri merupakan momen bersejarah bagi kancah pencak silat dunia. Sebab, ini adalah kali pertama beladiri asal Indonesia itu dilombakan di Timur Tengah.

“Sambutan hangat dan penghormatan yang diberikan kepada kami oleh masyarakat di sini sungguh menggembirakan. Dengan peserta dari 18 negara dan klub internasional, antusiasme dan ssmbutannya luar biasa," ujar Presiden Pencak Silat Asia Dr Sheik Alau’ddin seperti dilansir Gulf Today.

Boleh dibilang, ajang baru saja dihelat di Dubai juga adalah langkah bagi pencak silat untuk semakin dikenal di pencak silat. Apalagi, ke depannya direncanakan akan ada lagi turnamen yang digelar.

“Minat yang ditunjukkan orang-orang di sini terhadap olahraga ini sungguh luar biasa, dan kami dengan senang hati menyampaikan komitmen kami untuk menjadi tuan rumah kejuaraan ini setiap tahun,” kata Dr Sheik Alau’ddin.

Buru Babi, Olahraga Tradisional Minangkabau yang Beragam Fungsinya

Referensi:

  • https://berita.depok.go.id/pelajar-depok-juara-pertama-pencak-silat-di-panggung-internasional
  • https://gulftoday.ae/sport/2023/11/12/7th-asian-and-1st-middle-east-open-pencak-silat-championships-off-to-perfect-start-in-dubai



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini