Mengenal Macam Tari Tradisional Asal Malang

Mengenal Macam Tari Tradisional Asal Malang
info gambar utama

Malang merupakan rumah bagi beberapa tarian tradisional yang unik dan penuh makna. Sebagai kota pelajar yang sarat akan budaya, tentu Malang juga tidak lepas dari berbagai macam tarian tradisionalnya yang unik dan menawan.

Apa sajakah itu? Berikut macam tarian tradisional Malang yang wajib Kawan ketahui!

1. Tari Grebeg Wiratama

Tari ini merupakan tarian yang melambangkan semangat dan keberanian prajurit dalam berperang. Tarian ini mengikutsertakan sisi kemanusiaan para prajurit yang terkadang penuh humor.

Makna dari Tari Grebeg Wiratama mencerminkan keberanian dan semangat juang para prajurit yang mempertahankan kedaulatan dan keamanan wilayahnya.

Strategi Konservasi Badak Jawa: Penebangan Pohon dan Pembiakan dalam Penangkaran

Tari ini juga memiliki makna yang berbeda-beda tergantung masyarakat atau daerah di mana ia ditarikan, seringkali melambangkan kegembiraan, kesuburan, dan kebahagiaan.

Tarian ini diyakini sudah ada sejak zaman dahulu sebagai bagian dari tradisi dan budaya masyarakat Malang dan sekitarnya.

Tari Grebeg Wiratama memiliki ciri mengekspresikan semangat dan kepahlawanan para prajurit yang berperang, serta rasa kemanusiaan mereka yang terkadang humoris dan “kasar”.

Tarian ini juga menunjukkan keberanian dan kepahlawanan para prajurit yang menjaga kedaulatan dan keamanan wilayah.

Grebeg Wiratama memiliki lambang kegembiraan, kesuburan, dan kebahagiaan, meskipun makna dan simbol yang terkandung dalam tarian ini berbeda-beda tergantung masyarakat dan daerah tempat tarian ini dibawakan.

2.Tari Bedayan Malang

Tari Bedayan merupakan tarian yang menceritakan kisah pertemuan Raja Jawa dengan Ratu Laut Selatan, Nyi Roro Kidul.

Tari Bedayan melambangkan keterbukaan dan kesederhanaan. Dan merupakan salah satu tarian tradisional khas kota Malang yang biasanya digunakan sebagai tarian penyambutan tamu.

Makna yang terkandung dalam tari Bedayan Malang tidak hanya sekedar kesederhanaan namun juga keterbukaan terhadap diri sendiri dan masyarakat. Hal itu terlihat jelas dalam gerak tarinya.

Tari Badayan mewakili keindahan dan kearifan lokal masyarakat Malang. Meski Tari Bedayan memiliki makna yang dalam, tetapi gerak dan kostumnya tetap indah dan unik.

Tari Bedayan mempunyai beberapa keistimewaan yang menarik. Dimana gerakan tari mempunyai keserasian yang teratur, lambat dan gemulai.

Dengan dibawakan oleh 9 penonton sebagai pemberkatan dan penghargaan, tari Bedayan merupakan salah satu tarian tradisional kota Malang yang mempunyai makna mendalam serta gerak dan kostum yang unik.

Tembung Garba: Mulai Dari Definisi Sampai Rumus Sandinya

3.Tari Topeng Malangan

Topeng Malangan merupakan tarian yang menggunakan topeng untuk mengekspresikan berbagai emosi manusia seperti kesedihan, kebahagiaan, dan kemarahan. Tarian ini mengandung makna kehidupan dan budi pekerti manusia.

Tarian ini juga mewakili kehidupan sosial dan cerita-cerita lucu yang menunjukkan bahwa hidup manusia tidak selalu bahagia. Orang terkadang merasa marah, sedih, dan emosi lainnya.

Yang menjadi ciri khas dari tarian ini adalah topeng yang digunakan dalam tarian ini mempunyai keunikan warna yang berbeda dengan topeng lainnya.

Tarian ini mempunyai arti bahwa kehidupan manusia tidak selalu bahagia, terkadang kita bisa merasakan kemarahan, kesedihan dan emosi lainnya. Dimana topeng yang digunakan juga memiliki lima kombinasi warna dasar: merah, putih, hitam, kuning, dan hijau.

Warna-warna tersebut mewakili sifat keinginan dan setiap warna mempunyai arti yang berbeda-beda. Dimana setiap warna masing-masing mewakili sisi keberanian, kemurnian, kejujuran, kesucian, kebajikan, kedamaian, kemarahan, kelicikan, keberanian, dan kebijaksanaan.

Tari Topeng Malangan mempunyai beberapa keistimewaan yang menarik, diantaranya kepentingan bentuk, warna dan ukiran hidung, mata dan bibir pada topeng.

Selain itu, Tari Topeng Malangan mempunyai ciri-ciri dimana terdapat karakteristik unik yang dapat dilihat dalam bentuk dan warna hidung, mata, bibir, dan ukiran topeng. Tarian ini mengandung unsur etnik Jawa, Madura, dan Bali yang dinamis dan kaya akan musik.

Bagas Godang, Rumah Adat Mandailing yang Identik dengan Tiang Ganjil

4.Tari Beskaran

Tari Beskaran merupakan tarian tradisional khas kota Malang dan mempunyai makna sebagai simbol keterbukaan dan kesederhanaan masyarakat Malang. Tarian ini biasanya digunakan sebagai tarian penyambutan tamu dan mempunyai gerakan yang teratur, gemulai dan serasi.

Tari Beskaran juga mempunyai makna yang sama dengan Kok Bakar (persembahan), yaitu simbol asal usul kehidupan. Tarian ini merupakan tarian komunitas, yaitu tarian yang lahir dan dimiliki oleh masyarakat daerah Malang.

Tari Beskaran mempunyai beberapa ciri:

  1. Tarian ini biasanya digunakan sebagai tarian penyambutan tamu.
  2. Gerakan tari teratur, serasi, lambat dan gemulai.
  3. Tarian ini bercirikan harmoni gerakan yang teratur dan anggun.
  4. Tari Beskaran juga mempunyai makna yang sama dengan Kok Bakar (persembahan), yaitu lambang asal mula kehidupan.
  5. Tari Beskaran merupakan tarian tradisional khas kota Malang dan mempunyai makna sebagai simbol keterbukaan dan kesederhanaan masyarakat Malang.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Nadira Hamamah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Nadira Hamamah.

NH
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini