Tidore Kepulauan Bersiap Jadi Kawasan Pariwisata Nasional di Indonesia Timur

Tidore Kepulauan Bersiap Jadi Kawasan Pariwisata Nasional di Indonesia Timur
info gambar utama

Pemerintah tengah mempersiapkan Tidore Kepulauan untuk menjadi salah satu kawasan Strategis Pariwisata Nasional di wilayah Indonesia Timur sebagai bentuk perayaan Puncak Hari Nusantara (Harnus) 2023.

Dilansir dari Antara, Kamis (14/12), Menteri Perhubungan Budi Karya optimistis Hari Nusantara 2023 menjadi momentum bagi Tidore Kepulauan untuk semakin dikenal, tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga dunia.

Menurutnya, Harnus 2023 juga menjadi momentum Indonesia untuk memperingati keragaman budaya, kenusantaraan, rasa persaudaraan, mendorong pariwisata domestik serta meningkatkan gotong-royong dan semangat membangun peradaban.

Tidore Kepulauan dan Sejarahnya

Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim sebelumnya telah menemui Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno untuk membahas penetapan Kota Tidore Kepulauan sebagai kawasan Strategi Pariwisata Nasional.

Dalam pertemuan itu, Menteri Sandiaga mengatakan bahwa Tidore Kepulauan merupakan salah satu kota paling bersejarah yang sampai saat ini masih tetap dikenal oleh masyarakat luas. Ada banyak potensi wisata sejarah yang bisa diangkat dari kota ini.

“Kota Tidore ini mengangkat wisata sejarah, luar biasa potensinya bisa diangkat menjadi warisan sejarah, salah satunya anak-anak hingga Gen Z hingga saat ini masih tahu sejarah peradaban Islam di Tidore, juga ekspansi wilayah Kesultanan Tidore ke Papua,” katanya.

Menikmati Keindahan Pulau Tidore dari Benteng Tahula

Potensi desa wisata

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan juga tengah menindaklanjuti pengembangan tiga desa wisata. Ketiga desa ini di antaranya adalah Desa Balbar di Kecamatan Oba Utara, Desa Mare kofo dan Mare GAM di Kecamatan Tidore Selatan.

Desa-desa tersebut memiliki potensi wisata alam yang sangat potensial untuk dikembangkan, yaitu Pulau Failonga, Air Terjun Goheba, Pulau Woda, Pulau Mare, Taman Laut Maitara, dan Pantai Akesahu.

Di sisi lain, potensi kekayaan maritim juga telah dibangun melalui Sail Tidore yang menjadi ajang promosi wisata bahari di Tidore Kepulauan. Sejumlah produk unggulan pesisir, mulai dari makanan dan minuman, hingga perawatan kesehatan dipamerkan dalam festival ini.

Mengenal Istana Peninggalan Kesultanan Ternate dan Tidore yang Ada di Maluku

Referensi:

Antara. Kepulauan Tidore Disiapkan Jadi Pariwisata Baru di Timur Indonesia. https://ambon.antaranews.com/berita/194325/kepulauan-tidore-disiapkan-jadi-pariwisata-baru-di-timur-indonesia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini