Viral Siswa SD di Sidoarjo Tidur Siang di Kelas, Ternyata Banyak Manfaatnya

Viral Siswa SD di Sidoarjo Tidur Siang di Kelas, Ternyata Banyak Manfaatnya
info gambar utama

Foto murid-murid Sekolah Dasar (SD) yang tidur siang di kelas sedang viral. Ternyata, inilah manfaat tidur siang yang terbukti secara ilmiah.

Para murid SD yang viral diketahui berasal dari SD Muhammadiyah IV di Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. Dalam foto yang beredar, tampak para siswa sedang tidur di kelas dengan beralaskan karpet sambil didampingi oleh seorang guru.

Narasi yang beredar, sekolah tersebut memang memberlakukan jam tidur siang bagi siswa dengan durasi satu jam. Selain itu, guru juga tidak memberikan pekerjaan rumah alias PR.

“Baru tahun ajaran ini kita menerapkan pelajaran tidur siang, setelah sebelumnya kami melihat para siswa kelelahan hingga tak jarang meminta untuk pulang. Alhamdulillah setelah beristirahat, konsentrasi para murid naik sehingga mampu menyerap pelajaran hingga sore,” ujar guru SD Muhammadiyah IV Kiki Arya Wijaya dalam laman resmi Muhammadiyah.

Memberikan waktu bagi para siswa untuk tidur siang di sekolah memang tak banyak dilakukan di Indonesia. Namun, hal itu ternyata adalah hal lazim di sejumlah negara. Manfaat tidur siang juga terbukti secara ilmiah.

Mengenal Hammock, Tempat Tidur Gantung Pengganti Tenda di Alam Terbuka

Manfaat Tidur Siang

Negara yang punya waktu tidur siang bagi siswa di antaranya adalah Jepang. SMP di Kota Kakogawa, Prefektur Hyogo adalah sekolah yang diketahui mulai 2016 lalu menerapkan waktu tidur siang dengan tujuan untuk meningkatkan konsentrasi para siswa sekaligus menghemat listrik.

China juga punya sekolah yang menerapkan waktu tidur siang. Hanya saja, belum lama sempat muncul kontroversi menyusul adanya sekolah di Provinsi Guangdong yang berencana mengharuskan siswa membayar jika ingin tidur.

Tidur siang secara ilmiah terbukti bermanfaat untuk anak-anak sekolah. Jianghong Liu dkk. dalam penelitiannya terhadap lebih dari 3800 siswa kelas 4 sampai 6 SD menemukan bahwa ada korelasi positif antara tidur siang dan prestasi akademik anak.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Sleep itu menemukan bawa tidur siang berkaitan erat dengan
rasa bahagia, sifat gigih, dan kemampuan mengendalikan diri yang lebik baik. Tidur siang juga berhubungan dengan IQ verbal seseorang serta prestasi belajarnya.

Liu selaku peneliti yang terlibat menilai jika pemberlakukan jam tidur siang adalah hal yang bagus. Sebab, masih ada manfaat lain yang akan didapat, misalnya mengurangi screen time siswa.

“Tidur siang mudah dilakukan dan tidak memerlukan biaya apa pun,” kata Liu seperti dilansir Science Daily.

“Hal ini tidak hanya akan membantu anak-anak, tetapi juga mengalihkan waktu screen time, yang mana hal ini terkait dengan banyak hal,” lanjutnya.

Kirim Pesan Saat Tidur? Yuk, Kenali Sleep Texting pada Anak Muda!

Referensi:

  • https://muhammadiyah.or.id/ingin-siswa-tetap-bugar-ikuti-full-day-school-sd-muhammadiyah-iv-sidoarjo-terapkan-pelajaran-tidur-siang/
  • https://www.sciencedaily.com/releases/2019/05/190531135828.htm#google_vignette
  • https://academic.oup.com/sleep/article/42/9/zsz126/5499200
  • https://japantoday.com/category/features/lifestyle/hyogo-school-introduces-trial-afternoon-nap-time-for-students

https://www.scmp.com/posties/kids/eye-news/article/3234195/would-you-pay-take-nap-primary-school-china-charging-pupils-fees-sleeping

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini