Tol JORR 2 Rampung Triwulan I 2024, Mobilitas Masyarakat Jabodetabek Semakin Mudah

Tol JORR 2 Rampung Triwulan I 2024, Mobilitas Masyarakat Jabodetabek Semakin Mudah
info gambar utama

Jalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor telah diresmikan pada Senin, 8 Januari 2024. Jalan tol tersebut memiliki total panjang 14,8 km dengan total nilai investasi yang dikeluarkan adalah Rp4 triliun.

Tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol JORR 2 yang dioperasikan oleh 2 (dua) Badan Usaha Jalan Tol yaitu PT. Cinere Serpong Jaya yang mengelola jalan tol Cinere Serpong dan PT. Trans Lingkar Kita Jaya yang mengelola Jalan Tol Cinere-Jagorawi.

Sementara untuk saat ini ruas JORR 2 yang masih dalam tahap penyelesaian adalah Tol Cimanggis-Cibitung seksi 2B Cikeas-Cibitung sepanjang 19,65 km.

Telan Rp4 Triliun, Jokowi Resmikan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor

JORR 2 segera rampung, mobilitas makin mudah

Lalu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menargetkan seluruh ruas tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 selesai pada triwulan pertama 2024.

"Ditargetkan seluruh ruas JORR 2 rampung pada triwulan pertama 2024. Hari ini, Senin (8/1) yang diresmikan adalah ruas Tol Cinere-Raya Bogor (11,2 km) dan Serpong-Cinere seksi 2 Pamulang-Cinere (3,6 km)," ujar Basuki sebagaimana dikutip dari Antara.

Jalan Tol Serpong-Cinere memiliki total panjang 10,14 km yang terdiri dari 2 seksi dengan biaya investasi sebesar Rp. 3,8 Triliun. Selanjutnya untuk jalan tol Cinere-Jagorawi terdiri dari 3 seksi, dengan nilai investasi sebesar Rp. 3,6 Triliun.

Dengan kehadiran kalan tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor yang baru diresmikan ini nantinya akan melengkapi struktur jaringan jalan tol yang ada di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Yang mana, jalan tersebut antar lain adalah lingkar dalam, Jakarta Outer Ring Road 1, dan Jakarta Outer Ring Road 2.

Pengoperasian Jalan Tol Pamulang-Cinere-Raya Bogor ini akan memberikan pilihan kepada masyarakat. Terlebih lagi bagi masyarakat yang tinggal di Tangerang, Bogor, dan Cibubur. Sehingga, bila hendak mengakses Bandara Soekarno Hatta, tidak perlu lagi untuk melewati dalam kota yang kerap kali mengalami kepadatan pada waktu-waktu tertentu.

Setelah keseluruhan tol ini terhubung, nantinya diharapkan mobilitas masyarakat Jabodetabek akan semakin mudah dan kemacetan dapat terurai, begitu pula dengan mobilitas logistik yang akan semakin baik.

Jokowi Resmikan 3 Jembatan Senilai Rp251 Miliar di Jateng, Mobilitas Kian Aman

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Muhammad Fazer Mileneo lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Muhammad Fazer Mileneo.

Terima kasih telah membaca sampai di sini