Cara Terbaik Mahasiswa Mengelola Waktu Agar Terhindari dari Stres

Cara Terbaik Mahasiswa Mengelola Waktu Agar Terhindari dari Stres
info gambar utama

Di tengah tingginya produktivitas mahasiswa dalam mengejar nilai-nilai akademiknya, mahasiswa juga dituntut untuk aktif dikegiatan organisasi. Dalam rangka menjaga keseimbangan antara tugas akademik dan komitmen terhadap organisasi, mereka kadang kala mengalami kendala dalam hal manajemen waktu.

Namun, hal seperti ini terbilang cukup berbahaya pada kesehatan mental mahasiswa. Dari hasil survei Jajak Pendapat Kompas pada 21 – 22 Juni 2019, terdapat 30% dari total 646 mahasiswa mengalami stres akibat tidak bisa mengatur waktu dengan baik.

Oleh karena itu, artikel ini dibuat untuk memberikan tips-tips yang dapat dilakukan mahasiswa agar dapat mengelola waktu dengan baik. Selain itu, agar Kawan GNFI dapat terhindar dari stres serta dapat menentukan prioritas antara kegiatan organisasi dan nilai-nilai akademik.

Stres merupakan reaksi yang muncul disebabkan oleh tingginya tuntutan yang diterima seseorang dari lingkungannya, di mana keseimbangan antara kekuatan dan kemampuan yang dimiliki terganggu (Wangsa, 2010).

Dalam kasus ini, tuntutan yang diterima oleh mahasiswa ialah tugas-tugas akademik maupun tanggung jawab di sebuah organisasi. Stres akademik yang dialami mahasiswa dalam menghadapi tuntutan akademik dapat berkelanjutan dan memicu gangguan mental serta fisik jika tidak ditangani dengan tepat.

3 Tips Manajemen Waktu yang Dapat Diterapkan oleh Mahasiswa

Membuat Jadwal

Membuat jadwal dapat membantu kamu menyusun daftar kegiatan yang akan dilakukan untuk setiap harinya. Jadwal ini juga dapat dibuat secara per hari maupun per minggu. Dengan adanya jadwal ini, Kawan GNFI akan lebih mudah mengetahui jawal kuliah, waktu yang tepat untuk mengerjakan tugas, deadline tugas, kegiatan organisasi, hingga waktu luang yang dapat kamu gunakan untuk beristirahat.

Hal ini juga dapat membantu kamu mengatur waktu dengan baik dan terstruktur.

Membuat Daftar Prioritas

Setelah membuat jadwal, kamu akan tahu waktu deadline setiap tugas yang diberikan oleh dosen. Sehingga kamu akan dengan mudah menentukan prioritas untuk tugas-tugas dan kegiatan lainnya. Kamu bisa mulai dengan memprioritaskan tugas atau kegiatan yang tenggat waktunya lebih cepat atau lebih dekat.

Lalu apabila ada tugas-tugas besar seperti projek atau jurnal yang sekiranya susah, Kawan bisa mulai menyicil tugas-tugas tersebut agar lebih memudahkan kamu nantinya.

Fokus

Saat kamu mengerjakan tugas, pastikan dulu kamu dapat fokus dengan tugas tersebut. Caranya kamu bisa mematikan notifikasi HP atau mendengarkan lagu apabila hal tersebut dapat membantu kamu lebih fokus dalam mengerjakan tugas.

Apa yang Membuat Gagal Pengelola Waktu?

3 tips di atas dapat membantu kita untuk mulai mengelola waktu dengan baik mulai sekarang. Namun, itu akan lebih efektif apabila Kawan GNFI bisa menghindari hal-hal yang dapat membuatmu gagal dalam mengelola waktu. Hal-hal yang harus dihindari di antaranya:

Menunda Pekerjaan

Mahasiswa terkadang suka menunda atau mengulur-ulur waktu untuk mengerjakan tugas atau pekerjaan tertentu. Hal ini dapat menimbulkan tugas yang menumpuk sehingga waktu untuk mengerjakan tugas terbilang mepet. Kondisi tersebut harus dihindari guna mencegah terjadinya tugas menggunung dan stres akibat hal itu.

Kurang Tidur

Kurang tidur akan membuat Kawan GNFI sulit untuk berkonsentrasi dan menganggu kesehatan dalam jangka panjang. Oleh karena itu, usahakan untuk tetap tidur dengan waktu yang cukup agar konsentrasimu juga tetap baik selama kuliah.

Bermain Gadget

Masih berkaitan dengan yang pertama dan kedua, mahasiswa terkadang suka lupa akan waktu saat bermain gadget. Entah untuk scrolling sosial media ataupun bermain games. Kebiasaan itu dapat membuat tugas jadi menumpuk dan bahkan terkadang mengambil waktu istirahat. Buatlah skala prioritas agar pekerjaan selesai tepat waktu, tanpa meninggalkan aktivitas yang menyenangkan.

Nah, dengan menerapkan tips dan juga menghindari hal-hal di atas, itu bisa membantu Kawan GNFI yang masih mahasiswa untuk mulai mengelola waktu dengan baik. ”Waktu adalah emas". Kelola waktu sebaik mungkin untuk mendapatkan keseimbangan akademik maupun organisasi dan terhindar dari stres serta penyakit mental lainnya.

Referensi:

  • https://www.kompas.id/baca/muda/2019/07/03/survei-tugas-kuliah-jadi-sumberutama-stres-di-kalangan-mahasiswa
  • https://www.uc.ac.id/htb/7-tips-manajemen-waktu-untuk-mahasiswa/
  • https://danacita.co.id/blog/apa-saja-10-hal-yang-harus-dihindari-mahasiswa-baru/
  • https://www.detik.com/jabar/berita/d-6988890/kebiasaan-buruk-mahasiswa-susahtapi-harus-dihindari/amp
  • https://library.uir.ac.id/skripsi/pdf/148110056/bab2.pdf

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

NA
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini