Mengawali Tahun Baru dengan Harapan: Pemimpin PBB Dorong Persatuan Global

Mengawali Tahun Baru dengan Harapan: Pemimpin PBB Dorong Persatuan Global
info gambar utama

Dalam sebuah video yang dirilis menjelang tahun 2024, Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres, menyampaikan salam kepada dunia, merenungkan cobaan dan kesengsaraan tahun sebelumnya, serta mengusulkan visi yang memupuk persatuan dan optimisme untuk tahun yang akan datang.

Menggarisbawahi isu-isu global yang semakin memperberat tantangan global, kepala PBB menekankan bahwa kemiskinan dan kelaparan masih mendera banyak orang, sementara konflik dan perang semakin meningkat baik dalam jumlah maupun intensitasnya. Kepercayaan, baik di antara negara-negara maupun dalam masyarakat, dianggap "sangat minim."

"Konflik terus berlanjut, mengakibatkan puluhan ribu nyawa warga sipil, banyak di antaranya perempuan dan anak-anak. Jutaan orang terus diusir dari rumah mereka, menghadapi kelaparan dan penyakit," kata Guterres.

Dia menekankan perlunya menahan diri dari keinginan untuk menyalahkan dan menggunakan kekerasan, dengan menyatakan bahwa menudingkan jari dan menodongkan senjata tidak akan menghasilkan apa-apa. Kemanusiaan akan menjadi kuat jika kita bersatu.

Melihat jauh ke depan, pejabat tinggi PBB ini mendorong agar tahun 2024 didedikasikan untuk "membangun kembali kepercayaan dan memulihkan harapan."

Guterres menekankan perlunya bersatu melintasi perbedaan untuk menemukan solusi bersama. Ini termasuk mengambil tindakan tegas terhadap perubahan iklim, menciptakan peluang ekonomi, dan membangun sistem keuangan global yang lebih adil yang menguntungkan semua pihak. Dia juga menyoroti pentingnya memerangi diskriminasi dan kebencian, yang menurutnya telah merenggangkan hubungan antar negara dan komunitas.

Dalam konteks yang lebih luas, Guterres menekankan perlunya memastikan bahwa perkembangan teknologi, seperti kecerdasan buatan, dapat memberikan dampak positif yang lebih besar pada kesejahteraan umat manusia.

Sementara itu, Guterres kembali menegaskan komitmen teguh PBB untuk mengajak dunia demi perdamaian, pembangunan berkelanjutan, dan hak asasi manusia. Dia mengajak semua orang untuk bersama-sama bertekad menjadikan 2024 sebagai waktu untuk membangun kepercayaan dan harapan dalam semua hal yang dapat dicapai bersama.

“Mari kita bersama-sama menetapkan tekad agar tahun 2024 menjadi periode untuk membangun kepercayaan dan harapan terhadap semua hal yang dapat kita capai bersama,” pungkasnya.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Diandra Paramitha lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Diandra Paramitha.

Terima kasih telah membaca sampai di sini