Menanti Aksi Timnas Indonesia Rasa Eropa di Piala Asia 2023

Menanti Aksi Timnas Indonesia Rasa Eropa di Piala Asia 2023
info gambar utama

Timnas Indonesia akan berlaga di Piala Asia 2023. Tim dengan nuansa Eropa yang kental pun disiapkan.

Piala Asia 2023 akan dimulai pada 12 Januari 2024 dijadwalkan berlangsung hingga 10 Februari dengan Qatar sebagai tuan rumah. Indonesia jadi salah satu kontestan yang ikut berpartisipasi bersama 23 tim lainnya.

Sebagai kontestan, Indonesia turut menyiapkan skuad berisi para pemain terbaiknya untuk berlaga di Qatar. Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) pun telah merilis daftar pemain yang mengisi skuad tersebut pada Kamis (4/1/2024).

Terdapat 26 pemain pilihan pelatih Shin Tae-yong yang namanya masuk dalam daftar. Dari nama-nama tersebut, sebagian di antaranya adalah pemain dari Eropa keturunan Indonesia yang telah dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI)

Sebagaimana diketahui, PSSI memang tengah gencar menaturalisasi pemain-pemain berdarah Indonesia yang berada di berbagai belahan dunia untuk memperkuat tim nasional. Hasilnya, pemain-pemain tersebut kini sudah berada di tim dan membuat Timnas Indonesia jadi bernuansa Eropa.

Daftar pemain untuk skuad final diumumkan saat pemusatan latihan alias TC sedang berlangsung di Turki. Sejak TC dimulai padac21 Desember 2023, ada 28 pemain yang ikut serta. Adapun dua nana yang dicoret dan dipastikan tak ikut Piala Asia 2023 adalah Adam Alis dan Arkhan Fikri.

Di posisi bek, ada lima pemain naturalisasi dari Eropa. Mereka adalah Justin Hubner, Jordi Amat, Elkan Baggott, Sandy Walsh, dan Shayne Pattynama. Mereka semua merumput di klub Eropa, kecuali Jordi yang bermain di Liga Malaysia.

Tercatat, Justin dan Elkan bermain di Inggris bersama Wolverhampton Wanderers dan Ipswich Town. Sementara itu, Sandy dan Shayne tergabung di KV Mechelen (Belgia) dan Viking FK (Norwegia).

Lalu di lini tengah, ada Marc Klok dan Ivar Jenner Namun perlu diketahui, Klok tidak termasuk pemain keturunan yang digaet PSSI dalam proyek naturalisasi yang kini berjalan. Pemain Persib Bandung itu sudah menjadi WNI sejak 2021 setelah tinggal di Indonesia selana sekitar empat tahun.

Klok yang lahir dan besar di Belanda bermain bagi Persib Bandung, sementara Ivar di Jong Utrecht (Belanda).

Kemudian di lini depan, ada Rafael Struick yang siap diandalkan sebagai juru gedor. Ia adalah pemain yang juga berkiprah di Liga Belanda bersama ADO Den Haag.

Daftar pemain Timnas Indonesia di Piala Asia 2023:

Kiper: Syahrul Trisna (Persikabo), Muhamad Riyandi (Persis Solo), Ernando Ari(Persebaya Surabaya)

Belakang: Justin Hubner (Wolverhampton), Edo Febriansah (Persib Bandung), Wahyu Prasetyo (PSIS Semarang), Rizky Ridho (Persija Jakarta), Jordi Amat (Johor Darul Tazim FC), Elkan Baggott (Ipswich Town), Sandy Walsh (KV Mechelen), Shayne Pattynama (Viking FK), Asnawi Mangkualam (Jeonnam Dragons), Pratama Arhan (Tokyo Verdy)

Tengah: Saddil Ramdani (Sabah FC), Marc Klok (Persib Bandung), Ricky Kambuaya (Dewa United), Witan Sulaeman (Persija Jakarta), Egy Maulana (Dewa United), Yakob Sayuri (PSM Makassar), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Ivar Jenner (Jong Utrecht)

Depan: Hokky Caraka (PSS Sleman), Ramadhan Sananta (Persis Solo), Dendy Sulistyawan (Bhayangkara Presisi FC), Dimas Drajad (Persikabo, Rafael Struick (ADO Den Haag)

Profil Jay Idzes, Bek Liga Italia yang Siap Membela Timnas Indonesia

Referensi:

  • https://www.pssi.org/news/26-pemain-timnas-indonesia-di-piala-asia-2023

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini