Profil Jay Idzes, Bek Liga Italia yang Siap Membela Timnas Indonesia

Profil Jay Idzes, Bek Liga Italia yang Siap Membela Timnas Indonesia
info gambar utama

Jay Idzes bakal jadi tambahan kekuatan baru Timnas Indonesia setelah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Idzes baru saja resmi menjadi WNI. Ia telah melakukan pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023).

Idzes merupakan pesepak bola klub Liga Italia yakni Venezia FC. Naturalisasinya menjadi WNI merupakan bagian dari misi PSSI dalam mendatangkan para pemain berdarah Indonesia yang berada di luar negeri guna menambah kekuatan tim nasional. Untuk diketahui, Idzes punya darah Indonesia dari kakek dan neneknya.

Sebelum Idzes, Timnas Indonesia sudah lebih dulu punya empat pemain naturalisasi yang berdarah Indonesia. Mereka adalah Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner.

“Perasaan saya senang, tentu saja. Akhirnya saya bisa menyelesaikan prosesnya dengan baik dan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ini adalah hari yang luar biasa dan saya dalam kondisi baik," ujar Idzes seperti dilansir laman resmi PSSI.

Setelah resmi menjadi WNI, Idzes mrnyatakan kesiapannya untuk membela Timnas Indonesia.

"Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI Bapak Erick Thohir juga pemerintah Indonesia. Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dan bermain untuk Indonesia,” lanjutnya.

Karena Justin Hubner, Akhirnya Ada Pesepak Bola Indonesia di Premier League

Profil Jay Idzes

Idzes merupakan pemain kelahiran Mierlo, Belanda pada 2 Juni 2000. Sebelum menjadi WNI, Idzes memegang kewarganegaraan Belanda.

Di Belanda pula Idzes meniti karier sepak bolanya. Tercatat, ia pernah membela klub Mifano, PSV, VVV-Venlo, dan FC Eindhoven di level junior.

Di Eindhoven, karier Idzes beranjak ke level senior. Selepas dari sana, ia sempat bermain di Go Ahead Eagles sebelum akhirnya direkrut Venezia jelang bergulirnya musim 2023-2024.

Idzes mampu mendapatkan cukup banyak kesempatan bermain sejak di Eindhoven dan Go Ahead Eagles. Berdasarkan catatan Transfermarkt, pemain berusia 23 tahun itu bermain 57 kali di Eindhoven dan 93 kali di Go Ahead Eagles.

Sementara itu di Venezia, Idzes sejauh ini baru mencatatkan 10 penampilan. Kini, ia sedang berjuang bersama klubnya di Serie B Liga Italia di mana Idzes berhasil mengantar Venezia ke papan atas klasemen sementara.

Venezia bisa promosi ke Serie A apabila mengakhiri musim ini di posisi delapan besar. Jika Vemezia berada di peringkat pertama atau kedua, mereka akan promosi langsung. Sementara jika duduk di posisi ketiga sampai delapan, kkub asuhan Paolo Vanoli itu harus melewati babak play-off terlebih dahulu.

Kesatria Bengawan Solo, Pendatang Baru yang Siap Menggebrak Kancah Basket Indonesia

Referensi:

  • https://www.pssi.org/news/jay-idzes-resmi-menjadi-wni
  • https://www.transfermarkt.co.id/jay-idzes/leistungsdatenverein/spieler/546926



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini