RI Jual Paket Wisata Pemilu, Ajak Turis Asing Ramaikan Pesta Demokrasi

RI Jual Paket Wisata Pemilu, Ajak Turis Asing Ramaikan Pesta Demokrasi
info gambar utama

Menyambut Pemilu 2024, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berencana menjadikan momen pesta demokrasi ini sebagai peluang untuk menarik turis asing. Wisatawan akan diundang untuk melihat TPS (Tempat Pemungutan Suara) yang tersebar di seluruh Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yang menggagas wisata Pemilu ini mengaku terinspirasi dari Perdana menteri India, Narendra Modi yang mengundang negara-negara peserta KTT G20 berkunjung ke India saat Pemilu 2024.

“Saat itu, dia mengajak kami semua ke India menyaksikan pesta demokrasi ‘Ayo datang semua ke India, tahun 2024, kita akan melakukan pemilihan. Ini adalah pesta demokrasi, ini adalah festival terbesar dari demokrasi dunia’,” kata Menparekraf Sandiaga menirukan PM Modi, dilansir dari CNN Indonesia, Jumat (29/12).

Meramaikan pesta demokrasi

Kemenparekraf akan memanfaatkan TPS yang berada di sekitar 7.500 desa wisata sebagai tujuan wisata demokrasi. Pihaknya telah menulis daftar undangan wisatawan serta media asing sekitar 2–3 ribu orang untuk mengunjungi Indonesia saat pemungutan suara nanti.

“Jadi yang akan diundang adalah akademisi, para analis, para media, juga wartawan-wartawan asing, baik elektronik atau cetak. Semua kita undang sebagai bagian daripada meramaikan pesta demokrasi kita,” ujar Menparekraf.

Atraksi yang ditawarkan kepada turis yang ikut dalam tur wisata demokrasi adalah keseruan dan suka cita dari proses pemilu di Indonesia. Kemenparekraf akan menyiapkan paket-paket wisata dengan menawarkan destinasi yang menarik untuk diliput dan diteliti.

Generasi Muda Cukup Optimis Sambut Pemilu 2024

Tarik 10.000 turis asing

Sejalan dengan itu, mantan Menteri Kebudayaan dan Pariwisata I Gede Ardika mengungkapkan momen wisata pemilu berpotensi menghasilkan 5–10 ribu turis asing. Menurutnya, keunikan pemilu di berbagai daerah juga dapat menarik wisatawan lokal.

Bersumber dari Reuters, pemerintah India telah menjadikan pemilu sebagai atraksi wisata sejak 2022. Paket wisata pemilu yang ditawarkan negara ini adalah gabungan dari tamasya tradisional dan akses ke kampanye politik. Turis diajak berkunjung ke lokasi kampanye dan berinteraksi langsung dengan politisi lokal.

Pendiri Wisata Pemilu India dan Ketua Masyarakat Perusahaan Pariwisata, Gujarat Manish mengklaim hampir 3.500 paket wisata kampanye politik telah dipesan turis asing yang berminat menyaksikan pesta demokrasi di India.

Pemilu Semakin Dekat, Lihat Jadwal dan Tata Cara Pencoblosannya!

Referensi:

CNN Indonesia. Sandiaga Uno Mau Bikin Wisata Demokrasi Saat Pemilu, Apa Itu? https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230904103833-269-994395/sandiaga-uno-mau-bikin-wisata-demokrasi-saat-pemilu-apa-itu

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Firdarainy Nuril Izzah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Firdarainy Nuril Izzah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini