Mengapa Geografi Perlu Diterapkan Dalam Kurikulum Merdeka IPS Sekolah Dasar?

Mengapa Geografi Perlu Diterapkan Dalam Kurikulum Merdeka IPS Sekolah Dasar?
info gambar utama

Nur Waheda_1,I Gede Yoga Adi Putra_2, Mahasiswa Semester 1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Universitas Pendidikan Ganesha

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Saat ini penerapan kurikulum merdeka belum diterapkan dalam sekolah dasar atau bisa dikatakan masih diperlakukan secara pilihan.

Dan dikatakan akan diberlakukan secara nasional dimulai tahun ajaran 2024. Geografi merupakan salah satu materi yang dimasukkan dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial kurikulum merdeka sekolah dasar. Penerapan geografi sangat amat perlu diterapkan dalam kurikulum merdeka ilmu pengetahuan sosial sekolah dasar karena memiliki banyak manfaat dan banyak dampak positif.

Geografi merupakanalah satu materi yang memegang peranan penting dalam membentuk karakter dan kompetensi peserta didik sebagai warga negara Indonesia dalam menujukkan rasa cinta tanah air, sebagai warga negara yang berwawasan global, serta ikut berkontribusi positif terhadap pembangunan berkelanjutan.

Selain itu penerapan geografi dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial sekolah dasar juga dapat memberikan pondasi yang sangat kuat dalam pemahaman tentang lokasi, lingkungan, serta perbedaan budaya di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Mungkin poin-poin ini tidak asing lagi kita ketahui bahwa Indonesia merupakan negara kesatuan yang memiliki beragam-ragam perbedaan. Selain itu juga tidak memungkinkan kita dapat mengetahui tentang perbedaan budaya di seluruh dunia.

Gambar 1.gambar siswa(sumber:https://pixabay.com/id/)
info gambar
Sejarah Perkeretaapian Indonesia, Roda Besi Berdentum di Nusantara

Tanpa kita ketahui dalam penerapannya geografi memiliki berjuta-juta manfaat bagi peserta didik kususnya sekolah dasar, karena seperti yang kita ketahui semua hal itu harus ditanamkan sejak dini. Hal yang harus diajarkan sejak dini adalah misalnya rasa saling menghargai. Di mana geografi sebagai salah satu materi yang terdapat dalam ilmu pengetahuan sosial sekolah dasar, memberikan manfaat yakni membantu peserta didik memiliki rasa menghargai serta memahami keanekaragaman alam dan budaya yang ada disekitar mereka.

Melalui pembelajaran geografi ini, peserta didik nantinya dapat memperoleh pemahaman yang lebih mengenai lingkungan sekitar, termasuk didalamnya juga ada pemahaman tentang iklim, cuaca, alam, serta masalah-masalah lingkungan.

Hal ini sangat penting dalam mengembangkan sikap peduli sejak usia dini terhadap alam dan lingkungan. Dalam memahami prinsip-prinsip geografi juga dapat membantu peserta didik dalam memahami misalnya dampak dari globalisasi, tak luput juga dapat memahami perkembangan tekonologi yang cepat pada era sekarang ini. Dalam hal ini akan memberikan pemahaman yang lebih amat baik tentang bagaimana dunia ini sebenarnya saling berkaitan dan bagaiman kerjasama internasional memainkan peran penting dalam perdamaian dan kemakmuran dunia.

Setelah geografi memberikan manfaat positif yakni dapat saling memahami dan menghargai perbedaan-perbedaan yang ada, nantinya peserta didik juga akan mempuyai dan dapat mengembangkan rasa empati dan toleransi mereka, yang dimana perlu kita ketahui hal ini sangat diperlukan di era global ini.

Ada juga kemampuan dalam memahami dan menginterpretasikan insformasi yang spasial, seperti peta dan citra satelit, di mana keterampilan ini yang nantinya sangat berharga dalam dunia digital. Pembelajaran geografi juga dapat membantu melatih keterampilan peserta didik dalam observasi dan pengamatan.

Ketika diintegrasikan dengan pendekatan saintifik, pelajaran geografi dapat membantu peserta didik memahami perubahan lingkungan dan mengembangkan kesadaran akan keberlanjutan lingkungan. Poin tersebut secara tidak sadar menumbuhkan rasa kepekaan terhadap perubahan lingkungan dan menanamkan kesadaran akan pentingnya menjaga alam bagi generasi selanjtutnya di masa depan nantinya.

Perjuangan Pemuda dalam Sejarah Bangsa: Bagaimana Bentuk Implementasi Perjuangannya?

Geografi juga mencakup studi mengenai sistem sosial dan lingkungan, dimana hal ini memberikan kontribusi yang sangat penting dalam pemahaman tentang sejarah, kebijakan ekonomi, dan perkembangan dalam masyarakat.

Pemahaman geografi sangat membantu peserta didik dalam memahami dampak perubahan lingkungan dan perubahan sosial pada cangkupan komunitas lokal maupun global. Ini memungkinkanpeserta didik untuk mempunyai sikat yang responsif terhadap isu-isu global.

Geografi bukan hanya memberikan hubungan manusia dengan lingkungan, akan tetapi juga memberikan landasan konseptual yang penting bagi pemahaman tentang masyarakat, dan sebagainya.

Kembali setelah mengetahui begitu banyaknya manfaat-manfaat serta dampak-dampak positif yang amat banyaknya diberikan dari mempelajari materi geografi, hal ini menjadikan alasan mengapa geografi sangat amat perlu diterapkan dalam ilmu pengetahuan sosial kurikulum merdeka sekolah dasar.

Integrasi geografi dalam penerapan ilmu pengetahuan sosial kurikulum merdeka sekolah dasar memiliki potensi-potensi yang sangat besar dalam untuk memperkaya pemebelajaran ilmu pengetahuan sosial dengan memberikan pemahaman yang lebih holistik tentang dunia di sekitar kita.

Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran geografi ilmu pengetahuan sosial ini telah dilakukan di berbagai daerah, walaupun belum semua sekolah dasar menerapkan. Di mana dalam hal tersebut, pembelajaran geografi fokus dengan pengembangan ilmu dan kegeografian, geografi lingkungan, dan research-based learning.

Semoga seperti yang dikatakan nantinya tahun 2024 mendatang seluruh sekolah dasar di Indonesia dapat menerapkan Kurikulum Merdeka. Seperti kita ketahui, salah satunya dalam ilmu pengetahuan sosial terdapat materi geografi yang sangat perlu diterapkan.

Kesulitan Pelafalan [ê] Bagi Penutur Bahasa Indonesia di Pulau Timor

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NW
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini