Lebih dari Sekadar Kata Kunci: Bagaimana Google People Also Ask Membentuk Tren Pencarian

Lebih dari Sekadar Kata Kunci: Bagaimana Google People Also Ask Membentuk Tren Pencarian
info gambar utama

Untuk Kawan yang berkecinampung di dunia penulisan konten, pernahkah terpikir apa pengaruh optimasi SEO dalam pembuatan suatu konten? Penerapan teknik SEO untuk mengoptimasikan konten mempunyai pengaruh besar dalam meningkatkan page view, page rank, dan masih banyak lagi.

Mungkin bebebrapa konten dari Kamu sudah direncanakan dan sudah terstruktur dengan rapih dan bagus. Namun, sering terjadi, Kamu masih bingung tentang cara mengoptimalkan konten dengan menggunakan teknik SEO.

Optimasi Konten SEO Menggunakan People Also Ask

Di zaman yang serba internet ini, banyak sekali konten yang tersebar di dunia maya. Contohnya, konten berbentuk video, situs blog, seminar daring, dan lain-lain. Akan tetapi, apakah Kawan sudah tahu bagaimana cara agar konten yang Kamu buat dapat menduduki posisi teratas pada mesin pencari?

Nah, ada salah cara untuk bisa menaikkan posisi konten Kawan pada mesin pencari, lho, yakni menjawab pertanyaan para audiens atau memanfaatkan fitur people also ask yang sering mucul di search engine.

Sebagai contoh, saat ini berbagai produk skincare seperti sabun pencuci wajah dan serum sedang banyak dibutuhkan oleh konsumen. Oleh karena itu, cobalah membuat konten dengan mencantumkan berbagai keyword yang sesuai dengan produk tersebut. Tidak hanya itu, dengan menggunakan unsur SEO yang tepat pada konten juga bisa membantu Kawan agar bisa mengoptimalkan konten sehingga terangkat ke page one Google.

Baca juga: Apa Itu Triase IGD: Pengertian, Jenis, dan Alurnya

Hal Penting Dalam Pembuatan Konten SEO

Sebelum membuat konten, Kawan perlu tahu ada beberapa hal yang harus dicantumkan dalam pembuatan konten SEO:

Informatif

Dalam pembuatan konten, pastikan konten yang Kamu buat mengandung hal-hal yang informatif dan bermanfaat bagi para audiens.

Memiliki Nilai Lebih

Tidak hanya konten yang informatif saja, usahakan agar konten Kawan memiliki nilai lebih atau ciri khas yang menjadi pembeda dengan konten lain yang tersebar di situs lainnya.

Menarik & Kredibel

Konten yang Kawan buat juga harus berkualitas, unik, dan spesifik. Selain informatif, sebaiknya juga memiliki kredibilitas dan bisa dipercaya. Kamu juga menambahkan beberapa aspek lain, misalnya referensi pendukung seperti, image, infografis, video, atau foto, sehingga isi dari konten Kamu semakin menarik untuk audiens.

Konten yang mengandung banyak aspek visual bisa lebih menarik minat audiens dibandingkan dengan konte yang hanya berupa tulisan, sehingga bisa menjadi nilai plus tersendiri.

Baca juga: Jadi Next Level Content Writer dengan Google Keyword Research Tool!

Tahapan Persiapan Sebelum Melakukan Optimasi Konten SEO

Selain poin di atas, ada beberapa tahapan yang sebaiknya Kawan lakukan sebelum melakukan optimasi konten secara SEO menggunakan people also ask, diantarnya sebagai berikut:

1. Buat Daftar Pertanyaan dari List People Also Ask

Mungkin hal ini terlihat remeh dan dipandang sebelah mata. Namun, memiliki pengaruh besar dalam pembuatan digital. Dengan mencatat dan merangkum dari daftar people also ask, Kamu akan menemukan berbagai topik berdasarkan kategori tertentu, atau topik yang sedang ramai diperbincangkan.

2. Riset Kata Kunci

Setelah topik ditentukan, Kamu harus mencari beberapa kata kunci untuk membantu pengoptimalan SEO konten. Bagaimana cara melakukan riset kata kunci? Tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu mencari di internet untuk berbagai alat yang dapat membantu Kamu. Biasanya, alat-alat ini memiliki alat kata kunci di kolom pencarian.

3. Membuat Outline dan Format yang Relevan

Untuk membedakan antara judul, ringkasan, dan konten saat membuat konten, gunakan format judul dan subjudul. Anda perlu membuat garis besar yang masuk akal dan tidak membingungkan audiens, terutama saat membuat konten dalam format artikel. Masukkan elemen visual setelah 150-300 kata, gunakan tanda baca dan ejaan yang tepat, dan pastikan jarak antar paragraf tidak terlalu panjang.

4. Tidak Keluar dari Topik Pembahasan

Hal ini sering menjadi kesalahan umum yang kerap terjadi di kalangan penulis atau pembuat konten. Karena tertarik dengan topik yang dibahas, mereka sering kali terbuai dan kurang memperhatikan relevansi atau kelanjutan topik antar-paragraf. Pastikan Kawan menghindari hal ini agar konten Kawan dapat dioptimalkan sesuai dengan persyaratan SEO.

Nah, Kawan ingin membuat konten yang mengandung optimasi SEO, Kawan harus mencitpatakn konten yang mengandung informatif, terpercaya, dan juga menarik

Sumber referensi:

  • https://redcomm.co.id/knowledges/optimasi-konten-seo-menggunakan-people-also-ask

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

RH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini