Karena Justin Hubner, Akhirnya Ada Pesepak Bola Indonesia di Premier League

Karena Justin Hubner, Akhirnya Ada Pesepak Bola Indonesia di Premier League
info gambar utama

Justin Hubner membuat Indonesia akhirnya kini punya pesepak bola di Premier League.

Ya, Justin adalah pesepak bola Indonesia pertama yang ada di Premier League, kompetisi kasta tertinggi di kancah pesepakbolaan Inggris. Ia tergabung bersama klub Wolverhampton Wanderers.

Pemain kelahiran 14 September 2003 itu menjadi pemain Indonesia di Premier League setelah mengubah kewarganegaraannya. Awalnya, ia memegang kewarganegaraan Belanda, lalu berganti menjadi Indonesia.

Pihak Premier League telah mencatat Justin sebagai pemain Indonesia. Di laman resmi Premier League, kolom "Nationality" di profil Justin telah tercantum keterangan Indonesia.

Sebagaimana diketahui, Justin sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Rabu (6/12/2023). Ia merupakan satu dari sederet pemain keturunan yang dinaturalisasi PSSI guna memperkuat Timnas Indonesia.

Justin bisa dibilang sudah lama diproyeksikan untuk dinaturalisasi menjadi WNI. Wacana mengenai dinaturalisasinya Hubner sudah mengemuka ke publik sejak 2022. Awalnya, ia disiapkan untuk memperkuat Timnas U-20 Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

Kesatria Bengawan Solo, Pendatang Baru yang Siap Menggebrak Kancah Basket Indonesia

Belum Berkesempatan Bermain

Meski kini telah jadi pesepak bola Indonesia pertama di Premier League, Justin belum mendapatkan kesempatan untuk bermain dan merasakan langsung kompetisi sepak bola nomor satu di dunia itu.

Pada musim 2023-2024 ini saja, Justin baru bisa masuk skuad tim senior Wolverhampton untuk mengisi bangku cadangan. Menurut catatan Soccerway, itu terjadi saat Wolverhampton menghadapi Arsenal pada 2 Desember 2023.

Saat itu, Wolverhampton bertandang ke Stadion Emirates, markas Arsenal. Sayangnya, Justin tidak diturunkan sepanjang laga dan Wolverhampton menelan kekalahan dengan skor 1-2.

Sebagai bek tengah, Justin belum mampu merebut tempat di skuad utama Wolverhampton. Pelatih Gary O'Neil lebih mempercayakan posisi tersebut kepada Max Kilman, Toti Gomes, dan Craig Dawson.

Justin sejauh ini masih lebih banyak berkutat di tim junior Wolverhampton. Ia memang masuk ke skuad Wolverhampton U-21 yang berlaga di Premier League 2, kompetisi yang dikhususkan bagi tim berisi pemain berusia di bawah 21 tahun.

Musim ini, Justin telah mencatatkan 10 penampilan bersama Wolverhampton U-21. Dari sepuluh penampilan tersebut, ia selalu diturunkan sebagai starter.

Di Wolverhampton, Justin masih punya kontrak hingga 2025. Dengsn usianya yang tahun depan akan menginjak 21, bisakah ia naik level dan mulai mendapat kesempatan bermain di tim utama? Kita nantikan saja.

Mengenal Petanque, Olahraga yang Cocok untuk Semua Kalangan

Referensi:

  • https://www.transfermarkt.com/justin-hubner/nationalmannschaft/spieler/678641/verein_id/16341
  • https://id.soccerway.com/players/justin-hubner/653780/



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini