Mengenal Savana dari Ciri Hingga Flora dan Fauna di Dalamnya

Mengenal Savana dari Ciri Hingga Flora dan Fauna di Dalamnya
info gambar utama

Savana atau Sabana merupakan area padang rumput yang penuh dengan semak namun diselingi oleh beberapa jenis pohon yang menyebar. Jenis pohon yang ada di padang rumput ini biasanya adalah pohon akasia dan pohon palem. Indonesia sendiri memiliki beberapa kawasan sabana salah satunya di daerah Sumbawa Nusa Tenggara Barat.

Iklim di kawasan savana bisa dibilang cukup kering, namun tidak terlalu kering seperti gurun pasir. Hewan-hewan yang menghuni kawasan seperti ini umumnya adalah singa, kerbau, gajah, zebra, jerapah, dan masih banyak lagi.

Apa Itu Savana?

Mengulas lebih jauh mengenai morfologinya, savana sendiri merupakan kata tidak baku dari Sabana, jadi kedua kata ini sebenarnya memiliki makna yang sama. Secara garis besar, savana adalah sebuah ekosistem khas di suatu wilayah dengan curah hujan yang rendah. Ekosistem ini didominasi oleh padang rumput, semak, dengan sedikit pepohonan.

Kawasan ini biasanya memiliki cuaca yang kering dan panas namun memiliki keindahan tersendiri. Di Indonesia sendiri daerah yang memiliki kawasan savana adalah daerah Jawa bagian Timur, Nusa Tenggara, dan Papua. Adapun salah satu savana yang paling populer di Indonesia dan telah menjadi kawasan wisata adalah Taman Nasional Komodo yang terletak di Nusa Tenggara Timur.

Ciri-Ciri Savana dan Ekosistem di Dalamnya

Memiliki keindahan dan eksotisme tersendiri, area savana banyak difungsikan menjadi kawasan wisata. Untuk mengenalnya lebih jauh, mari mengenal ciri-ciri serta flora dan fauna apa saja yang terdapat di dalamnya.

Suhu Cenderung Panas Sepanjang Tahun

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kawasan savana memiliki intensitas hujan yang rendah. Hal tersebut menyebabkan suhu di area ini cenderung panas karena kadar air yang jumlahnya sedikit. Ketika musim kemarau tiba, biasanya cuaca akan terasa panas menyengat dan berangin.

Hanya Ada di Daerah Khatulistiwa dengan Iklim Tropis

Berikutnya kawasan savana hanya ada di daerah khatulistiwa yang memiliki iklim tropis. Alasannya karena wilayah tropis umumnya memiliki curah hujan yang rendah, tidak teratur, atau musiman. Hal ini sesuai dengan sabana yang didominasi oleh padang rumput, yang mana tanaman ini tidak membutuhkan terlalu banyak air.

Jenis Flora Didominasi Rerumputan

Ciri lain yang dimiliki oleh hutan sabana adalah jenis floranya didominasi oleh rerumputan. Sebagian besar jenis rumput yang akan Kawan jumpai adalah rumput tombak ( Heteropogon contortus ) serta rumput vegetasi suku Gramineae dan Cyperaceae. Selain itu ada juga jenis lain seperti Adansonia digitata, Acacia isp, dan Pennisetum purpureum.

Faunanya Mampu Menghemat Konsumsi Air

Selanjutnya fauna yang akan dengan mudah Kawan temukan di savana biasanya adalah jenis fauna yang mampu menghemat konsumsi air. Contohnya adalah macan tutul, rusa, singa, gajah, jerapah, zebra, kerbau, kuda, dan banteng. Selain itu ada juga habitat burung seperti merak, namun saat ini populasinya sudah mulai berkurang.

Kondisi Dapat Berubah Tergantung Intensitas Hujan

Ciri terakhir dari savana adalah kondisinya yang bisa berubah tergantung intensitas hujan. Hutan savana bisa menjadi semak belukar jika intensitas hujan sangat rendah. Namun sebaliknya, jika curah hujan terlalu tinggi, maka sabana bisa berubah menjadi hutan basah. Umumnya hutan savana sendiri memiliki potensi hujan dengan intensitas sekitar 100 mm hingga 150 mm per tahun.

Itulah sedikit ulasan tentang ciri-ciri serta ragam flora dan fauna yang ada di hutan savana. Meskipun kawasannya memiliki curah hujan rendah dan cenderung panas sepanjang tahun, Tapi nyatanya savana juga banyak dimanfaatkan untuk kawasan ternak. Misalnya di kawasan savana yang terdapat di Nusa Tenggara, Kawan bisa menemukan peternakan kuda, kerbau, maupun sapi disini.

Sumber:

https://id.weatherspark.com/y/27807/Cuaca-Rata-rata-pada-bulan-in-Sabana-Puerto-Riko-Sepanjang-Tahun
https://rimbakita.com/hutan-sabana/
https://www.mongabay.co.id/savana/
https://kumparan.com/berita-update/ciri-ciri-savana-padang-rumput-yang-ada-pepohonannya-1x3woAiPHR8/1
https://www.kompas.com/skola/read/2022/09/22/080000569/bioma-sabana--ciri-ciri-jenis-flora-dan-fauna-serta-manfaatnya?page=all

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini