Mengenal dan Mengetahui Cara Mengecek Undertone dengan Mudah

Mengenal dan Mengetahui Cara Mengecek Undertone dengan Mudah
info gambar utama

Apakah Kawan pernah menggunakan foundation, dengan warna yang sesuai kulit, tetapi sesaat sesudah penggunaan, kulit malah menjadi berwarna abu-abu? Pengalaman tak menyenangkan ini dapat disebabkan karena Kawan memilih warna foundation yang tidak sesuai dengan undertone yang Kawan miliki.

Ketika memilih produk makeup, warna menjadi faktor yang akan membuat kita tertarik. Sayangnya, warna makeup yang terlihat cantik, tidak akan tampak sama pada semua orang yang menggunakannya.

Dalam hal ini undertone memegang peran penting. Karena dengan memilih shade warna yang sesuai dengan undertone yang kita miliki, tampilan terbaik dari pengaplikasian makeup pun akan didapatkan dengan sempurna.

Apa itu Undertone?

cara mengecek undertone kulit
info gambar

Bagi Kawan yang belum mengetahui apa itu undertone, undertone sendiri merupakan warna rona halus yang berada di bawah kulit. Tentu saja rona ini berbeda dengan tipe kulit. Undertone atau warna dasar kulit ini tidak dapat dilihat hanya dari permukaan. Pada dasarnya, warna ini ditentukan dari gen serta zat yang disebut dengan melanin.

Warna dasar kulit terbagi menjadi 3 jenis yaitu netral, warm dan cool. Lantas, apa perbedaanya dengan skintone? Skintone merupakan warna yang dapat dilihat secara kasat mata, atau dari permukaan kulit. Contoh skintone ini seperti kuning langsat, pucat, serta sawo matang.

Bila Kawan mempunyai warna dasar kulit warm, tidak berarti skintone yang dimiliki berwarna gelap. Skintone serta warna dasar kulit dapat berbeda. Kemudian, skintone juga dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu serta aktivitas.

Contohnya saja seperti sering terkena sinar matahari, sedangkan untuk warna dasar kulit akan terus sama atau bersifat permanen.

Cara Mengecek Undertone Kulit

cara mengecek undertone kulit dengan melihat urat nadi
info gambar

Mengecek undertone memang tak sesimpel mengecek skintone. Untuk itulah, Kawan wajib mengetahui beberapa cara mengecek undertone, berikut beberapa caranya.

Lihat warna kulit yang berada di belakang telinga

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengecek warna dasar kulit adalah melihat warna kulit yang berada di belakang telinga. Kawan bisa meminta tolong orang lain untuk melihat warna kulit di bagian tersebut. Bila warna kulitnya pink sedikit kemerahan, artinya Kawan memiliki warna dasar kulit cool.

Sedangkan jika warnanya kekuningan, Kawan berarti termasuk dalam warm undertone. Namun, jika tidak keduanya, berarti Kawan masuk dalam jenis netral.

Warna mata dan rambut

Cara lain untuk mengecek warna dasar kulit adalah melihat warna mata dan rambut. Biasanya, warna rambut yang terang termasuk dalam golongan cool.

Kemudian warna gelap termasuk dalam golongan warm. Namun, pengecekan dengan cara ini hasilnya belum pasti tepat, untuk itu tidak ada salahnya Kawan mengkombinasikan cara pertama dan cara kedua.

Lihat urat nadi

Cara ketiga untuk mengetahui warna dasar kulit adalah melihat urat nadi. Kawan dapat melihat warna urat nadi di bagian leher, pergelangan tangan serta wajah. Bila memiliki warna ungu atau kebiruan, berarti undertone Kawan termasuk dalam golongan cool.

Namun bila berwarna hijau, undertone Kawan termasuk di dalam golongan warm. Terakhir, undertone Kawan termasuk dalam golongan netral bila memiliki warna nadi biru kehijauan.

Mengenakan pakaian dengan warna netral

Siapa sangka, mengenakan pakaian berwarna netral seperti putih, putih gading, hitam atau cokelat juga dapat menentukan jenis undertone yang Kawan miliki.

Biasanya, pemilik undertone cool akan terlihat cocok saat menggunakan pakaian berwarna putih dan hitam. Sementara itu bagi pemilik undertone warm akan nampak bagus saat mengenakan pakaian putih gading dan cokelat.

Sementara untuk pemilik undertone netral, akan cocok saat mengenakan semua jenis warna netral di atas. Nah, agar hasilnya objektif, Kawan bisa menanyakan kecocokan warna pakaian dengan meminta pendapat dari beberapa teman.

Dengan mengetahui warna dasar kulit secara tepat, Kawan dapat memilih warna pakaian yang tepat hingga shade makeup yang sesuai, sehingga hasilnya akan terlihat lebih natural. Yuk, cari tahu undertone Kawan sekarang!

Sumber:

https://www.maybelline.co.id/makeup-tips/all-makeup-tips/intip-8-cara-mengetahui-undertone-kulit-dengan-mudah
https://zapclinic.com/blog/lifestyle/pahami-perbedaan-netral-warm-and-cool-skintone/712
https://realfood.co.id/artikel/cara-mengetahui-undertone-kulit
https://www.halodoc.com/artikel/ini-cara-mengetahui-undertone-kulit-yang-bisa-diterapkan

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Raras Wenny lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Raras Wenny.

RW
MS
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini